Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Literasi Sains Siswa

Authors

  • Nurmalasari Nurmalasari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Radiah Radiah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Darmaniar Darmaniar Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4730

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Demonstrasi, Hasil Belajar IPA, Literasi Sains, Siswa SD

Abstract

Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah seberapa efektif penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar IPA dan literasi sains siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan kemampuan literasi sains siswa kelas V di SD Inpres Minasa Upa 1. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Instrumen penelitian mencakup hasil belajar, literasi sains, dan lembar observasi. Metode penelitian dilaksanakan melalui empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus melibatkan pembelajaran berbasis demonstrasi, yang memerlukan siswa secara aktif terlibat dalam proses pengamatan, eksperimen, dan analisis. Hasil pada siklus I, pembelajaran berjalan dengan kategori baik dengan keterlaksanaan sebesar 76%, namun hasil belajar siswa masih tergolong sedang dengan rata-rata 60%, dan literasi sains siswa masih rendah pada 46%. siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan; keterlaksanaan pembelajaran mencapai 88% (sangat baik), hasil belajar meningkat menjadi 80% (sangat baik), dan literasi sains siswa naik menjadi 78% (kategori tinggi). Data yang dikumpulkan dari lembar observasi menunjukkan bahwa siswa sudah lebih aktif dan keterlaksanaan pembelajaran sudah sesuai harapan. Data dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual berbasis demonstrasi secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan kemampuan literasi sains siswa kelas V

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifi, R. (2019). Penerapan metode demonstrasi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 68-85. http://dx.doi.org/10.25157/wa.v4i1.387

Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1(1), 1-5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195

Andriansyah, E. H. (2020). Mengembangkan sikap positif dan pemahaman siswa melalui pembelajaran kontekstual dengan metode demonstrasi atau field trip. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(1), 81-89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.270

Fathir, M., & Sabrun, S. (2015). Penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity pada materi statistika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), 131-139. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v1i2.133

Fauziah, S. R., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., & Hilma, A. (2022). Pengaruh metode eksperimen berbantuan media kit ipa terhadap kemampuan literasi sains dan karakter rasa ingin tahu siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 457-467. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2283

Herdiana, V. F., & Muafiah, E. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 MI Ma’arif Polorejo Babadan Ponorogo. AL-THIFL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 43-58. https://doi.org/10.21154/thifl.v2i1.972

Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43-50. http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1404

Juniawan, E. R., Salsabila, V. H., Prasetya, A. T., & Rengga, W. D. P. (2023). Studi Literatur: Analisis Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 82-94. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.2608

Lie, R. (2022). Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Pada Pelajaran PAI Sebagai Salah Satu Inovasi Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 258-269. https://doi.org/10.32923/edugama.v8i1.2590

Marwah, A. S., & Pertiwi, F. N. (2024). Literasi Sains Siswa dalam Berinovasi pada Pembelajaran IPA Berbasis Produk. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 114-126. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i1.3064

Muliastrini, N. K. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Lampuhyang, 10(1), 16-30. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v10i1.173

Nugraha, D. M. D. P. (2022). Hubungan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 153-158. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8874

Oktaria, U. K. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 137 Palembang Tentang Gaya Dan Gerak Dengan Metode Demonstrasi. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 6, pp. 1291-1299). https://doi.org/10.20961/shes.v5i6.84476

Rizwan, R. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 11-20. http://dx.doi.org/10.29210/12016227

Sari, E. R., Saputro, E. F. H., & Lestari, N. (2022). Pembelajaran kontekstual untuk melatih kemampuan literasi sains siswa. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya, 2(1), 1-4. https://doi.org/10.46368/qjpia.v2i1.551

Sobon, K., & Lumowa, S. J. (2018). Penggunaan metode demonstrasi untuk peningkatan hasil belajar Siswa Kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Kawangkoan Kecamatan Kalawat. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 196-207. https://doi.org/10.29407/jpdn.v3i2.11788

Soetrimo, A. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Tamiang Hulu TA 2019/2020. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 133-141. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v8i2.3491

Suprayogi, S., Isdaryanto, N., Rahmawati, E., & Wiratomo, G. H. (2023). Pelatihan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Living Values Education Bagi Guru Pendidikan Pancasila Tingkat SMA/SMK Di Wilayah Pemalang. Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman, 13(2), 146-151. https://doi.org/10.55936/mau%60izhah.v13i2.144

Trianingsih, R., Wahyuni, T., & Jannah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Sistem Pernapasan Manusia Melalui Pembelajaran Kontekstual Demonstrasi. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(01), 53-59. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i01.881

Trisnawaty, F. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD. Satya Widya, 33(1), 37-44. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p37-44

Wardany, K., Mariana, E., & Asih, D. A. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(4), 214-219. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i4.59

Published

2024-11-26

How to Cite

Nurmalasari, N., Radiah, R., Rahmawati, R., & Darmaniar, D. (2024). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Literasi Sains Siswa . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 495–505. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4730

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.