Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Kelas V SD 1 Kaliwungu

Authors

  • Novita Aulia Fachrina Universitas Muria Kudus
  • Ika Ari Pratiwi Universitas Muria Kudus
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4483

Keywords:

Kesiapan Guru, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Implemetasi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru Sekolah Dasar (SD) dalam melaksanakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) sebagai bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka. Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya pelaksanaan P5 untuk membentuk generasi yang berkarakter sesuai nilai-nilai Pancasila, khususnya di era perubahan global yang kompleks. Namun, implementasi P5 di tingkat SD masih menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam kesiapan sumber daya manusia (SDM), metode pelaksanaan, dan ketercapaian target yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan 27 siswa kelas V di salah satu SD. Instrumen pengumpulan data terdiri dari pedoman wawancara, lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru dan sekolah secara keseluruhan masih kurang memadai, yang ditunjukkan oleh pelaksanaan proyek yang belum sepenuhnya sesuai dengan buku panduan P5. Hal ini mengakibatkan tidak tercapainya beberapa target spesifik, seperti pengintegrasian nilai-nilai Pancasila ke dalam pembelajaran. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan bahwa selain dimensi kreatif dan gotong royong, terdapat potensi pengembangan dimensi bernalar kritis pada siswa. Temuan ini menegaskan perlunya pelatihan dan pendampingan intensif bagi guru, serta penyediaan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung pelaksanaan P5 yang lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., Suryani, Z., & Prihantini. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26906–26912. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10966

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

HAQ, A. (2023). Pelatihan Nasional Penyusunan Modul P5 Menggunakan Kreasi Ide Media Serbaneka Pada Kepala Sekolah Dan Guru. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 217–226. https://doi.org/10.26740/abdi.v8i2.21157

Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 116–127. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218

Jannah, A., Rondli, W. S., & K, M. S. (2023). Bentuk Adaptasi yang Dimunculkan Guru Seolah Dasar dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(5), 2841–2850. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6010

Jayawardana, H. B. ., Noviyanti, A. I., Hidayanto, N. E., & Gita, R. S. D. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fase Fondasi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 8–15. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.710

Khairiyah, U., Gusmaniarti, Asmara, B., Suryanti, Wiryanto, & Sulistiyono. (2023). Fenomena Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(2), 172–178. https://doi.org/10.30651/else.v7i2.16924

Khasanah, V. A., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan dimensi bernalar kritis melalui kegiatan proyek dalam kurikulum merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 172–180. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7100

Kumoro, Mohammad Kanzunnudin, I. A. P. (2021). Metode Guru Dalam Penguatan Karakter Kekemandirian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 1, 36–41. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/jpi/article/viewFile/6600/2960

Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran, 1(2), 271–279. https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.169

Liya Lisnawati, Wahyudin Wahyudin, & Jennyta Caturiasari. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 1(3), 48–78. https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i3.36

M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85. https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098

Monica, R., Rondli, W. S., & Pratiwi, I. A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di Sd Negeri Tanjunganyar 2. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 777–786. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9468

Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1313–1322. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4998

Priyanti, N., Apriansyah, C., Kartini, R. D., Padilah, N., Budiarti, T. R., Kurniawati, R., Naruvita, S. R., Indrawati, Y., Wahyuningsih, E., Rubiah, S. A., Rohmah, S., Setyorini, W., Al Jufry, L., & Rahayu, T. (2023). Pkm Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Melalui Workshop Membuat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di Igtki Kecamatan Duren Sawit Dki Jakarta. Communnity Development Journal, 4(3), 5815–5823. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17577

Purani, N. K. C., & Susanto Putra, I. K. D. A. (2022). Analisis Kesiapan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sdn 2 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 8–12. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.125

Rokhmad, Pratiwi, I. A., & Ardianti, sekar dwi. (2024). Implementasi Nilai Pancasila Sila Ketiga Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas 4 SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(01), 1–23. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2583

Sam, A., Tarsan, V., & Edu, A. L. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(1), 65-72.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Utaminingsih, S., Putri, J., Rondli, W. S., Fathurohman, I., & Hariyadi, A. (2023). Project P5: How is assistance in implementing the independent curriculum in elementary schools? Jurnal Inovasi Dan Pengembangan Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.61650/jip-dimas.v1i2.229

Published

2024-12-17

How to Cite

Fachrina, N. A., Pratiwi, I. A. ., & Rondli, W. S. . (2024). Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Kelas V SD 1 Kaliwungu. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 772–781. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4483

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.