Peningkatan Kemampuan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar melalui Pemanfaatan Bahan Daur Ulang Sampah Plastik pada Pembelajaran Seni Rupa

Authors

  • Eny Tri Sulistiyowati Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus
  • Much Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5448

Keywords:

Kemampuan Kreativitas, Siswa Sekolah Dasar, Bahan Daur Ulang, Sampah Plastik, Pembelajaran Seni Rupa

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dengan rendahnya kemampuan kreativitas siswa kelas IV SD Negeri 3 Geneng dengan pembelajaran seni rupa pada materi bahan daur ulang sampah plastik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas siswa dengan memanfaatkan bahan daur ulang sampah plastik pada pembelajaran seni rupa siswa kelas IV SD Negeri 3 Geneng. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimen dengan jenis the one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji N-Gain. Hasil uji N-Gain nilai rata-rata pretest 65 sedangkan rata-rata nilai posttest 75,50 menunjukkan hasil score siswa sebesar 0,31 dengan kriteria sedang. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kreativitas siswa melalui pemanfaatan bahan daur ulang sampah plastik pembelajaran seni rupa siswa kelas IV SD Negeri 3 Geneng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Auliawati, N., Hasnawati, H., & Anggraini, D. (2021). Studi Deskriptif Hasil Karya Seni Montase Pada Bidang Tiga Dimensi Pada Siswa Sekolah Dasar. JURIDIKDAS (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(1), 83-93. https://doi.org/10.33369/juridikdas.4.1.83%20-%2093

Darmawan, A. D., Fardani, M. A., & Ermawati, D. (2024). Tingkat Keefektivan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pblterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa KelaS 5 SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 317-327. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18781

Fajrie, N., Pratiwi, B. S., Kironoratri, L., & Purbasari, I. (2024). Pengaruh Berkarya Seni Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Estetis Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(4), 247-253. https://doi.org/10.37478/jpm.v5i4.4249

Fujiaturrahman, S., Fitriani, Y., Putri, A. D. E., Nurnadya, N., Nadira, N., Sukmawati, S., ... & Musliyono, M. (2025). Pengelolaan Sampah Plastik Untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Siswa Sdn 1 Keruak. JCES (Journal of Character Education Society), 8(1), 1-8. https://doi.org/10.31764/jces.v8i1.27245

Hariyani, T. I., Fajrie, N., & Roysa, M. (2021). Kreativitas Seni Melalui Metode Collective Painting. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6237

Hidayah, N. M., & Zumrotun, E. (2024). Pemanfaatan Sampah Plastik Dalam Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 356-366. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1369

Kadir, D., Ningtias, A., Ramadhani, S., Mutiara, S., Wardina, J., & Rahmaida, R. (2024). Pemanfaatan Limbah Pesisir Untuk Membangkitkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Di Pantai Labu Pekan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(6), 10837-10840. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37253

Kaulan, M. K. K., Aghniarrahmah, C., & Maulita, R. (2024). Peningkatan Kesadaran Dan Kreativitas Pengelolaan Sampah Plastik Bagi Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Ecobrick. PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial), 3(3), 1-13. https://doi.org/10.61721/pendis.v3i3.398

Lestari, E. A., Fardani, M. A., & Fajrie, N. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Memanfaatkan Limbah Plastik Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 899-917. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3786

Manan, M., Irwan, I., Agusalim, A., Kamarudin, K., Agus, J., Suarti, S., ... & Tria, T. (2023). Pemanfaatan Limbah Plastik Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di Sekolah Dasar. Journal Of Human and Education (JAHE), 3(3), 406-412. https://doi.org/10.31004/jh.v3i3.384

Martini, M., Nawwir, Y., Kade, S., Rahman, A. A., & Amin, K. F. (2025). Mengasah Kepedulian Siswa terhadap Efek Limbah Plastik melalui Project Based Learning. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 8(1), 39-49. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5228

Nilamsari, A., Fardani, M. A., & Kironoratri, L. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 490-498. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4695

Ningsih, S. S. F., & Hadi, M. S. (2025). Analisis Kreativitas Siswa Kelas 4 SDN Parung Bingung dalam Pengelolaan Sampah Plastik melalui Teknik Ecobrick sebagai Upaya Edukasi Lingkungan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1591-1594. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6900

Nufus, A. S., & Juningsih, N. (2022). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Media Bahan Bekas Pada Siswa Kelompok A. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 45-52. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i2.5837

Nurrochmawati, N., & Barriyah, I. Q. (2024). Kreativitas Siswa Mendaur Ulang Sampah Plastik Dengan Kegiatan Menganyam. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2444-2455. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11789

Purwati, R. D. (2023). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sdn Cilegon Ix Sebagai Upaya Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Journal of Student Research, 1(2), 394-403. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1047

Sari, K. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50

Sholehah, N., & Rindaningsih, I. (2024). Penerapan P5 Melalui Kreativitas Siswa Dalam Membuat Ecobrik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 233-246. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19557

Sholikhah, O. M., & Utami, E. W. S. (2024). Peningkatan Kesadaran Lingkungan dan Kreativitas Anak-anak melalui Seni Kriya Daur Ulang di Desa Ngiliran. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Dan Komunitas, 1(1), 23–27. https://doi.org/10.52620/jpmk.v1i1.21

Sulistiyani, R. (2022). Pelatihan daur ulang sampah botol plastik sebagai media pembelajaran pengelolaan sampah dan kreativitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat-PIMAS, 1(1), 10-21. https://doi.org/10.35960/pimas.v1i1.736

Tyas, Y. C., Fardani, M. A., & Kironoratri, L. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Kata. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 78–88. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4790

Ulfa, N. A., Fakhriyah, F., & Fardhani, M. A. (2020). Model Mind Mapping Berbantuan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.26555

Win, A., Suartini, L., & Sutrisno, L. B. (2024). Pembelajaran Seni Rupa Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus di SDN 1 Sudaji). Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 14(1), 14-26. https://doi.org/10.23887/jjpsp.v14i1.78043

Published

2025-03-01

How to Cite

Sulistiyowati, E. T., Fajrie, N., & Fardani, M. A. (2025). Peningkatan Kemampuan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar melalui Pemanfaatan Bahan Daur Ulang Sampah Plastik pada Pembelajaran Seni Rupa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 97–107. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5448

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.