Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di Kelas I UPT SPF SD Negeri Panaikang 1 Makassar

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahmi Dwi Ningsih Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Triana Triana Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5417

Keywords:

Game Edukasi, Wordwall, Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk menemukan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik bagi siswa di era digital, mengingat tantangan dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar Bahasa Indonesia, serta pentingnya pemanfaatan teknologi interaktif seperti game edukasi untuk mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan game edukasi Wordwall berdampak pada bagaimana siswa kelas I di UPT SPF SD Negeri Panaikang 1 Makassar belajar Bahasa Indonesia lebih baik. Metode eksperimen kuasi digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum dan sesudah menggunakan game edukasi Wordwall. Eksperimen ini dirancang dengan desain pre-test dan post-test. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, tes hasil belajar, dan angket siswa tentang penggunaan Wordwall dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Wordwall meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa secara signifikan. Selain itu, sebagian besar siswa menyukai penggunaan Wordwall karena dianggap menyenangkan dan membantu mereka memahami materi yang diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, D. A. (2019). Pengembangan game edukasi pada mata pelajaran matematika materi bangun datar berbasis android di SDN 1 jepun. JoEICT (Journal of Education And ICT), 3(2). https://doi.org/10.29100/joeict.v3i2.1241

Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135-137. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069

Anugrah, A., Istiningsih, S., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 208-216.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Dotutinggi, M., Zees, A., & Rahmat, A. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(2), 363-368. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.363-368.2023

Fajriani, G., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Evaluasi Berbasis Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa Generasi Z Kelas X Di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 36-42. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18411

Hasanah, U., & Gudnanto, G. (2023). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(2), 73-84. https://dx.doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17650

Hidayah, S. N., & Prasetyo, T. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi Tematik Berbasis Web Wordwall Berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2632-2635. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.732

Hidayat, I., Supriani, A., Setiawan, A., & Lubis, A. (2023). Implemantasi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran interaktif dengan siswa SMP negeri 1 Kunto Darussalam. Journal on Education, 6(1), 6933-6942.

Lestari, R. D. (2021). Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi wordwall di kelas IV sdn 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal ilmiah profesi guru (JIPG), 2(2), 111-116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh penggunaan game edukasi berbasis wordwall dalam pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140-147. http://dx.doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Nugroho, B. T. T. A. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran pai di sd negeri candirejo. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 7(1). https://doi.org/10.31942/pgrs.v7i1.2722

Nuraeni, E. R., Rustini, T., & Mulyana, A. (2023). Analisis Penggunaan Game Edukasi Wordwall Pada Pelajaran IPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SD. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 201-214. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2031

Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran online berbasis game edukasi wordwall tema indahnya kebersamaan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093-4100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490

Rahayu, W. P., Hidayat, R., Zutiasari, I., Rusmana, D., Indarwati, R. A. A., & Zumroh, S. (2023). Peningkatan kemampuan membuat media pembelajaran dengan bantuan website Genially pada guru-guru SMK Islam Batu. Universitas, 1, 6.

Reza, M. F., & Nopiyadi, D. (2022). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran berbasis Game Edukasi Wordwall pada Mata Kuliah Jarigan Komputer. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5459-5467. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6346

Rohmatin, R. (2023). Penggunaan game edukasi berbasis wordwall untuk meningkatkan kemampuan vocabulary siswa dalam pembelajaran bahasa inggris. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 79-88. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2039

Susanti, D., Sari, L. Y., & Fitriani, V. (2022). Increasing student learning motivation through the use of interactive digital books based on Project Based Learning (PjBL). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 1730-1735. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1669

Walidah, G. N., Mudrikah, A., & Saputra, S. (2022). Pengaruh penggunaan game edukasi wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik. Uninus Journal of Mathematics Education and Science (UJMES), 7(2), 105-115. https://doi.org/10.30999/ujmes.v7i2.2140

Widyastuti, R., & Puspita, L. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi pada matpel IPA tematik kebersihan lingkungan. Paradigma–Jurnal Informatika dan Komputer, 22(1), 95-100. https://doi.org/10.31294/p.v21i2

Wijayanto, E., & Istianah, F. (2017). Pengaruh penggunaan media game edukasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kajartengguli Prambon Sidoarjo. Jurnal penelitian pendidikan guru sekolah dasar, 5(3), 254411.

Published

2025-03-01

How to Cite

Nurhayati, N., Ningsih, R. D., & Triana, T. (2025). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di Kelas I UPT SPF SD Negeri Panaikang 1 Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 61–72. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5417

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.