Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Antara Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Dengan Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Lingkungan Di Kelas X MAN 3 Kota Padang

Main Article Content

delvina walyafi
Ardi
Syamsurizal
Suci Fajrina

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, masih terfokus pada guru, dan peserta didik sulit memahami konsep pada materi pembelajaran biologi. Tujuan peneltian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan Team Game Tournament (TGT) dan model Problem Based Learning (PBL) pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini termasuk eksperimen semu/quasi exsperimental dengan desain Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas eksperimen I (X.7) dengan 35 peserta didik dan kelas eksperimen II (X.2) dengan 37 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu tes dengan analisis data menggunakan uji hipotesis dengan uji Independent Sample T-Test dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan nilai selisih antara posttest dan pretest yaitu α = 0,05 lebih besar daripada Sig (2-tailed) atau (0,05 > 0,006) Artinya H0 ditolak. Dengan demikian berarti terdapat perbedaan yang berarti hasil belajar peserta didik antara penerapan model pembelajaran TGT dengan PBL dimana berdasarkan nilai N-Gain ditemukan bahwa kelas eksperimen I yaitu, 24,55% lebih baik dari pada kelas eksperimen II yaitu, 11,1% pada materi perubahan lingkungan di MAN 3 Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
walyafi, delvina, Ardi, Syamsurizal, & Fajrina, S. (2024). Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Antara Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Dengan Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Lingkungan Di Kelas X MAN 3 Kota Padang. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4357
Section
Articles

References

Ardi, Hamrin, dan I. (2016). Penerapan Aktif Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Aspek Teater Dalam Pemebelajaran Seni Budaya Kelas X Madrasah Aliyah Allu Jurnal pendidikan sendratasik, 2, 1–12.
Aslamiah, S., Pardede, A., & Wardhani, R. R. A. A. K. (2020). Perbandingan Problem Based Learning (PBL) Dengan Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) Menggunakan Media Permainan Sos Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 3(2), 45–51.
Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA? Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 388–395.
Fitri, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Peserta Didik Kelas XII IPA-1 SMA Negeri 2 Koto Baru. Cendekia Pendidikan, 2(2), 1.
Hasyim, A., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Pengaruh Model Kooperatif Teams Games Tournament ( TGT ) Terhadap Hasil Belajar PAI. PAI. Al-Mau'izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 354-367.
Juliyanti, K., & Nopriyeni, N. (2023). Pengaruh Model PBL terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 6(1), 268–279.
Masela, E. E., Pendong, D. F., & Tannor, M. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tondano. Jurnal Sains Riset, 14(1), 361-368.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019, October). Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).
Nurhikmah, N., Tayeb, T., Idris, R., Ichiana, N. N., & Sulasteri, S. (2021). Studi Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dengan Tipe Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Waktu Belajar Siswa. Al asma : Journal of Islamic Education, 3(1), 73.
Sari, W. N., Yamin, M., & Khairuddin, K. (2023). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Power Point terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Batukliang Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 112–118.
Sarinah, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan Media Teka-teki Silang (TTS) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Perkembangan Manusia di MTs Darul Ulum Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).
Sofyan, erna 25. 63. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. 2(2), 227–237.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA
Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Batang Hari. Biodik, 5(3), 273–285.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'