Transformasi Rantai Nilai dan Penjualan Produk Olahan Sagu di Desa Waelawi Melalui Sistem Promosi dan Penjualan Produk Berbasis Digital

Authors

  • Iriansa Iriansa Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sunarti Cambaba
  • Akramunnisa Akramunnisa
  • Masluki Masluki
  • Andi Jumardi

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.7459

Keywords:

Sagu, Olahan, Promosi, Pemasaran, Digital

Abstract

Produk olahan sagu memiliki potensi ekonomi tinggi bagi masyarakat Desa Waelawi, namun kontribusinya terhadap peningkatan pendapatan masih terbatas akibat rendahnya literasi digital dan belum optimalnya strategi pemasaran. Program Pemberdayaan Berbasis Masyarakat ini bertujuan meningkatkan kapasitas petani sagu dan pelaku UMKM dalam memanfaatkan pemasaran digital melalui pelatihan dan pendampingan terstruktur. Metode pelaksanaan meliputi identifikasi kebutuhan mitra, pelatihan pemasaran digital (media sosial, marketplace, dan website e-commerce), serta pendampingan selama dua hingga tiga bulan untuk memastikan implementasi strategi digital marketing. Pengumpulan data dilakukan melalui pre–post test, wawancara, observasi, dan monitoring berkelanjutan.Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada literasi digital peserta, di mana seluruh 35 peserta mampu membuat akun bisnis, mengunggah produk, dan mempraktikkan promosi digital. Skor pengetahuan terkait media sosial, marketplace, dan website e-commerce meningkat antara 82% hingga 114%. Pada tahap pendampingan, peserta mulai menghasilkan konten promosi, mengunggah produk, dan berinteraksi aktif dengan konsumen. Penerapan digital marketing meningkat tajam, ditunjukkan oleh kenaikan penggunaan media sosial dari 20% menjadi 90%, marketplace dari 0% menjadi 85%, serta adopsi website e-commerce oleh 70% peserta. Dampaknya terlihat pada peningkatan pembeli bulanan sebesar 150%, transaksi online hingga 95 transaksi per bulan, serta peningkatan kepuasan konsumen dari 62% menjadi 88%. Program ini mampu meningkatkan kompetensi pemasaran digital dan daya saing UMKM berbasis sagu. Keberlanjutan program memerlukan pendampingan jangka panjang dan dukungan infrastruktur digital desa agar transformasi pemasaran dapat terus berkembang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, M., & Muin, A. N. (2025). Pengaruh Kreativitas Konten Iklan, Frekuensi dan Jangkauan Iklan, serta Interaktivitas Digital terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Usaha Kecil di Kota Makassar. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(4), 995–1004.

Adrianton, A., Noviyanty, A., Bidin, C. R. K., & Jamaluddin, J. (2025). Pemberdayaan Masyarakat Desa Tosale Melalui Inovasi Teknologi Pengolahan Sagu: Upaya Diversifikasi Pangan dan Kemandirian Pangan Lokal Berkelanjutan: Empowering the Tosale Village Community Through Innovation in Sago Processing Technology: An Effort to Diversify Food and Sustainable Local Food Independence. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 4(2), 352–362.

Aji, P. S., & Mulyo, J. H. (2023). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keberhasilan Adopsi E-Commerce Pada Perum Bulog. JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi informasi), 25(2), 171–186.

Asrah, B., Lubis, H. S., Tarisa, C., & Nurwani, N. (2024). Optimalisasi Strategi Digital Marketing Untuk Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Aras, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 7(2), 215–224.

Izzalqurny, T. R., Sanputra, A. H. D., Sulistyorini, A., & Ferdiansyah, R. A. (2024). Peningkatan Kapasitas UMKM di Desa Pait Kasembon melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(4), 4243–4249.

Nurina, L., Magisa, N. S., Ekobelawati, F., & Iswanto, I. (2024). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Digital. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 107–115.

Puspita, A. D., & Purnomo, H. (2025). Peran Teknologi Digital Dalam Membangun Model Bisnis Berkelanjutan Pada Umkm Di Era Industri 4.0. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 645–652.

Sasongko, A. I., Widjaja, G. C., Theodore, J., Afriliana, N., Matsuo, T., & Gaol, F. L. (2019). The effect of digital marketing on micro, small and medium enterprise in Indonesia. International Conference on Applied Informatics and Media Design (pp. 147–156). Springer.

Syartiwidya, S. (2023). Potensi Sagu (Metroxylon Sp.) dalam Mendukung Ketahanan Pangan di Provinsi Riau. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 9(1), 77–84.

Vitalocca, D., Abdal, N. M., Suwahyu, I., Rasjid, A. R., & Sidin, U. S. (2024). Pelatihan Peningkatan Literasi Digital untuk Kemajuan Masyarakat Lokal di Gowa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 231–236.

Wibowo, S. N., Wulandari, R., & Suwarsono, H. (2025). Revolusi Pemasaran Digital UMKM Menuju Sandart Global Dari Desa Cipinang. Jurnal Karinov, 8(2), 10–18.

Yunitasari, Y., Nenobais, H., & Marwan, J. (2025). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Media dan Teknologi untuk Pasar Internasional dan Ekonomi Indonesia. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 174–182.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Iriansa, I., Cambaba, S., Akramunnisa, A., Masluki, M., & Andi Jumardi. (2025). Transformasi Rantai Nilai dan Penjualan Produk Olahan Sagu di Desa Waelawi Melalui Sistem Promosi dan Penjualan Produk Berbasis Digital. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 691–699. https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.7459

Most read articles by the same author(s)