Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

  • Siti Aisyah Ramadhani Fitri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ma'ruf Ma'ruf Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Yusran Rahmat Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Aplikasi Canva, Media Pembelajaran IPS, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Persoalan primer pada pengkajian ini yakni seperti apa pemanfaatan perangkat lunak canva diaplikasikan sebagai media pendidikan pada ilmu pengetahuan sosial dapat menaikkan yang akan terjadi belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Cendrawasih I Makassar. Tujuan pengkajian ini yakni agar menaikkan akibat belajar IPS menggunakan media pembelajaran software canva di kelas VI SDN. Cendrawasih I Makassar. Jenis pengkajian ini ialah pengkajian tindakan kelas (group Action Reaserch) yang terdiri atas dua siklus dimana tiap siklus dilakukan sejumlah dua kali pertemuan. Mekanisme penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Sekitar 30 siswa kelas VI B Sekolah Dasar Negeri Cendrawasih I Makassar adalah subjek penelitian ini. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dari 30 siswa dalam daur I, hanya 7 atau 23,tiga% memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sebaliknya, dari 30 siswa dalam daur II, 29 siswa, atau 96,6%, memenuhi kriteria ketuntasan. Oleh karena itu, selisih siswa dari daur I ke siklus II yang tuntas adalah 22 siswa, atau 73,3% dari kelompok yang sangat tinggi. Sesuai hasil penelitian memperlihatkan bahwa peserta didik kelas VI B Sekolah Dasar Negeri Cendrawasih I Makassar yang menggunakan perangkat lunak Canva untuk belajar IPS lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Anti, S., & Bahri, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Edlink Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Di SMP Nasional Makassar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 95-104. https://doi.org/10.62388/jpdp.v2i2.169

Anwar, K. (2021). The perception of using technology canva application as a media for english teacher creating media virtual teaching and english learning in loei thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62-69. http://dx.doi.org/10.30587/jetlal.v5i1.2253

Dewanta, A. A. N. B. J. (2020). Pemanfaatan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia, 9(2), 79-85.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasi audio visual terhadap peningkatan hasil belajar sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104-113.

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan desain menggunakan aplikasi canva. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291-295. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434

Jumiatun, J., Samad, A., & Maruf, M. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pemberian Tugas Terstruktur Disertai Umpan Balik pada Model Pembelajaran Langsung Peserta Didik Kelas VIIA SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 185-196. https://doi.org/10.26618/jpf.v4i2.309

Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 71-77. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.380

Mudinillah, A., & Rizaldi, M. (2021). Using the Canva Application as an Arabic Learning Media at SMA Plus Panyabungan. At-Tasyrih: jurnal pendidikan dan hukum Islam, 7(2), 95-106. https://doi.org/10.55849/attasyrih.v7i2.67

Muhamad, A., & Rahmat, M. Y. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B Di TK ABA III Paranga. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), 25-30. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1670

Mulyawati, Y., Sumardi, S., & Elvira, S. (2019). Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 01-14. https://doi.org/10.33751/pedagog.v3i1.980

Nurhayaty, E., Pramularso, E. Y., Marginingsih, R., & Susilowati, I. H. (2022). Pelatihan membuat media promosi sederhana dengan aplikasi Canva di yayasan desa hijau. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 69-77. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10522

Puspita, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul praktikum kimia dasar menggunakan aplikasi canva design. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 5(2), 151-161. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.20334

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335-343. https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859

Rosdiana, A., & Nurnazmi, N. (2021). Dampak Aplikasi Tiktok dalam Proses Sosial di Kalangan Remaja Rabadompu Timur. Edu Sociata: jurnal pendidikan sosiologi, 4(1), 100-109. https://doi.org/10.33627/es.v4i1.490

Sparviero, S. (2019). The case for a socially oriented business model canvas: The social enterprise model canvas. Journal of social entrepreneurship, 10(2), 232-251. https://doi.org/10.1080/19420676.2018.1541011

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi nilai pendidikan melalui aktivitas masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137-166. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79-85. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Widayanti, L., Kala’lembang, A., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi pembuatan desain grafis menarik menggunakan aplikasi canva. Jurnal pengabdian masyarakat, 2(2), 91-102. https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran ipa mi/sd. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Published
14-08-2024
How to Cite
Fitri, S. A. R., Ma’ruf, M., & Rahmat, M. Y. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(1), 147-158. https://doi.org/10.30605/cjpe.712024.3788
Section
Articles