Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN 2 Bungi Kota Baubau
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.3.1.2020.306Keywords:
Problem Based Learning, Prestasi Belajar, PKnAbstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn Kelas V SD Negeri 2 Bungi Kota Baubau. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan. Pertemuan dari setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Bungi Kota Baubau, yakni pada siklus I dengan nilai rata-rata73,68 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 68% belum mencapai prestasi belajar dengan baik, pada siklus II prestasi belajar meningkat dengan nilai rata-rata 85,24 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 88%.
Downloads
References
Abdurrahman. (2015). Motivasi Belajar Pembelajaran dan Upaya-Upaya Peningkatannya. Malang: IKIP Malang. Tidak diterbitkan
Arends, R. (2008). Learning to Teach Belajar untuk Mengajar (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto pada Tahun 2008). Yogyakarta: Pustaka Pelajar..
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.316
Gani, A., Pargito, P., & Suntoro, I. (2013). Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Menumbuhkan Sikap Kebangsaan pada Pembelajaran PKn. Jurnal Studi Sosial, 1(5).
Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27-33. DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.212019.105
Purwanto, M. N. (2000). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Remaja Rosdakarya.
Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafinda Persada
Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.
Sudijono, A. (2008). Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sulestri, A. I., & Baharuddin, M. R. (2019). Media Pembelajaran Geometri dalam Konsep Behavioristik. Prosiding Semantik, 2(1), 43-46.
Trianto. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka
Winataputra, Udin S. (2011). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka. 2011. Tidak diterbitkan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.