Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik dalam Mata Pembelajaran Al – Qur’an Hadist di Mi Al – Qur’anul Hakim Kota Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4868Keywords:
Penanaman, Karakter Disiplin, Peserta Didik, Mata Pembelajaran, Al – Qur’an HadistAbstract
Penanaman karakter disiplin pada peserta didik melalui mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di Al – Quranul Hakim Kota Probolinggo merupakan upaya penanaman untuk membentuk kepribadian dan sikap peserta didik yang bertanggung jawab dan teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari penanaman karakter disiplin dalam konteks pendidikan agama Islam, dengan fokus pada penguatan kemandirian, peningkatan prestasi akademik, dan pengembangan etika serta moral. Melalui pendekatan pembelajaran yang terintegrasi dengan ajaran Al-Qur'an dan Hadist, peserta didik diajarkan untuk mematuhi aturan, menjalankan ibadah dengan konsisten, dan mengembangkan sikap tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin secara signifikan meningkatkan kemandirian peserta didik dalam mengelola waktu dan tugas, serta memperbaiki prestasi akademik mereka. Selain itu, peserta didik mengalami penguatan dalam aspek etika dan moral, yang berkontribusi pada pembentukan karakter positif dan kemampuan sosial yang baik. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti potensi tekanan berlebih dan keterbatasan kreativitas yang mungkin timbul akibat penerapan disiplin yang kaku.
Downloads
References
Anwar, S. (2018). Pendidikan Islam dalam membangun karakter bangsa di era milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233-247. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.286-308
Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54.
Kurniawan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Batusangkar. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 147-160.
Muhammad, R., Arif, M. Z., & Kurniato, R. (2020). Pemikiran Ibnu Sahnun Tentang Etika Profesi Guru Dan Relevansinya Dengan Undang-Undang Kode Etik Profesi Guru. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 286–308. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.286-308
Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. 3(6), 3758–3768. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1303
Sultonurohmah, N. (2017). Strategi penanaman nilai karakter jujur dan disiplin siswa. AL IBTIDA': Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 1-21.
Surakarta, I. (2019). Laporan Hasil Observasi Siswa Pendahuluan. 3(1), 1–13.
Katili, T. (2018). Revitalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Meningkatkan Sikap Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 81-101.
Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 193-208. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526
Bidin, I., Isnaini, M., Mishart, M., Wismanto, W., & Amin, K. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 4(4), 1448-1460.
Ibrahim, R., Asmarika, A., Salim, A., Wismanto, W., & Abunawas, A. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. Journal of Education Research, 4(3), 1082-1088. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.371
Junaidi, J., Syahputra, A., Asmarika, A., Syafitri, R., & Wismanto, W. (2023). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam Pembinaan Akhlak di SDIT Uwais Al Qarni Pekanbaru. Journal of Education Research, 4(3), 1162-1168. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.391
Saadah, R., Asy’ari, H., & Jemani, A. (2022). Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.1
Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220-231. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049
Neng, N. N. (2023). Konsep Peserta Didik Dalam Alquran Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam Era Digital. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 7(1). http://dx.doi.org/10.47006/er.v7i1.13386
Syaifuddin, M. A., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan pendidikan karakter melalui kurikulum muatan lokal di SMP muhammadiyah 2 taman. Palapa, 7(2), 267-285. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.358
Herlina, R., Saam, Z., & Syahza, A. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Terap Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 10(1), 97-107.
Aulia, M. G., & Nafiisah, J. (2023). Internalisasi Nilai Nilai Pembelajaran Al Qur'an Hadis dalam Kehidupan Siswa: Studi Kasus MTsN 1 Bantul. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 3(1), 63-75. https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-05
Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 44-50. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1342
Rukajat, A., & Iskandar, S. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Kebiasaan Ibadah Shalat Peserta Didik Di SDIT Al–Istiqomah dan MI Al–I’anah Kabupaten Karawang. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 458-471. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.507
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.