Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Microsoft Office Pada Aparat Desa di Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan

  • Irmayani Irmayani Universitas Cokroamioto Palopo
  • Andi Mangnguntungi Sudirman Universitas Cokroamioto Palopo
Keywords: Aparat Desa, Informasi, Microsoft word, Microsoft Excel, Tekologi

Abstract

Kemajuan informasi dan teknologi menuntut sebuah kewajiban pada penguasaan ilmu di bidang tekonologi informasi untuk menghadapi era globalisasi ini. Tidak kurangnya dalam bidang pemerintahan. Pembuatan arsip atau dokumen yang dulunya menggunakan mesin ketik, sekarang menggunakan komputer yang lebih praktis dan efisien. Adapun pembuatan dokumen ini menggunakan aplikasi Microsoft Office, di antaranya yang menjadi fokus dan sering digunakan adalah Microsoft Word dan Microsoft Excel. Tujuan dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah meningkatkan keterampilan aparat desa dalam pengoperasian computer khususnya Microsoft Office Word dan Microsoft Office Excel. Setidaknya dasar Microsoft word dan Excel seperti penggunaan tools khususnya yang mereka gunakan untuk pembuatan laporan keuangan seperti penggunaan margin, pengaturan teks dalam table, pembuatan format tanggal dan waktu, penggunaan rumus tambah, bagi, kali, kurang serta penyusunan format logika matematika dengan baik dan benar yang dapat diterapkan pada pelaksanaan tugas dan keawajiban selama di kantor desa demi kelancaran pelayanan pada masyarakat. Melalui kegiatan pelatihan MS. Office Word dan Excel mereka dapat mengetahui pentingnya Teknologi Informasi untuk menambah pengetahuan, wawasan, dan dapat menggunakan salah satu aplikasi TI untuk mengembangkan kemampuan administrasi desa.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ikhwani, Y., Budiman, H., & Rasyidan, M. (2015). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word 2013 pada SMP HA Johansyah. A Banjarmasin. JURNAL PENGABDIAN AL-IKHLAS UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARY, 1(1).

Kasemin,K. (2016). Agresi Perkembangan Teknologi Informasi. Pramedia Group. Jakarta.

Niati, A., Soelistiyono, A., & Ariefiantoro, T. (2019). Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Mranggen. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 105-110.

Purwanto, Y., Taufik, M., & Jatnika, A. W. (2017). Peran Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Dakwah Mahasiswa. Jurnal Sosioteknologi, 16(1), 94-109.

Rokhman, M. M., Adi Wibowo, S., Agus Pranoto, Y., & Ardi Widodo, K. (2018). PELATIHAN PEMANFAATAN MICROSOFT OFFICE PADA STAF PENGAJAR DI SMPLBN (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri) KOTA MALANG. Jurnal MNEMONIC, 1(1).

Published
21-11-2019
How to Cite
Irmayani, I., & Sudirman, A. M. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Microsoft Office Pada Aparat Desa di Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 20-27. Retrieved from https://e-journal.my.id/atjpm/article/view/96