Edukasi Self Efficacy Dan Peningkatan Kualitas Diri Pada Siswa Mts Al-Ittihaad Desa Pulo Panjang Kabupaten Serang Kecamatan Pulo Ampel Provinsi Banten
DOI:
https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6914Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pentingnya efikasi diri dan peningkatan kualitas pribadi kepada siswa MTs Al-Ittihaad, Desa Pulo Panjang. Remaja pada jenjang sekolah menengah pertama berada pada fase penting dalam perkembangan identitas dan pembentukan kepercayaan diri. Kurangnya kesadaran diri serta keyakinan terhadap potensi diri dapat menyebabkan rendahnya motivasi belajar dan keterampilan pengambilan keputusan yang buruk. Program ini dilaksanakan melalui pendekatan edukatif dan partisipatif, termasuk penyuluhan motivasi, diskusi kelompok, serta simulasi reflektif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang efikasi diri serta kesadaran akan pentingnya pengembangan diri. Siswa menjadi lebih percaya diri, aktif dalam diskusi, dan mampu mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan mereka. Pihak sekolah memberikan tanggapan positif dan menyampaikan harapan agar program serupa dapat terus berlanjut di masa mendatang. Dengan demikian, pendidikan mengenai efikasi diri terbukti menjadi strategi awal yang efektif dalam memperkuat karakter siswa dan meningkatkan kualitas pribadi remaja.
Downloads
References
Adhisa Qonita, Rahmadianty Gazadinda, & Deasyanti. (2023). “Self-Care, Self-Love”: Upaya Peningkatan Kualitas Diri RemajaSMP Brighton melalui Perawatan Diri. http://smpbrightonjhs.mysch.id/
Anggreni, N. M. S., & Immanuel, A. S. (2020). Model School Well-Being Sebagai Tatanan Sekolah Sejahtera Bagi Siswa. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3). https://doi.org/10.24014/pib.v1i3.9848
Bandura, A., Freeman, W. H., & Lightsey, R. (1999). Self-Efficacy: The Exercise of Control. Journal of Cognitive Psychotherapy, 13(2). https://doi.org/10.1891/0889-8391.13.2.158
Dwi Reza Syahril, & Yulia Fitriani. (2025). SELF EFFICACYSEBAGAI PREDIKTOR SCHOOL WELL-BEINGSISWA SMP ISLAM DI KOTA BEKASI. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL), 5, 229–235. https://doi.org/10.30762/happiness.v3i1.350
Florensa, F., Keliat, B. A., & Wardani, I. Y. (2016). Peningkatan Efikasi Diri dan Penurunan Depresi pada Remaja dengan Cognitive Behavior Therapy. Jurnal Keperawatan Indonesia, 19(3). https://doi.org/10.7454/jki.v19i3.474
Harlia Putri, T., Nurul Yanti Rizki Syahab Asseggaf, S., Fatriona, E., Priyono, D., Studi Keperawatan, P., Kedokteran, F., Tanjungpura, U., Jl Profesor Dokter H Hadari Nawawi, J. H., Laut, B., Barat, K., Keperawatan, D., Psikologi dan Kesehatan, F., Negeri Padang, U., Hamka, J., Tawar Padang, A., Barat, S., Keperawatan Bina Insani Sakti, A., & Tj Sari, J. (2024). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DALAM PERKEMBANGAN EFIKASI DIRI PADA REMAJA DI INDONESIA: KAJIAN LITERATUR. In JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia (Vol. 12).
Meng, Q., & Zhang, Q. (2023). The Influence of Academic Self-Efficacy on University Students’ Academic Performance: The Mediating Effect of Academic Engagement. Sustainability (Switzerland), 15(7). https://doi.org/10.3390/su15075767
Putri, I. S. R., & Tantiani, F. F. (2021). Peran Self-Efficacy pada Remaja dalam Menghadapi Stress Sekolah. Jurnal Sains Psikologi, 10(1). https://doi.org/10.17977/um023v10i12021p1-8
Rahayu, F. (2019). EFEKTIVITAS SELF EFFICACY DALAM MENGOPTIMALKAN KECERDASAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.33369/consilia.2.2.121-131
Wahyuni. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Diri pada Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Perkembangan Karakter, 6(1), 5–52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ade Rahayu, Hernawati, Hernawati Hernawati, Farhan Tamam, Gisella Aisyah, Linda Aulia, , Galih Rizki Alparizi, Dinda Arumsari, Muhammad Jubran Febriyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.