PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 7 TEBO

Main Article Content

Anggi Yusriana
Helendra
Relsas Yogica
Suci Fajrina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi lingkungan peserta didik dengan menerapkan model Problem Based Learning. Peserta didik memiliki pemahaman yang masih rendah mengenai literasi lingkungan dan penerapan model pembelajaran yang kurang efektif. Model pembelajaran yang diterapkan di SMAN 7 Tebo umumnya belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu atau Quasy Experimental. Dalam penelitian digunanakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan model Discovery Learning. Penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS 20. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis penelitian dilihat dari nilai signifikansi 2-tailed < 0,05 yaitu 0,00. Berdasarkan uji hipotesis terdapat pengaruh positif model pembelajaran Problem Based Learning terhadap literasi lingkungan fase E SMAN 7 Tebo.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Yusriana, A., Helendra, Yogica, R., & Fajrina, S. (2024). PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 7 TEBO. Jurnal Biogenerasi, 9(2), 1294 - 1301. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i2.4259
Section
Articles

References

Abdullah, B. (2017). Jurnal Makna Pembelajaran Dalam Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(1).
Febriana Indri, Ibrohim, M. S. (1982). Potensi Pembelajaran Inkuiri Dalam Menumbuhkan Sikap Siswa Terhadap Lingkungan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM.
Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., & Mulyati Parsa, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.
Febriasari, L. K. & Supriatna, N. (2017). Enhance environmental literacy through problem based learning. Journal of Physics: Conference Series, 895(1).
Gunantara, Gede,. I Made Suarjana, dan Putu Nanci Riastini. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan PGSD. 2(1).
Hartati, R. (2016). No Title. 8(1), 90–97.
Hunaepi, Samsuri, T., Asy'ari, M., & Sukaisih, R. (2014). Sains Teknologi Masyarakat Strategi, Pendekatan dan Model Pembelajaran. Duta Pustaka Ilmu.
Istikharah, R., dan Simatupang, Z. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/MA pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 12(1), 1-6.
Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020, September). Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Biologi. 6, (1).
Kurniasih, Imas dan Berlin, Sani. 2013. Sukses mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2).
Prastiwi, L., Sigit, D. V., & Ristanto, R. H. (2020). Hubungan Antara Literasi Ekologi Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1).
Siddiq, Muhammad Nur., Bambang Supriatno dan Saefudin. (2020). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Literasi Lingkungan Siswa SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan (The Effect Of Problem Based Learning Application Towards Junior High School Students’ Environmental Literacy On Environmental Pollution Material). Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education. 3 (1).
Siregar, E., & Widyaningrum, R. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. Mkdk4004/Modul 01, 09(02).
Suhirman. (2020). Hubungan Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Keterampilan Berpikir. 4(1).
Syarah, M. M., Rahmi, Y. L., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Penerapan Pendekatan STEM pada Pembelajaran Biologi. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 236–243.
Tanjung, I. F. (2016). Guru Dan Strategi Inkuiri Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Tarbiyah, 23(1).
Utami, F. (2019). Upaya meningkatkan literasi lingkungan siswa SMA melalui pembelajaran berbasis masalah pada materi ekosistem (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Yelnosia, R., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Application of the Problem Based Learning Model in Integrated Thematic Learning for Grade V of Elementary Schools. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 8, 166-183.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'