Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Persoalan primer pada pengkajian ini yakni seperti apa pemanfaatan perangkat lunak canva diaplikasikan sebagai media pendidikan pada ilmu pengetahuan sosial dapat menaikkan yang akan terjadi belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cendrawasih I Makassar. Tujuan pengkajian ini yakni agar menaikkan akibat belajar IPS menggunakan media pembelajaran software canva di kelas VI SDN. Cendrawasih I Makassar. Jenis pengkajian ini ialah pengkajian tindakan kelas (group Action Reaserch) yang terdiri atas dua siklus dimana tiap siklus dilakukan sejumlah dua kali pertemuan. Mekanisme penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Sekitar 30 siswa kelas VI B Sekolah Dasar Negeri Cendrawasih I Makassar adalah subjek penelitian ini. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dari 30 siswa dalam daur I, hanya 7 atau 23,tiga% memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sebaliknya, dari 30 siswa dalam daur II, 29 siswa, atau 96,6%, memenuhi kriteria ketuntasan. Oleh karena itu, selisih siswa dari daur I ke siklus II yang tuntas adalah 22 siswa, atau 73,3% dari kelompok yang sangat tinggi. Sesuai hasil penelitian memperlihatkan bahwa peserta didik kelas VI B Sekolah Dasar Negeri Cendrawasih I Makassar yang menggunakan perangkat lunak Canva untuk belajar IPS lebih baik.
Downloads
Metrics
References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anti, S., & Bahri, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Edlink Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Di SMP Nasional Makassar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 95-104. https://doi.org/10.62388/jpdp.v2i2.169
Anwar, K. (2021). The perception of using technology canva application as a media for english teacher creating media virtual teaching and english learning in loei thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62-69. http://dx.doi.org/10.30587/jetlal.v5i1.2253
Dewanta, A. A. N. B. J. (2020). Pemanfaatan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia, 9(2), 79-85.
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasi audio visual terhadap peningkatan hasil belajar sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104-113.
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan desain menggunakan aplikasi canva. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291-295. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434
Jumiatun, J., Samad, A., & Maruf, M. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pemberian Tugas Terstruktur Disertai Umpan Balik pada Model Pembelajaran Langsung Peserta Didik Kelas VIIA SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 185-196. https://doi.org/10.26618/jpf.v4i2.309
Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 71-77. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.380
Mudinillah, A., & Rizaldi, M. (2021). Using the Canva Application as an Arabic Learning Media at SMA Plus Panyabungan. At-Tasyrih: jurnal pendidikan dan hukum Islam, 7(2), 95-106. https://doi.org/10.55849/attasyrih.v7i2.67
Muhamad, A., & Rahmat, M. Y. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B Di TK ABA III Paranga. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), 25-30. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1670
Mulyawati, Y., Sumardi, S., & Elvira, S. (2019). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 01-14. https://doi.org/10.33751/pedagog.v3i1.980
Nurhayaty, E., Pramularso, E. Y., Marginingsih, R., & Susilowati, I. H. (2022). Pelatihan membuat media promosi sederhana dengan aplikasi Canva di yayasan desa hijau. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 69-77. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10522
Puspita, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul praktikum kimia dasar menggunakan aplikasi canva design. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 5(2), 151-161. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.20334
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343. https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859
Rosdiana, A., & Nurnazmi, N. (2021). Dampak Aplikasi Tiktok dalam Proses Sosial di Kalangan Remaja Rabadompu Timur. Edu Sociata: jurnal pendidikan sosiologi, 4(1), 100-109. https://doi.org/10.33627/es.v4i1.490
Sparviero, S. (2019). The case for a socially oriented business model canvas: The social enterprise model canvas. Journal of social entrepreneurship, 10(2), 232-251. https://doi.org/10.1080/19420676.2018.1541011
Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi nilai pendidikan melalui aktivitas masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137-166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79-85. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
Widayanti, L., Kala’lembang, A., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi pembuatan desain grafis menarik menggunakan aplikasi canva. Jurnal pengabdian masyarakat, 2(2), 91-102. https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran ipa mi/sd. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Copyright (c) 2024 Siti Aisyah Ramadhani Fitri, Ma'ruf Ma'ruf, Muhammad Yusran Rahmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.