Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran “Carika” untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Samirejo
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5445Keywords:
Penerapan, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Media Pembelajaran “Carika”, Aktivitas Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih monoton menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan penggunaan media yang jarang digunakan dapat menyebabkan rendahnya aktivitas belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dibantu dengan media “Carika” pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 1 Samirejo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan di SDN 1 Samirejo dilakukan dengan dua siklus dengan dua pertemuan disetiap siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian pada kelas IV SDN 1 Samirejo tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 17 siswa yang terdiri 7 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran PBL menunjukkan adanya peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian rata- rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh 69,25% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh 75,3% yang berarti masuk kedalam kategori baik dengan kriteria berhasil. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 6,1% dan telah mencapai batas ketuntasan aktivitas belajar siswa ≥70%.
Downloads
References
Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446
Andriyani, A. C., Ulya, H., & Kuryanto, M. S. (2023). Pengaruh Model Role Playing dengan Permainan Tradisional Pasaran terhadap Kemampuan Numerik Siswa. Manazhim, 5(1), 323–334. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2938
Andriyani, D. D., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2024). Penggunaan Model STAD Berbantuan Media Bianglala terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SD. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 18(1), 69-84. https://doi.org/10.23887/wms.v18i1.67409
Anggraeni, R. D., & Khaerunnisa, K. (2021). Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Kahoot dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(2), 141. https://doi.org/10.30595/mtf.v8i2.11636
Arini, A. R. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Media Flash Card di SDN 3 Sugio Kelas 1. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(2), 18–25. https://doi.org/10.21009/jpi.062.03
Erlina, D. A., & Sutarni, S. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 454–463. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2409
Haryanto, S. (2023). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran Pada Materi Mengapresiasi Dan Mengkreasikan Fabel Di Kelas Vii.a Smp Negeri 1 Batu Ampar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(1), 164–174. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i1.1683
Jihanifa, F. A., Sumaji, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbasis STEAM Berbantuan Media MONKABICO. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 116–128. https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.1936
Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Wawasan Pendidikan, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971
Ningrum, A. P. M., & Purwati, P. D. (2024). Implementasi Media “Carika” Berbasis Model PBL Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas IV. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(5), 174-184. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i5.1300
Ningrum, V. A., Hilyana, F. S., & Riswari, L. A. (2024). Penerapan Pbl Berbasis Stem Berbantu Media Bunga Pecahan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii di SD 2 Demaan. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 9(1), 27-36. https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.13619
Nugroho, E., Riswari, L. A., & Kironoratri, L. (2023). Media Papan Kebun Operasi Hitung Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1624–1630. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5472
Nurjaman, N. (2024). Penerapan Media Papan Catur terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8826
Piharani, A. A., Aryantii, S. D., & Kuryanto, M. S. (2024). Pengaruh Peningkatan Hasil Belajar Model Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Menggunakan Media Rotar Sd N Kalimulyo 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2139-2147. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.12695
Rahma, T., Kuryanto, M. S., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 478–483. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4694
Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 121–128. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632
Riswari, L. A., Fitriana, V., Syafrudin, I. M., & Purnama, Y. A. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Catung untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 74–82. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.686
Sa’diyah, L. S., & Nugraheni, A. S. (2023). Alternatif Strategi Pembelajaran Melalui Kegiatan Bercerita Dan Dramatisasi Kreatif Dalam Pembelajaran Berbahasa Lisan. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 86. https://doi.org/10.30651/lf.v7i1.7176
Septya, J. D., Widyaningsih, A., Khofifah Br. BB, I. N., & Harahap, S. H. (2022). Pembelajaran Menyimak Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 365–368. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2616
Sumianto, S. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Pop Up Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1446–1459. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.727
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.