Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V UPT SDN 25 Limbuang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4588Keywords:
Model Pembelajaran, Role Playing, Kemampuan Berbicara, Penelitian TIndakan KelasAbstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara siswa kelas V UPT SDN 25 Limbuang, yang disebabkan oleh kurangnya kelancaran berbicara, terbatasnya kosakata, ketidaktepatan tata bahasa dan pelafalan, serta kurangnya rasa percaya diri saat berbicara di depan kelas. Pembelajaran sebelumnya yang konvensional dan minim interaksi menghambat pengembangan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V UPT SDN 25 Limbuang melalui penerapan model pembelajaran role playing. Model pembelajaran role playing dipilih sebagai pendekatan karena memberikan kesempatan bagi siswa untuk berperan aktif dalam situasi tertentu yang mendekati kehidupan nyata Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas V UPT SDN 25 Limbuang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, wawancara, dan tes kemampuan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing berhasil meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V di UPT SDN 25 Limbuang. Data menunjukkan bahwa pada tes pra-siklus, hanya 21,87% siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 68,90. Setelah penerapan model role playing pada siklus I, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 56,25%, dengan nilai rata-rata 71,40. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar semakin meningkat menjadi 90,62%, dengan nilai rata-rata 86,09. Hal ini menunjukkan bahwa model role playing dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dan percaya diri dalam berbicara, serta membantu meningkatkan aspek-aspek seperti lafal, tata bahasa, kosakata, kefasihan, dan pemahaman.
Downloads
References
Azahra, A., Sabri, A., & Sasminelwati, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik di SMPN 1 Ampek Angkek. ISLAMIKA, 6(3), 1465-1473. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i3.5167
Azizah, N. (2022). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Motivasi Belajar Siswa dalam Menguasai Congratulations Expressions. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 121-131. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.275
Damayanti, A., Nurani, R. Z., & Mahendra, H. H. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Kelas Iii Sd Negeri Cidadap. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 01-18. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1569
Deliyana, E., & Fitriani, H. S. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri Sukasari II Kabupaten Tangerang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1),31-39. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1260
Doorvina, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Kemempuan Speaking Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Malinau. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(2), 231-236. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.630
Ferawati, D. (2023). Implementasi Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Aspek Berbicara. Tarbiya Islamica, 11(1), 1-7. https://doi.org/10.37567/ti.v11i1.2319
Handayani, L., & Mulyana, M. (2024). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Menengah Pertama. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 358-368. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3846
Hardiyanti, A. R., Prasasti, P. A. T., & Watie, R. H. (2024). Penerapan Metode Role Playing dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V. Journal Innovation In Education, 2(4), 223-229. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i4.1915
Hasibuan, L. W. V., Sinaga, C. V., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 217-223. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8135
Idrus, N. A., Lutfi, B., Haris, H., & Saharullah, S. (2023). Penerapan Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPTD SDN 176 Barru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23475-23481. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10339
Istiqomah, L., Murtono, M., & Fakhriyah, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Visual di Sekolah Dasar: Improvement Of Students'speech Skills Through The Assisted Role Playing Model Visual Media In Basic School. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 650-660. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.884
Lubis, C., & Nasution, S. (2024). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2017-2028. https://doi.org/10.58230/27454312.756
Mabruri, Z. K., & Aristya, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sd N Ploso 1 Pacitan: Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sd N Ploso 1 Pacitan. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 112-117. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.10
Muna, L. N., Izza, N. H. K., & Attalina, S. N. C. (2024). Implementasi Teknik Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di SDN 3 Sekuro. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(9), 141-152. https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i9.2592
Nasution, A. T., Munip, A., Rohmi, P., & Rizky, V. B. (2023). Analisis Penerapan Metode Role Playing Dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Mahasiswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2732-2744. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11098
Nihmah, S. Z., Kuncoro, S. Z., & Ermawati, D. (2024). Implementasi Metode Bermain Peran Dengan Model Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa Krama. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(3), 105-117. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3924
Nofrianti, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Role Play Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Memerankan Drama Pada Siswa Kelas V SD Negeri 68 Seberang Ulu 1 Palembang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 10(1), 67-77. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v10i1.4616
Nur, H. W. N. H. W., Mustofa, S. M. S., & Rusuly, U. R. U. (2024). Implementasi Metode Role-Play dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab di Sekolah Islam. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 1656-1666. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i4.772
Prawiyogi, A. G., Anggraeni, S. W., Amalia, D., & Rosalina, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Menerapkan Metode Role Playing pada Siswa Kelas IV. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), 197-208. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.3044
Priatna, A., & Setyarini, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 147-159. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2139
Saputri, R., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7275-7280. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3472
Sari, R. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Ketrampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat Sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 61-67. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.582
Susanti, S., Hartati, T., & Nuryani, P. (2021). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v6i1.39996
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.