Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4576Keywords:
Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar IPA, Siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Pinrang. Model Discovery Learning merupakan pendekatan yang mendorong siswa untuk secara aktif mengeksplorasi konsep dengan bimbingan guru, sehingga meningkatkan pemahaman dan daya ingat mereka. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain kelompok non-terkontrol, di mana siswa kelas IV dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran eksploratif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran tradisional. Data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan uji t untuk mengidentifikasi perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran eksploratif memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode tradisional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran eksploratif memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Pinrang.
Downloads
References
Ali, M., & Setiani, D. D. (2018). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep jamur. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 59-63. https://doi.org/10.34289/277895
Ardianto, A., Mulyono, D., & Handayani, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Inomatika, 1(1), 31-37. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i1.136
Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan media video terhadap hasil belajar siswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 4(1), 59-62. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62
Ariasanti, D., Akhbar, M. T., & Syaflin, S. L. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 125 Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 113-124.
Ramadhani, A. H. (2021). Pengaruh pendekatan pembelajaran discovery learning pada hasil belajar siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 96-103.
Damayanti, A., & Setyaningsih, M. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantu Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5653–5660. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3282
Dewi, L. V., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan metode scaffolding. Jurnal Pendidikan matematika dan IPA, 10(2), 299-313. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630
Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Artawan, P. G. O., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 452-458.
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54
Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Muhammad Kadri dan Meika Rahmawati. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1(1), 29–33.
Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92
Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Pegaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 281–286. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1313
Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9.
Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91-94.
Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62
Ramadani, A., Bachtiar, A., Saputri, K., Thahir, R., Studi, P., Biologi, P., & Makassar, K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 117–127. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i2.702
Rosdiana, R., Boleng, D. T., & Susilo, S. (2017). Pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap efektivitas dan hasil belajar siswa (Doctoral dissertation, State University of Malang). https://doi./0.17977/jptpp.v2i8.9802
Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Yunianti, V. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9106–9114. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3847
Susanti, E. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan sains dan hasil belajar siswa kelas viii tentang IPA SMP Advent Palu. JSTT, 5(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.