Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kompleks IKIP Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4614Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Make A Match, Media Permainan, Ular Tangga Pintar, Hasil Belajar IPAAbstract
Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media permainan ular tangga pintar dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kompleks IKIP Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Jenis Penelitian yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IV SD Negeri Kompleks IKIP Kota Makassartahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 21 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari teshasil belajar IPA, lembar observasi keterlaksanaan pembelajarandan lembar observasi aktivitassiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi nilai KKM (75) sebanyak4 orang (19,05%) dan tidak memenuhi nilai KKM (75) sebanyak17 orang (80,95%) dengan rata-rata nilai siswa 59,33. Pada siklus II meningkat signifikan jumlah siswa yang memenuhi nilai KKM (75) sebanyak 18 orang (85,71%) dan yang tidak memenuhi nilai KKM (75) sebanyak 3 orang (14,29%) dengan nilai rata-rata siswa 84,61. Hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 67%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media permainan ular tangga pintar dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Kompleks IKIP Kota Makassar.
Downloads
References
Aliputri, D. H. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan kartu bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70-77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2351
Ameliasari, E., & Fahyuni, E. F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Salat Menggunakan Media Ular Tangga Digital. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(2), 526-538. https://doi.org/10.19109/pairf.v6i2.21750
Darmita, I. P. T. (2022). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V semester I SD Negeri 3 Sawan. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 95-103. https://doi.org/10.5281/zenodo.6570025
Devantari, N. M. A. V., Wiyasa, I. K. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2024). Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Berbasis Problem Based Learning Efektif Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1520-1527. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25138
Fahrudin, F. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 1(4). http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i4.1072
Fauziyah, N. N., Sapitri, E., & Azizah, A. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ular Tangga Materi Sumber Energi Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Kasongan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9270
Ferryka, P. Z. (2018). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Halidah, F., Aini, I. I. N., Ernawati, N., Juhaeni, J., Faizah, L., & Safaruddin, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Instructional and Development Researches, 4(2), 64-74. https://doi.org/10.53621/jider.v4i2.306
Irmawati, A. O., Rasidi, R., & Hajron, K. H. (2022). Pengaruh model make a match berbantuan media ular tangga terhadap keterampilan berhitung. Borobudur Educational Review, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.31603/bedr.6811
Mu'aafat, U. D., & Rahmawati, E. (2024). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Medaeng 1 Sidoarjo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 989-999. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18090
Mubin, M. A., Kuswara, R. D., & Gazali, Z. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Biologi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII MTs NW Karang Baru: The Effect Of Learning Media Snakes And Ladder In Biology Subject On Students' Cognitive Learning Outcomes In Class VII MTs NW Karang Baru, East Lombok. Otus Education: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 2(2), 116-124. https://doi.org/10.62588/otusedu.2024.v2i2.0224
Nasri, N. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fiqih di MTs NW Keruak. MASALIQ, 2(1), 64-78. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.93
Noorisa, A., Ismaya, E. A., & Roysa, M. (2020). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 2(4), 331-342. https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.327
Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Pada Kelas 4 Sd. Satya Widya, 35(2), 168-175. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p168-175
Romansyah, D., Egok, A. S., & Frima, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1819-1828. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2316
Suciati, I. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10-21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5
Sukmawati, L., & Hardhinata, A. Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pintar pada Siswa Kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1), 56-62. https://doi.org/10.21137/jpp.2023.15.1.7
Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Make A Match terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542-5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363
Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2019). Permainan ular tangga dan kartu pintar pada materi bangun datar. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 8(1). http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v8i1.5444
Wati, A. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.