Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Melalui Platform Assemblr Edu Untuk Komunitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia Kabupaten Takalar

Authors

  • Eda Lolo Allo Universitas Negeri Makassar
  • Elfira Jumrah Universitas Negeri Makassar
  • Hastuti Agussalim
  • Nur Afni Universitas Negeri Makassar
  • Secilia Elsye Dea Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6889

Abstract

Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru Kimia MGMP Kabupaten Takalar dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan platform Assemblr Edu. Pelatihan diikuti oleh 19 guru dan dilaksanakan melalui pendekatan pemberian materi konseptual, booklet panduan, praktik langsung, serta pendampingan teknis. Sebelum pelatihan, sebagian besar peserta belum memiliki pengalaman menggunakan Assemblr Edu dan masih terbatas dalam pemahaman konsep AR. Namun setelah pelatihan, seluruh peserta mampu membuat media pembelajaran AR bertema Kimia seperti model alat destilasi dan struktur atom 3D. Hal ini terlihat dari hasil angket sebelum dan sesudah pelaksanaan pelatihan yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta kategori sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,59. Faktor pendukung keberhasilan kegiatan meliputi antusiasme peserta, dukungan MGMP, infrastruktur memadai, dan platform yang user-friendly. Namun, kegiatan ini juga menghadapi kendala seperti keterbatasan perangkat peserta dan waktu pelatihan yang terbatas. Secara keseluruhan, pelatihan ini berdampak positif terhadap peningkatan literasi teknologi guru serta mendorong transformasi pembelajaran Kimia yang lebih inovatif dan interaktif. Untuk keberlanjutan, disarankan adanya pelatihan lanjutan, pembentukan komunitas praktik guru, serta evaluasi dampak jangka panjang terhadap proses dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Pelatihan, Media Pembelajaran, Assemblr Edu, MGMP

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Sokib, F. N. Q. A. (2024). Peran Vital Pendidikan Anak dan Dukungan Komunitas dalam Membangun Masa Depan Desa Karanganom. Jurnal Pelayanan Masyarakat, 1(3), 138–145.

Alan Setyo Bawono, G. M. C. P. (2023). Pengembangan augmented reality berbasis assemblr edu pada muatan pelajaran ips kelas v sd. Elementary School Teacher Journal, 6(1), 47–55.

Erfan, M., Istiningsih, S., Dewi, N. K., Darmiany, D., & Karma, I. N. (2024). Pelatihan Penggunaan Platform Assemblr Edu Bagi Guru Dan Peserta Didik Di Sdn 7 Mataram. Jurnal Warta Desa (JWD), 6(1), 38–44. https://doi.org/10.29303/jwd.v6i1.294

Faiza Rini, Thomson Mary, Ade Pratama, Mourend Devegi, Rahayu Trisetyowati Untari, A. Y. P. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Assemblr Edu (AR) Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Bagi Guru SMK. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 36–40. https://gudangjurnal.com/index.php/gjpm/article/view/283%0Ahttps://gudangjurnal.com/index.php/gjpm/article/download/283/277

Gustati, Fera Sriyunianti, Ferdawati, D. M. R. (2025). N-Gain Sebagai Alat Ukur Pemahaman Mahasiswa Pada Akuntansi Keuangan Lanjutan 1. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 27(1), 11–24.

Indah Lestari, M.Phil, Devi, Elsa Yanuar, Abdul Khavi Zaelani, A. N. S. (2022). Peran Inovasi Pendidikan dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 222–231.

Nurhasana, P. D., Aryaningrum, K., Kuswidyanarko, A., Fakhurdin, A., Pratama, A., Riyanti, H., Selegi, S. F., Anggraini, D., & Kalsum, U. (2022). Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Melalui Aplikasi Assemblr Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar [Training on Learning Media Innovation Based on Augmented Reality (Ar) Through the Assemblr Application for Study Pr. Jurnal Sinergitas PKM & CSR, 6(1), 1. https://doi.org/10.19166/jspc.v6i1.4957

Nuridayanti, Muryaningsih, S., Badriyah, Markiano Solissa, E., & Mere, K. (2023). Peran Teknologi Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal On Teacher Education, 5(1), 88–93.

Saputra, E., Wulan, R., & Ali, N. (2023). Impelemtasi Kurikulum Merdeka Dengan Memanfaatkan Perangkat Digital di SDIT Al Barkah Bekasi. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(6), 667. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i6.20616

Tanjung, N. A. (2023). Peran Inovasi Pada Pembelajaran Berbasis Teknologi. Seminar Nasional Unigha, 361–365. http://dx.doi.org/10.31237/osf.io/e2cfn

Downloads

Published

2025-09-01

How to Cite

Allo, E. L., Jumrah, E., Agussalim, H., Afni, N., & Elsye Dea, S. (2025). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Melalui Platform Assemblr Edu Untuk Komunitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia Kabupaten Takalar . Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 156–167. https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6889