Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V UPT SDN 25 Limbuang

Authors

  • Sitti Haisyah Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Muhammad Idham Haliq Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Masnur Masnur Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4588

Keywords:

Model Pembelajaran, Role Playing, Kemampuan Berbicara, Penelitian TIndakan Kelas

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara siswa kelas V UPT SDN 25 Limbuang, yang disebabkan oleh kurangnya kelancaran berbicara, terbatasnya kosakata, ketidaktepatan tata bahasa dan pelafalan, serta kurangnya rasa percaya diri saat berbicara di depan kelas. Pembelajaran sebelumnya yang konvensional dan minim interaksi menghambat pengembangan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V UPT SDN 25 Limbuang melalui penerapan model pembelajaran role playing. Model pembelajaran role playing dipilih sebagai pendekatan karena memberikan kesempatan bagi siswa untuk berperan aktif dalam situasi tertentu yang mendekati kehidupan nyata Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas V UPT SDN 25 Limbuang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, wawancara, dan tes kemampuan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing berhasil meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V di UPT SDN 25 Limbuang. Data menunjukkan bahwa pada tes pra-siklus, hanya 21,87% siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 68,90. Setelah penerapan model role playing pada siklus I, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 56,25%, dengan nilai rata-rata 71,40. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar semakin meningkat menjadi 90,62%, dengan nilai rata-rata 86,09. Hal ini menunjukkan bahwa model role playing dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dan percaya diri dalam berbicara, serta membantu meningkatkan aspek-aspek seperti lafal, tata bahasa, kosakata, kefasihan, dan pemahaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azahra, A., Sabri, A., & Sasminelwati, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik di SMPN 1 Ampek Angkek. ISLAMIKA, 6(3), 1465-1473. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i3.5167

Azizah, N. (2022). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Motivasi Belajar Siswa dalam Menguasai Congratulations Expressions. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 121-131. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.275

Damayanti, A., Nurani, R. Z., & Mahendra, H. H. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Kelas Iii Sd Negeri Cidadap. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 01-18. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1569

Deliyana, E., & Fitriani, H. S. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri Sukasari II Kabupaten Tangerang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1),31-39. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1260

Doorvina, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Kemempuan Speaking Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Malinau. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(2), 231-236. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.630

Ferawati, D. (2023). Implementasi Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Aspek Berbicara. Tarbiya Islamica, 11(1), 1-7. https://doi.org/10.37567/ti.v11i1.2319

Handayani, L., & Mulyana, M. (2024). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Menengah Pertama. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 358-368. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3846

Hardiyanti, A. R., Prasasti, P. A. T., & Watie, R. H. (2024). Penerapan Metode Role Playing dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V. Journal Innovation In Education, 2(4), 223-229. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i4.1915

Hasibuan, L. W. V., Sinaga, C. V., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 217-223. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8135

Idrus, N. A., Lutfi, B., Haris, H., & Saharullah, S. (2023). Penerapan Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPTD SDN 176 Barru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23475-23481. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10339

Istiqomah, L., Murtono, M., & Fakhriyah, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Visual di Sekolah Dasar: Improvement Of Students'speech Skills Through The Assisted Role Playing Model Visual Media In Basic School. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 650-660. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.884

Lubis, C., & Nasution, S. (2024). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2017-2028. https://doi.org/10.58230/27454312.756

Mabruri, Z. K., & Aristya, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sd N Ploso 1 Pacitan: Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sd N Ploso 1 Pacitan. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 112-117. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.10

Muna, L. N., Izza, N. H. K., & Attalina, S. N. C. (2024). Implementasi Teknik Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di SDN 3 Sekuro. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(9), 141-152. https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i9.2592

Nasution, A. T., Munip, A., Rohmi, P., & Rizky, V. B. (2023). Analisis Penerapan Metode Role Playing Dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Mahasiswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2732-2744. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11098

Nihmah, S. Z., Kuncoro, S. Z., & Ermawati, D. (2024). Implementasi Metode Bermain Peran Dengan Model Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa Krama. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(3), 105-117. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3924

Nofrianti, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Role Play Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Memerankan Drama Pada Siswa Kelas V SD Negeri 68 Seberang Ulu 1 Palembang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 10(1), 67-77. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v10i1.4616

Nur, H. W. N. H. W., Mustofa, S. M. S., & Rusuly, U. R. U. (2024). Implementasi Metode Role-Play dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab di Sekolah Islam. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 1656-1666. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i4.772

Prawiyogi, A. G., Anggraeni, S. W., Amalia, D., & Rosalina, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Menerapkan Metode Role Playing pada Siswa Kelas IV. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), 197-208. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.3044

Priatna, A., & Setyarini, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 147-159. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2139

Saputri, R., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7275-7280. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3472

Sari, R. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Ketrampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat Sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 61-67. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.582

Susanti, S., Hartati, T., & Nuryani, P. (2021). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v6i1.39996

Published

2024-11-26

How to Cite

Haisyah, S., Haliq, M. I., & Masnur, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V UPT SDN 25 Limbuang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 473–483. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4588

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.