Inovasi Teknologi Digital Untuk Layanan Booking di Puskesmas Nalumsari 1 Berbasis Website

Authors

  • Rendy Afandy Universitas Muria Kudus
  • Wiwit Agus Triyanto Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.7611

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong fasilitas kesehatan primer, termasuk Puskesmas Nalumsari 1, untuk melakukan transformasi layanan guna meningkatkan efisiensi, kecepatan, serta kenyamanan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Sistem pendaftaran manual yang selama ini digunakan kerap menimbulkan permasalahan seperti antrean panjang, waktu tunggu yang lama, dan beban kerja petugas yang tinggi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan sistem booking layanan berbasis website yang mampu mendukung proses pendaftaran pasien secara lebih terstruktur dan efisien. Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan pengguna, perancangan sistem menggunakan pendekatan UML, implementasi aplikasi berbasis web, serta evaluasi melalui uji coba langsung kepada pasien dan petugas Puskesmas. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sistem booking berbasis website dapat mengurangi penumpukan di ruang tunggu, mempercepat proses pendaftaran, serta meningkatkan kualitas pelayanan. Selain itu, sistem ini juga mendukung ketersediaan data kunjungan yang lebih akurat sehingga mempermudah proses evaluasi dan pengambilan keputusan oleh pihak Puskesmas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, D. S., & Muzid, S. (2025). Peningkatan Akurasi Pendistrubusian Obat Melalui Sistem Monitoring Di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. 5(1).

Evykasari, N. P., Darmanto, E., Muzid, S., & Kudus, U. M. (2025). Sistem Informasi Manajemen Persediaan Obat di Apotek Jekulo Menggunakan Metode FEFO dan ROP. 5(2).

Hidayattuloh, D., Teknik, J., Dan, I., & Jakarta, P. N. (2021). RANCANG BANGUN APLIKASI BOOKING SWAB BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL.

Khasanah, L., Muhamad, M. I., Haryanto, Y., & Rahmawati, F. D. (2024). Optimalisasi Implementasi Aplikasi Mobile JKN Fitur Antrian Online di Puskesmas Kesunean. November 2017, 72–80.

Marfuah, I. S., & Susanti, N. (2021). Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Teknik Mesin ( Studi Kasus Universitas Muria Kudus Dengan Notifikasi Whatsapp ). 2(3), 167–179.

Nurmalasari, D., & Nurzikriah. (2021). Implementasi Business Intelligence Dashboard pada Data Pasien Puskesmas Kecamatan Rokan. Jurnal Komputer Terapan, 7(2), 174–183. https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/4986/1728

Prabowo, S. A., & Rizky, M. (2020). IMPLEMENTASI E-HEALTH SEBAGAI ALTERNATIF ANTRIAN ONLINE DI PUSKESMAS KALIRUNGKUT KOTA SURABAYA. 1(2), 66–73.

Purmitasari, J., Suryoputro, A., & Fatmasari, E. Y. (2024). Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Analisis Program Inovasi Pendaftaran Loket Online di Puskesmas Kertosono Kabupaten Nganjuk. 2024(23), 43–48.

Richo Wardana, Sucipto, R. F. (2023). SISTEM LAYANAN ANTRIAN KLINIK KESEHATAN BERBASIS WEB DAN WHATSAPP MENGGUNAKAN METODE FIFO. 6223(2), 22–36.

Sambo, S. W., Damayanti, Y., Nasution, G. S., Alacsel, S., & Jaya, F. (2024). Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Janji Temu dengan Dokter ( E-Doc ) Berbasis Web untuk Mengurangi Waktu Tunggu Pasien di Rumah Sakit Umum Nurul Hasanah. 6, 843–853. https://doi.org/10.37034/infeb.v6i4.1070

Santoso, D., & Hidayat, A. T. (2025). Optimization of Online Queuing System in Posyandu Health Services Using Prototype Method with FIFO Integration Optimalisasi Sistem Antrian Online pada Pelayanan Kesehatan Posyandu Menggunakan Metode Prototype dengan Integrasi FIFO. 5(January), 150–158.

Sheila Nuril Izza, S. M. (2025). Implementasi Sistem Informasi Pengelolaan Inventaris Barang Non Medis pada RS Aisyiyah Kudus. 5(1), 40–51. https://doi.org/10.59395/abdiformatika.v5i1.260

Supriyono, E. M. (2018). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Kas Berbasis Web Studi Kasus : RS dr . Etty Asharto Batu. 10(1), 21–25.

Susilo, H., Abdillah, N., Ihksan, M., & Morika, H. D. (2023). Jurnal Kesehatan Medika Saintika Jurnal Kesehatan Medika Saintika. 14(Juni), 344–352.

Taufan Halim, G. S. D. (2019). Faktor Penentu Kesuksesan Web-Based Appointment System di Rumah Sakit Taufan Halim (1) Gede Sri Darma (2). 16(4), 1–19.

Widjaja, Y. R., Ibliyah, K., Pontoh, S. R., Adhirajasa, U., & Sanjaya, R. (2024). Pembangunan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing Rumah Sakit di Era Digital. 3, 638–646.

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Afandy, R., & Triyanto , W. A. (2025). Inovasi Teknologi Digital Untuk Layanan Booking di Puskesmas Nalumsari 1 Berbasis Website. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 723–733. https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.7611