Peningkatan Pembelajaran Daring Guru TKIT AL Azizi Melalui Pelatihan Learning Management System Interaktif

Pelatihan Learning Management System Interaktif

Authors

  • Alvian Tri Putra Darti Akhsa Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Khaera Tunnisa Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Rosmiati Rosmiati Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Mar'atuttahirah Mar'atuttahirah Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Rakhmadi Rahman Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Abdullah B Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Amaliah Chintami Darti Akhsa Universitas Islam Makassar
  • Siti Hajar Baharuddin Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.7382

Keywords:

Pembelajaran daring, LMS, pelatihan guru, TKIT Al Azizi, e-learning

Abstract

Pembelajaran daring menjadi kebutuhan penting dalam menunjang proses pendidikan, terutama pada situasi yang mengharuskan interaksi jarak jauh. Namun, di TKIT Al Azizi Parepare, proses pembelajaran daring masih terbatas karena belum adanya platform terpusat untuk mengelola materi ajar dan tugas siswa. Guru masih mengandalkan aplikasi WhatsApp untuk komunikasi dan pengumpulan tugas, yang menyebabkan dokumentasi tidak terstruktur dan kurangnya efektivitas pemantauan perkembangan siswa. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan Learning Management System (LMS) melalui pelatihan pembelajaran interaktif. Metode pelaksanaan mencakup observasi, koordinasi dengan mitra, pengembangan LMS berbasis web, penyusunan modul pelatihan, dan pelaksanaan pelatihan disertai pretest dan posttest. Peserta pelatihan adalah 15 guru TKIT Al Azizi Parepare. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman penggunaan LMS, dari 20% peserta yang familiar sebelum pelatihan menjadi 86,67% setelah pelatihan. Ketertarikan guru untuk menggunakan LMS juga meningkat dari 66,67% menjadi 93,34%. Pelatihan ini berhasil meningkatkan kesiapan guru dalam mengadopsi pembelajaran daring yang lebih interaktif, terstruktur, dan terdokumentasi dengan baik, sehingga mendukung transformasi digital di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

El, Qona, M. Kom, Adi Muhamad Muhsidi, and M. Kom. 2025. “Pelatihan Google Workspace for Education Kepada Guru Di PAUD KOBER Mekar Asih Dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Guru.” 3(3):263–71.

Hidayat, Nurul, Lasmedi Afuan, and Nur Chasanah. 2021. “Sosialisasi Learning Management System ( LMS ) Untuk Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri ( SMKN ) 2 Purwokerto.” 1(6):277–83.

Ika, Nur, Sari Rakhmawati, Sjafiatul Mardliyah, Ruqoyyah Fitri, and Kisyani Laksono. 2022. “Pengembangan Learning Management System ( LMS ) Di Era Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” 6(1):107–18. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.991.

Ikhwani, Yusri, Silvia Ratna, Fathur Rahman, and M. Rasyidan. 2021. “Pelatihan Elearning Dan Konten Pembelajaran Digital Untuk Guru Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Anak Sholeh Mandiri Banjarmasin.” Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas 7(2):235–40. doi: 10.31602/jpaiuniska.v7i2.6223.

Khaera Tunnisa, Rakhmadi Rahman, Alvian Tri Putra, Mar’atuttahirah, Rosmiati, Lukman Hakim, Januar Fahrisal, and Akmal Baharuddin Syam. 2024. “Microsoft Project Application in Optimizing Activities for Compiling Activity Programs at the Lapadde Village Office.” ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 7(1):52–57. doi: 10.35568/abdimas.v7i1.4173.

Pendidikan, Jurnal, Fifin Arifiani Agustiany, Hilmi Aulia Istiqomah, Ricky Yoseptry, and Dini Indiriani. 2025. “Manajemen Digital Sekolah Berbasis Google Workspace Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Dan Inovasi Pembelajaran ( Studi Kasus Smp 57 Bandung ).” 13(1):200–212.

Rahman, Rakhmadi, Khaera Tunnisa, and Alvian Tri Putra. 2023. “Desain Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Class Point Ai Di Uptd Sd 62 Parepare.” Communnity Development Journal 4(6):11492–96.

Ramadhani, Zahra, Permata Puteri, Azzahra Auliya Rahmah, Riri Safitri, Ade Jamal, Fakultas Sains, Universitas Al, Azhar Indonesia, Jalan Sisingamangaraja, Kompleks Masjid, Agung Al, Kebayoran Baru, and Jakarta Selatan. 2024. “Pemanfaatan Learning Management System ( LMS ) Sebagai Media Informasi Dan Pengajaran Berbasis Computational Thinking Di Yayasan Jami ’ Yyatul Mubtadi Cibayawak Banten.” (November):20–21.

Suhada, Sitti, Lanto Ningrayati Amali, Muh. Rifai Katili, Mohammad Farhan Mongilong, Ridha Alvariza Anwar, Robin Y. Hamlina, Sela Febrianti Wibowo, and Randi Sudirman. 2023. “Pelatihan E-Learning Menggunakan LMS Google Classroom Bagi Guru SMAN 1 Bolangitang.” Empiris Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1(1):09–14. doi: 10.59713/ejppm.v1i1.661.

Syifqi, Achmad. 2023. “Analisis Pemanfaatan LMS ( Learning Management System ) Pada UPBJJ-UT Jambi.” 8(4).

Tri, Alvian, Putra Da, Khaera Rosmiati, Rakhmadi Tunnisa, Noel Ivander Rahman, Danang Fatkhur Pusung, Nur Razak, Hakim Fadillah, Siti Nurhalizah, Syafira Fatwa, and Alya Wulan Apriliyani. 2023. “Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya Utilization of Google Workspace as a Productivity and Collaborative Tool in Supporting Active, Innovative, and Creative Learning at SMAN 3 Parepare.” Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya 6(2).

Downloads

Published

2025-11-17

How to Cite

Darti Akhsa, A. T. P., Tunnisa, K., Rosmiati, R., Mar'atuttahirah, M., Rahman, R., Abdullah B, … Baharuddin, S. H. (2025). Peningkatan Pembelajaran Daring Guru TKIT AL Azizi Melalui Pelatihan Learning Management System Interaktif: Pelatihan Learning Management System Interaktif. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 415–425. https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.7382