Menumbuhkan Kesadaran Gender Sejak Dini pada Orang Tua di PAUD Insan Unggul Pulo Panjang

Authors

  • Ratu Yustika Rini Universitas Bina Bangsa
  • Muslihatundiniyah Muslihatundiniyah Universitas Bina Bangsa
  • Nauval Aqil Universitas Bina Bangsa
  • Amanda Putri Dwi Savira Universitas Bina Bangsa
  • Salma Octaviani Universitas Bina Bangsa
  • Falihatul Millah Universitas Bina Bangsa
  • Silviyana Muntaha Universitas Bina Bangsa
  • Arif Fikri Maulana Universitas Bina Bangsa
  • Awaludin Isma Azaima Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6917

Keywords:

community service, gender construction, early childhood parenting

Abstract

Konstruksi gender dalam praktik pengasuhan anak usia dini seringkali mencerminkan bias implisit yang dapat memengaruhi perkembangan identitas anak. Pemahaman orang tua yang terbatas tentang kesetaraan gender menyoroti perlunya intervensi pendidikan melalui program pengabdian masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk seminar satu hari di PAUD Insan Unggul Pulo Panjang, yang melibatkan guru dan orang tua. Tujuannya adalah untuk memberikan kesadaran kritis tentang bias gender dalam pengasuhan dan mendorong terciptanya praktik pengasuhan yang lebih setara. Metode yang digunakan terdiri dari ceramah, studi kasus, dan refleksi kolektif, menggunakan analisis kualitatif melalui observasi partisipatif dan diskusi, alih-alih instrumen pretes-postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta mampu mengidentifikasi bias gender dalam pengasuhan mereka, mengenali dampak negatifnya terhadap perkembangan anak, dan merumuskan strategi praktis untuk memperlakukan anak secara setara. Refleksi kritis orang tua menegaskan bahwa kesadaran akan bias gender dapat mendorong perubahan transformatif menuju pengasuhan yang lebih adil. Kegiatan ini telah terbukti bermanfaat dalam memperkuat literasi gender dalam keluarga dan sekolah, sehingga mendukung promosi kesetaraan sejak usia dini.

Kata kunci: Pengabdian masyarakat, konstruksi gender, pengasuhan anak usia dini, kesetaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2024). Indeks ketimpangan gender (IKG) Indonesia tahun 2024. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Berk, L. E. (2013). Child development (9th ed.). Boston, MA: Pearson Education.

Eagly, A. H., & Wood, W. (2012). Social role theory. In P. A. M. Van Lange, A. W.Kruglanski, & E. T. Higgins (Eds.), Handbook of theories of social psychology (Vol. 2,pp. 458–476). Thousand Oaks, CA: Sage.

Fakih, M. (2016). Analisis gender dan transformasi sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

GoodStats. (2024). Indeks ketimpangan gender Indonesia 2024. Jakarta: GoodStats Data.

Hidayati, N., & Marlina, E. (2020). Peran orang tua dalam menanamkan kesadaran gender sejak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 112125.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2005). Participatory action research: Communicative action and the public sphere. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), The Sage handbook of qualitative research (3rd ed., pp. 559–603) Thousand Oaks, CA: Sage.

Kursif (2023) Laporan penelitian: Analisis bias gender dalam akses pendidikan di Indonesia. Surakarta, Indonesia

Mezirow, J. (2000). Learning as transformation: Critical perspectives on a theory in progress. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Mosse, J. C. (2007). Gender and development. London: Routledge.

Nugroho, R. (2019). Gender dan strategi pengarusutamaan di Indonesia. Jakarta:Pustaka LP3ES.

Nussbaum, M. C. (2011). Creating capabilities: The human development approach. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Oakley, A. (1972). Sex, gender and society. London: Temple Smith.

Rahayu, S. (2021). Penyuluhan kesetaraan gender pada orang tua di Yogyakarta:Upaya meningkatkan pembagian peran domestik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rini, R. Y. (2022). Konstruksi gender pada anak usia dini: Pola asuh, interaksi sosial, dan praktik pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 145156.

Santrock, J. W. (2018). Life-span development (17th ed.). New York: McGraw Hill.

Sultana, A. (2010). Patriarchy and women’s subordination: A theoretical analysis. Arts Faculty Journal, 4, 1–18. https://doi.org/10.3329/afj.v4i0.12929

Suryadi, A., & Fitriani, R. (2021). Pendidikan kesetaraan gender di keluarga dan sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(3), 455–468.

UN Women. (2020). Gender mainstreaming: Resource guide for promoting equality. New York: United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women.

UNESCO. (2019). Global education monitoring report 2019: Gender report Building bridges for gender equality. Paris: UNESCO.

UNICEF. (2021). The state of the world’s children 2021: On my mind-Promoting, protecting and caring for children’s mental health. New York: UNICEF

UNICEF. (2023). Child marriage: Latest trends and future prospects. New York: UNICEF.

Downloads

Published

2025-09-06

How to Cite

Yustika Rini, R., Muslihatundiniyah, M., Aqil, N., Savira, A. P. D., Octaviani, S., Millah, F., … Azaima, A. I. (2025). Menumbuhkan Kesadaran Gender Sejak Dini pada Orang Tua di PAUD Insan Unggul Pulo Panjang . Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 189–199. https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6917