Menumbuhkan Kesadaran Gender Sejak Dini pada Orang Tua di PAUD Insan Unggul Pulo Panjang
DOI:
https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6917Keywords:
community service, gender construction, early childhood parentingAbstract
Konstruksi gender dalam praktik pengasuhan anak usia dini seringkali mencerminkan bias implisit yang dapat memengaruhi perkembangan identitas anak. Pemahaman orang tua yang terbatas tentang kesetaraan gender menyoroti perlunya intervensi pendidikan melalui program pengabdian masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk seminar satu hari di PAUD Insan Unggul Pulo Panjang, yang melibatkan guru dan orang tua. Tujuannya adalah untuk memberikan kesadaran kritis tentang bias gender dalam pengasuhan dan mendorong terciptanya praktik pengasuhan yang lebih setara. Metode yang digunakan terdiri dari ceramah, studi kasus, dan refleksi kolektif, menggunakan analisis kualitatif melalui observasi partisipatif dan diskusi, alih-alih instrumen pretes-postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta mampu mengidentifikasi bias gender dalam pengasuhan mereka, mengenali dampak negatifnya terhadap perkembangan anak, dan merumuskan strategi praktis untuk memperlakukan anak secara setara. Refleksi kritis orang tua menegaskan bahwa kesadaran akan bias gender dapat mendorong perubahan transformatif menuju pengasuhan yang lebih adil. Kegiatan ini telah terbukti bermanfaat dalam memperkuat literasi gender dalam keluarga dan sekolah, sehingga mendukung promosi kesetaraan sejak usia dini.
Kata kunci: Pengabdian masyarakat, konstruksi gender, pengasuhan anak usia dini, kesetaraan.
Downloads
References
Badan Pusat Statistik. (2024). Indeks ketimpangan gender (IKG) Indonesia tahun 2024. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Berk, L. E. (2013). Child development (9th ed.). Boston, MA: Pearson Education.
Eagly, A. H., & Wood, W. (2012). Social role theory. In P. A. M. Van Lange, A. W.Kruglanski, & E. T. Higgins (Eds.), Handbook of theories of social psychology (Vol. 2,pp. 458–476). Thousand Oaks, CA: Sage.
Fakih, M. (2016). Analisis gender dan transformasi sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
GoodStats. (2024). Indeks ketimpangan gender Indonesia 2024. Jakarta: GoodStats Data.
Hidayati, N., & Marlina, E. (2020). Peran orang tua dalam menanamkan kesadaran gender sejak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 112125.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (2005). Participatory action research: Communicative action and the public sphere. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), The Sage handbook of qualitative research (3rd ed., pp. 559–603) Thousand Oaks, CA: Sage.
Kursif (2023) Laporan penelitian: Analisis bias gender dalam akses pendidikan di Indonesia. Surakarta, Indonesia
Mezirow, J. (2000). Learning as transformation: Critical perspectives on a theory in progress. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Mosse, J. C. (2007). Gender and development. London: Routledge.
Nugroho, R. (2019). Gender dan strategi pengarusutamaan di Indonesia. Jakarta:Pustaka LP3ES.
Nussbaum, M. C. (2011). Creating capabilities: The human development approach. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Oakley, A. (1972). Sex, gender and society. London: Temple Smith.
Rahayu, S. (2021). Penyuluhan kesetaraan gender pada orang tua di Yogyakarta:Upaya meningkatkan pembagian peran domestik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rini, R. Y. (2022). Konstruksi gender pada anak usia dini: Pola asuh, interaksi sosial, dan praktik pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 145156.
Santrock, J. W. (2018). Life-span development (17th ed.). New York: McGraw Hill.
Sultana, A. (2010). Patriarchy and women’s subordination: A theoretical analysis. Arts Faculty Journal, 4, 1–18. https://doi.org/10.3329/afj.v4i0.12929
Suryadi, A., & Fitriani, R. (2021). Pendidikan kesetaraan gender di keluarga dan sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(3), 455–468.
UN Women. (2020). Gender mainstreaming: Resource guide for promoting equality. New York: United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women.
UNESCO. (2019). Global education monitoring report 2019: Gender report Building bridges for gender equality. Paris: UNESCO.
UNICEF. (2021). The state of the world’s children 2021: On my mind-Promoting, protecting and caring for children’s mental health. New York: UNICEF
UNICEF. (2023). Child marriage: Latest trends and future prospects. New York: UNICEF.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ratu Yustika Rini, Muslihatundiniyah Muslihatundiniyah, Nauval Aqil, Amanda Putri Dwi Savira, Salma Octaviani, Falihatul Millah, Silviyana Muntaha, Arif Fikri Maulana, Awaludin Isma Azaima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.