Blue Energy for a Green Future: Eksplorasi Energi Terbarukan Laut untuk Mendukung SDGs melalui Proyek Kolaborasi Maritim di SMAN 6 Tanjungpinang

Authors

  • Rita Fitriani Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • diossarkity Universitas Maritim Raja Ali Haji https://orcid.org/0000-0003-0458-603X
  • Bavitra Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nextto Krisman Waruwu Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Selsah Syabillah Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.7080

Keywords:

blue energy, energi terbarukan, literasi energi, siswa pesisir, SDGs

Abstract

Keterbatasan literasi energi di kalangan siswa pesisir menjadi tantangan dalam mendukung transisi menuju energi bersih dan berkelanjutan. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di SMAN 6 Tanjungpinang dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa mengenai blue energy melalui sosialisasi dan praktik eksperimen. Kegiatan dilakukan selama dua hari dengan pendekatan edukatif-partisipatif yang melibatkan 30 siswa kelas XI. Hari pertama difokuskan pada penyampaian materi tentang potensi energi laut dan kaitannya dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Hari kedua dilaksanakan praktik eksperimen menggunakan miniatur PLTS terapung untuk mengamati konversi energi surya menjadi listrik. Hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan rata-rata pengetahuan siswa dari 60,53 menjadi 73,87 dengan N-Gain 0,19 (kategori rendah) karena skor awal sudah relatif tinggi. Aspek sikap juga meningkat dari 79,9 menjadi 84,2 dengan N-Gain 0,21. Observasi menunjukkan seluruh siswa antusias dan berhasil merangkai serta menyalakan lampu pada eksperimen, menegaskan keterampilan praktis mereka berkembang. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil memperkuat literasi energi, menumbuhkan kesadaran lingkungan, dan mendukung pencapaian SDG 7 (Energi Bersih), SDG 13 (Aksi Iklim), dan SDG 14 (Ekosistem Laut).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, A. C. (2023, December 4). Gelar Oceanovation, Kementerian ESDM Dukung Inovasi Potensi Energi Wilayah Laut. Https://Www.Esdm.Go.Id/Id/Media-Center/Arsip-Berita/Gelar-Oceanovation-Kementerian-Esdm-Dukung-Inovasi-Potensi-Energi-Wilayah-Laut.

Aprizal, A., Wiranatakusuma, D. B., & Razak, D. A. (2025). The Nexus Between Blue Economy and Sustainable Development: A Systematic Literature Review and Mapping Study. Journal of Economics Research and Social Sciences, 9(1), 47–64. https://doi.org/10.18196/jerss.v9i1.25954

Asikin, N., Suwono, H., Sumitro, S. B., & Dharmawan, A. (2025). Teaching ocean literacy in science education: a systematic review. Environmental Education Research, 1–26. https://doi.org/10.1080/13504622.2025.2490227

Bapennas. (2025, August 6). Bappenas Launches Blue Food Assessment and Blue Economy Index Documents to Strengthen Blue Economy. Https://Bappenas.Go.Id/Index.Php/En/Berita/Perkuat-Komitmen-Ekonomi-Biru-Bappenas-Luncurkan-Dokumen-Blue-Food-Assessment-Dan-Blue-Economy-Index-5QCK3.

Costa, R. L., & Faria, C. (2025). The Blue School Program: A Model for Holistic Ocean Literacy Education. Sustainability (Switzerland), 17(2). https://doi.org/10.3390/su17020661

Dupuis, J., & Jacobs, D. (2021). Making Environmental Education Accessible for All Students: Inclusion of students with emotional and behavioral disabilities. Journal of Science Education for Students with Disabilities, 24(1), 1–18. https://doi.org/10.14448/jsesd.13.0004

European Commission. (2014). COMMUNICATION FROM THE COMMISSION TO THE EUROPEAN PARLIAMENT, THE COUNCIL, THE EUROPEAN ECONOMIC AND SOCIAL COMMITTEE AND THE COMMITTEE OF THE REGIONS.

Fatchurrohman, & Wagiman. (2024). DOKTRIN IMUNITAS KEDAULATAN PADA BANGKAI KAPAL PERANG DI PERAIRAN INDONESIA MENURUT UNCLOS 1982 THE DOCTRINE OF SOVEREIGN IMMUNITY ON WARSHIP WRECKS IN INDONESIAN WATERS ACCORDING TO UNCLOS 1982. JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES, 2(3), 1295–1319.

