Analisis Tingkat Literasi Digital Guru Pendidikan Sekolah Dasar

Authors

  • Ana Quthratun Nada Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Deni Indrawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2481

Keywords:

Literasi Digital, Pendidikan Dasar, Guru SD, Analisis

Abstract

Saat ini, literasi digital telah menjadi faktor penting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat literasi digital guru pendidikan dasar yang meliputi lima indikator yaitu memilih, mengakses, memahami, mengevaluasi dan menganalisis. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Jumlah guru di MI Miftahul Huda menjadi populasi dalam penelitian ini yang berjumlah 22 orang. Teknik total sampling digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil menyimpulkan bahwa rata-rata tingkat literasi digital guru MI al Huda berada pada kategori baik dengan persentase 68,42%. Oleh karena itu, perlu terus ditingkatkan pemahaman literasi digital agar lebih mudah dalam mengoptimalkan pembelajaran. Temuan dalam penelitian ini adalah terdapat indikator literasi digital guru yang berada pada tingkat cukup. Kompetensi menyeleksi Guru di MI Miftahul Huda berada pada kategori cukup baik dalam memilih informasi dari banyak sumber yang bisa diakses. Untuk itu masih perlu ditingkatkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, F. (2017). Guru SD di Era Digital. CV Pilar Nusantara.

Anisimova, E. (2020). Digital literacy of future preschool teachers. Journal of Social Studies Education Research, 11(1), 230-253.

Aslan, S. (2021). Analysis of Digital Literacy Self-Efficacy Levels of Pre-Service Teachers. International Journal of Technology in Education, 4(1), 57-67. DOI: https://doi.org/10.46328/ijte.47

Bandarsyah, D. (2019). Tantangan Pendidikan Era Digital. Geotimes.

Çam, E., & Kiyici, M. (2017). Perceptions of Prospective Teachers on Digital Literacy. Malaysian Online Journal of Educational Technology, (4), 29-44.

Çetin, E. (2021). Digital storytelling in teacher education and its effect on the digital literacy of pre-service teachers. Thinking Skills and Creativity, 39, 100760. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100760

Demir, O., Aslan, S. A., & Demir, M. (2022). Examining the relationship between teachers’ lifelong learning tendencies and digital literacy levels. Journal of Educational Technology and Online Learning, 5(2), 379-392. DOI: https://doi.org/10.31681/jetol.1034697

Erstad, O., & Gillen, J. (2019). Theorizing digital literacy practices in early childhood. In The Routledge handbook of digital literacies in early childhood (pp. 31–44). Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9780203730638-3

Hasan, K., Zainal, Z., & Suhadjerah, S. (2020). The Development of Learning Media of Pakakala Boardgame. Journal Of Educational Science and Technology, 6(1), 48–55. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v6i1.12351

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. DOI: https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714

Kuntarto, H. B., & Prakash, A. (2020). Digital Literacy Among Children in Elementary Schools. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(3), 157–170. DOI: https://doi.org/10.17933/diakom.v3i2.92

Kasperski, R., Blau, I., & Ben-Yehudah, G. (2022). Teaching digital literacy: are teachers’ perspectives consistent with actual pedagogy?. Technology, Pedagogy and Education, 31(5), 615-635. DOI: https://doi.org/10.1080/1475939X.2022.2091015

Konan, N. (2010). Computer literacy levels of teachers. Procedia-Social and behavioral sciences, 2(2), 2567-2571. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.374

Kurnia, M. D. (2021). Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa Dalam Menulis Artikel Opini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4(1), 175–179. DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i1.21135

Latip, A. (2020). The role of information and communication technology literacy in distance learning during the COVID-19 pandemic. EduTeach: Journal of Education and Learning Technology, 1(2), 108–116.

Lilian, A. (2022). Motivational beliefs, an important contrivance in elevating digital literacy among university students. Heliyon, 8(12), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11913 DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11913

Lindfors, M., Pettersson, F., & Olofsson, A. D. (2021). Conditions for professional digital competence: The teacher educators’ view. Education Inquiry, 12(4), 390–409. DOI: https://doi.org/10.1080/20004508.2021.1890936

Liu, Z. J., Tretyakova, N., Fedorov, V., & Kharakhordina, M. (2020). Digital literacy and digital didactics as the basis for new learning models development. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(14), 4-18. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v15i14.14669

Novitasari, Y., Reswita, R., & Efastri, S. M. (2021). Analisis Permasalahan Guru Paud Pada Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Di Masa Pandemi Covid-19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 7(1), 26–33. DOI: https://doi.org/10.18592/jea.v7i1.4558

Nugroho, M. W. (2022). Perspektif mahasiswa terhadap literasi digital di aplikasi Instagram sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 6(1), 26–35. DOI: https://doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6775

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 2 depok sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218

Purwanto, N. (2020). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. PT Remaja Rosda Karya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=647732

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37–50. DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439

Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 33–43. DOI: https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3795

Rahman, F., Astagini, A., & Effendy, A. D. F. (2020). Kesenjangan Pembangunan di Tingkat Lokal: Refleksi atas Implementasi Otonomi Daerah di Indonesia. Journal of Governance Innovation, 2(2), 93–111. DOI: https://doi.org/10.36636/jogiv.v2i2.422

Rambousek, V., Štípek, J., & Vaňková, P. (2016). Contents of Digital Literacy from the Perspective of Teachers and Pupils. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 354–362. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.101 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.101

Soepriyanti, H., Waluyo, U., Sujana, M., & Fitriana, E. (2022). An Exploratory Study of Indonesian Teachers' Digital Literacy Competences. Technium Soc. Sci. J., 28, 116. DOI: https://doi.org/10.47577/tssj.v28i1.5866

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sulasmi, E. (2022). Primary school teachers’ digital literacy: An analysis on teachers’ skills in using technological devices. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 140-145. DOI: https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.81

Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600–4611. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2909

Tari, E., & Hutapea, R. H. (2020). Peran guru dalam pengembangan peserta didik di era Digital. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.54553/kharisma.v1i1.1

Záhorec, J., Hašková, A., & Munk, M. (2019). Teachers' Professional Digital Literacy Skills and Their Upgrade. European Journal of Contemporary Education, 8(2), 378-393. DOI: https://doi.org/10.13187/ejced.2019.2.378

Published

2023-04-30

How to Cite

Nada, A. Q., & Indrawan, D. (2023). Analisis Tingkat Literasi Digital Guru Pendidikan Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2481

Issue

Section

Articles