Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran “Carika” untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Samirejo

Authors

  • Della Emalia Safitri Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus
  • Mohammad Syafruddin Kuryanto Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5445

Keywords:

Penerapan, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Media Pembelajaran “Carika”, Aktivitas Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih monoton menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan penggunaan media yang jarang digunakan dapat menyebabkan rendahnya aktivitas belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dibantu dengan media “Carika” pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 1 Samirejo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan di SDN 1 Samirejo dilakukan dengan dua siklus dengan dua pertemuan disetiap siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian pada kelas IV SDN 1 Samirejo tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 17 siswa yang terdiri 7 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran PBL menunjukkan adanya peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian rata- rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh 69,25% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh 75,3% yang berarti masuk kedalam kategori baik dengan kriteria berhasil. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 6,1% dan telah mencapai batas ketuntasan aktivitas belajar siswa ≥70%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446

Andriyani, A. C., Ulya, H., & Kuryanto, M. S. (2023). Pengaruh Model Role Playing dengan Permainan Tradisional Pasaran terhadap Kemampuan Numerik Siswa. Manazhim, 5(1), 323–334. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.2938

Andriyani, D. D., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2024). Penggunaan Model STAD Berbantuan Media Bianglala terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SD. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 18(1), 69-84. https://doi.org/10.23887/wms.v18i1.67409

Anggraeni, R. D., & Khaerunnisa, K. (2021). Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Kahoot dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(2), 141. https://doi.org/10.30595/mtf.v8i2.11636

Arini, A. R. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Media Flash Card di SDN 3 Sugio Kelas 1. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(2), 18–25. https://doi.org/10.21009/jpi.062.03

Erlina, D. A., & Sutarni, S. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 454–463. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2409

Haryanto, S. (2023). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran Pada Materi Mengapresiasi Dan Mengkreasikan Fabel Di Kelas Vii.a Smp Negeri 1 Batu Ampar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(1), 164–174. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i1.1683

Jihanifa, F. A., Sumaji, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbasis STEAM Berbantuan Media MONKABICO. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 116–128. https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.1936

Kusuma, E., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. Wawasan Pendidikan, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971

Ningrum, A. P. M., & Purwati, P. D. (2024). Implementasi Media “Carika” Berbasis Model PBL Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas IV. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(5), 174-184. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i5.1300

Ningrum, V. A., Hilyana, F. S., & Riswari, L. A. (2024). Penerapan Pbl Berbasis Stem Berbantu Media Bunga Pecahan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii di SD 2 Demaan. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 9(1), 27-36. https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.13619

Nugroho, E., Riswari, L. A., & Kironoratri, L. (2023). Media Papan Kebun Operasi Hitung Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1624–1630. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5472

Nurjaman, N. (2024). Penerapan Media Papan Catur terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8826

Piharani, A. A., Aryantii, S. D., & Kuryanto, M. S. (2024). Pengaruh Peningkatan Hasil Belajar Model Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Menggunakan Media Rotar Sd N Kalimulyo 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2139-2147. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.12695

Rahma, T., Kuryanto, M. S., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 478–483. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4694

Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 121–128. https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632

Riswari, L. A., Fitriana, V., Syafrudin, I. M., & Purnama, Y. A. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Catung untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 74–82. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.686

Sa’diyah, L. S., & Nugraheni, A. S. (2023). Alternatif Strategi Pembelajaran Melalui Kegiatan Bercerita Dan Dramatisasi Kreatif Dalam Pembelajaran Berbahasa Lisan. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 86. https://doi.org/10.30651/lf.v7i1.7176

Septya, J. D., Widyaningsih, A., Khofifah Br. BB, I. N., & Harahap, S. H. (2022). Pembelajaran Menyimak Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 365–368. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2616

Sumianto, S. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Pop Up Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1446–1459. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.727

Published

2025-03-01

How to Cite

Safitri, D. E., Riswari, L. A., & Kuryanto, M. S. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran “Carika” untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Samirejo . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 85–96. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5445

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.