Fikar, Z., Setiawan, W., & Saputra, B. A. (2025). Pengenalan Manfaat Energi Terbarukan Untuk Memenuhi Kebutuhan Energi Masyarkat Indonesia di SMAN 1 Palibelo. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 29–34.

Gumelar, B. W., Widiastuti, I., & Wijayanto, D. S. (2019). PEMBELAJARAN ENERGI TERBARUKAN UNTUK SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI KABUPATAN KLATEN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 11(1), 16. https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i1.18504

Hu, J. L., & Yang, P. S. (2024). Interactive Cycles between Energy Education and Energy Preferences: A Literature Review on Empirical Evidence. In Energies (Vol. 17, Issue 20). Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI). https://doi.org/10.3390/en17205092

IRENA. (2023). Scaling up investments in ocean energy technologies. IRENA. www.irena.org

localisesdgs. (2025). Sustainable Development Goals. Https://Localisesdgs-Indonesia.Org/17-Sdgs.

Masithoh, N. D., & Jauhariyah, M. N. R. (2024). Analisis profil kompetensi literasi sains peserta didik yang diukur menggunakan instrumen berbasis kelas pada materi energi terbarukan. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 13(3), 184–190.

Mollet, J. A., Titalessy, P. B., & Zulhendri, Z. (2024). The Blue Economy Approach and Development of Marine Fisheries Potential in the Coastal Region of Jayapura City. Society, 12(2), 835–858. https://doi.org/10.33019/society.v12i2.745

Nurhilal, O., Risdiana, R., Hidayat, S., & Setianto, S. (2025). PENGENALAN TEKNOLOGI ENERGI TERBARUKAN KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH SATAQU. Dharma Saintika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 20–24.

Riansyah, E., & Taufani, P. I. (2022). PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ARUS LAUT (PLTAL) MENGGUNAKAN TURBIN SUMBU VERTIKAL TIPE DARRIEUS.

Sabrina, O., & Putra, R. A. (2025). Navigating the Blue Economy: Indonesia’s Regional Efforts in ASEAN to Support Sustainable Practices in Fisheries Sector. Sustainability, 17(15), 6906. https://doi.org/10.3390/su17156906

Satriawan, M., & Rosmiati, R. (2022). Simple Floating Ocean Wave Energy Converter: Developing Teaching Media to Communicating Alternative Energy. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 12(1), 1–13. https://doi.org/10.26740/jpps.v12n1.p1-13

Suryansyah, Y. (2013). Potensi Energi Arus Laut untuk Pembangkit Tenaga Listrik di Pulau-pulau Kecil (Studi: Pulau Mantang di Bintan, Pulau Abang di Batam, dan Pulau Sugi di Karimun, Propinsi Kepulauan Riau). Jurnal Kelautan Nasional, 8(1), 27–34.

UNESCO. (2025a). Blue Curriculum. Https://Oceanliteracy.Unesco.Org/Projects/Blue-Curriculum.

UNESCO. (2025b, April 10). Brazil becomes the first country in the world to develop a national school curriculum on Ocean Literacy with UNESCO’s support. Https://Www.Unesco.Org/En/Articles/Brazil-Becomes-First-Country-World-Develop-National-School-Curriculum-Ocean-Literacy-Unescos-Support.

United Nations. (2021). The Sustainable Development Goals Report.

Wuwung, L., McIlgorm, A., & Voyer, M. (2024). Sustainable ocean development policies in Indonesia: paving the pathways towards a maritime destiny. In Frontiers in Marine Science (Vol. 11). Frontiers Media SA. https://doi.org/10.3389/fmars.2024.1401332

Yusuf, M., Huda, M., Kurniawan, Muh. F. A. K., & Suharyanto. (2024). MENGELOLA LAUT. In Bijak Mengelola Laut untuk Ekonomi Biru | Oktober. www.kkp.go.id

Downloads

Published

2025-10-24

How to Cite

Fitriani, R., Sarkity, D., Bavitra, Krisman Waruwu, N., & Syabillah, S. (2025). Blue Energy for a Green Future: Eksplorasi Energi Terbarukan Laut untuk Mendukung SDGs melalui Proyek Kolaborasi Maritim di SMAN 6 Tanjungpinang. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 287–300. https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.7080