Author Guidelines

Abdimas todopuli diterbitkan oleh Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo. 

  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan ketentuan ukuran kertas A4, margin atas 3 cm, bawah 3 cm, kiri 4cm dan kanan 3 cm, jenis font Calibri dengan ukuran yang berbeda setiap bagian, 1.15 (Lihat Template).
  2. Sistematika penulisan naskah pengabdian pada masyarakat adalah sebagai berikut :
    1. Judul Pengabdian
    2. Nama Penulis
    3. Asal Instansi Penulis
    4. Nama dan alamat email korespondensi
    5. Abstrak (Bahasa Indonesia)
    6. Pendahuluan
    7. Metode Pelaksanaan
    8. Hasil dan Pembahasan
    9. Kesimpulan
    10. Referensi
  1. Judul pengabdian ditulis dengan huruf besar di setiap awal kata (Capitalize Each Word), tebal (Bold) ukuran font 16 karakter, format rata tengah (Center). Judul singkat dan jelas. Judul menggambarkan hasil pengabdian bukan hasil penelitian. 
  2. Nama penulis ditulis tanpa gelar, huruf besar di setiap awal kata (Capitalize Each Word), ukuran font 12 karakter, format rata tengah (Center). Jika penulis lebih dari satu orang, maka antara penulis satu dengan penulis selanjutnya diberi tanda koma (,). Penulis pertama diberi nomor 1 (superscript) diakhir nama, penulis kedua diberi nomor 2 (superscript), dan seterusnya.
  3. Nama instansi diketik dibawah nama penulis dengan format rata tengah (Center), ukuran font 12 karakter. Instansi pertama menyesuaikan dengan urutan nama penulis diberi tanda (,), instansi kedua(,), dan seterusnya. 
  4. Nama dan alamat email korespondensi ditulis dibawah nama instansi dengan format tengah (Center), ukuran font 12 karakter,
  5. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia. Format rata kiri kanan (Justify) dengan ukuran font 11 karakter. Memuat teknologi/sains/jasa/kebijakan/pendidikan/sosial/budaya yang akan diterapkan, tujuan pengabdian, metode, dan hasil pelaksanaan kegiatan. Maksimal 250 kata. Disertai dengan minimal 5 kata kunci.
  6. Naskah utama (Pendahuluan, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih) ditulis dengan format rata kiri kanan (Justify) dengan ukuran font 12 karakter. Semua judul naskah utama ditulis tebal (Bold) terkecuali isi naskah. 
  7. Referensi menggunakan gaya American Political Association (APA Style) dari Manedeley (Lihat APA Style). Contoh dapat dilihat pada Template. Wajib ada. Dirujuk dari naskah artikel yang tercantum.                                                           
  • PendahuluanPrinsip utama pengabdian adalah memecahkan masalah. Pendahuluan memuat latar belakang dan urgensi sehingga kegiatan pengabdian penting untuk dilaksanakan, dengan memuat hal-hal sebagai berikut: 
  • (1) Analisis situasi (Uraikan kondisi khalayak sasaran/mitra kegiatan, persoalan mendasar yang dihadapi mitra yang didukung oleh data yang lengkap dan diusahakan data bersifat kuantitatif), (2) Uraikan program kerja yang diabdikan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi khalayak sasaran/mitra. Program pengabdian yang akan dilaksanakan dapat memecahkan masalah khalayak sasaran, (3) Uraikan kehandalan teknologi/jasa/kebijakan yang akan diabdikan ke khalayak sasaran dirujuk dari berbagai hasil penelitian yang bersumber dari jurnal ilmiah, laporan penelitian, laporan disertasi/tesis/skripsi, dan sumber ilmiah lainnya, (4) Tujuan dan manfaat kegiatan.  
  • Metode PelaksanaanMetode Pelaksanaan memuat hal-hal berikut: (1) Tempat dan Waktu (Uraikan lokasi kegiatan dan waktu pelaksanaan. Jika memungkinkan disertai peta atau gambar lokasi lainnya), (2) Khalayak sararan/Mitra Kegiatan (Uraikan siapa dan bagaimana cara menentukannya), (3) Metode Pengabdian (contoh: Uraiakan Persiapan, penyuluhan, pelatihan, pendampingan, demonstrasi, dll), (4) Indikator Keberhasilan (Uraiakan indikator yang akan dicapai dalam kegiatan pengabdian), (5) Metode Evaluasi (Uraikan teknik melakukan evaluasi untuk mengukur ketercapaian indikator keberhasilan)  
  • Hasil Dan PembahasanHasil dan pembahasan harus link dengan metode pelaksanaan terutama link dengan metode pengabdian (contoh: membahas hasil pelaksanaan dan keberhasilan pelatihan, membahas hasil pelaksanaan dan keberhasilan demonstrasi, dll). Harus dibahas pula apakah hasil evaluasi telah memenuhi indicator keberhasilan.
  • KesimpulanKesimpulan harus memuat simpulan dari kegiatan pengabdian sesuai dengan tujuan. Kesimpulan berupa kalimat singkat, padat, dan jelas.