Pengabdian Kepada Masyarakat: Pelatihan Teknik Batik Ikat Celup (Tie Dye Technique) di SMA Negeri 7 Luwu Utara

Authors

  • Sulaiman Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Marlina Bakri Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Zulham Universitas Cokroaminoto Palopo
  • andi kilawati Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Erni Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6879

Abstract

Teknik Batik Ikat Celup ini merupakan sebagian dari teknik dalam pembuatan batik. Teknik ikat ini yang paling mudah dilakukan dan dikembangkan, walau teknik ini mudah dan bisa dikembangkan belum banyak masyarakat ataupun pengrajin batik yang banyak melakukannya dan mengetahuinya. Selama ini kegiatan siswa/i secara rutin mengadakan aktifitas dengan diisi keterampilan dan penambahan pengetahuan yang bisa menunjang kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pemberian pelatihan teknik ikat celup merupakan salah satu sarana keahlian yang bisa diberikan supaya siswa/i bisa menggali salah satu khasanah teknik batik di Nusantara. Kegiatan pembuatan motif batik dengan teknik ikat diikuti oleh 50 siswa/i kelas XII di SMAN 7 Luwu Utara menghasilkan motif batik dari Teknik ikat celup.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Marlina Bakri, Universitas Cokroaminoto Palopo

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Cokroaminoto Palopo

Zulham, Universitas Cokroaminoto Palopo

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Cokroaminoto Palopo

andi kilawati, Universitas Cokroaminoto Palopo

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Cokroaminoto Palopo

Erni, Universitas Cokroaminoto Palopo

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Cokroaminoto Palopo

References

Amanullah, dkk. (2020). Peningkatan Keterampilan menggambar Ilustrasi Melalui Pembelaja

ran Kontekstual pada Kelas V SDN II Balepanjang Jatipurno. Al Hikmah: Jurnal of Edu

casion, 1(2), 125-140. https://doi.org/10.54168/ahje.v1i2-13

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam

Kegiatan Belajar Mengajar. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37-50 https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Dharsono, S.K. (2007). Kritik seni. Bandung: Rekayasa Sain.

Hadjar, dkk. (2022). Pendidikan Seni Sekolah dasar. Tengerang Selatan: Univ Terbuka.

Rahmi, Sulaiman. (2024). Meningkatkan Kreatifitas Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontek

tual pada Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas V SDN 236 Beringin Keb

upaten Luwu Utara. Jurnal Dieksis ID “Bahasa, Sastra, Budaya dan Seni” , Vol 4, (2) hal 91. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.526

Supriono, P. (2016). “Ensiklopedia The Heritage Of” Batik Identitas Pemersatu Kebanggaan

Bangsa. Yogyakarta: Andi.

Suprijono, (2010). Pembelajaran Kooperatif. Yogjakarta: BPFE.

Sumardjo, J. (2000). Filsafat Seni. Bandung: ITB.

Sulastiyono. (2011). Pengertian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sofyan Salam. (2020). Pengatahuan Dasar Seni Rupa. Makassar: UNM.

Sudarti, D. (2020). Mengembangkan Kretafitas aptitude anak dengan strategi habituasi dala

m keluarga. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(3), 117-127. https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.385

Downloads

Published

2025-08-29

How to Cite

Sulaiman, Bakri, M., Zulham, kilawati, andi, & Erni. (2025). Pengabdian Kepada Masyarakat: Pelatihan Teknik Batik Ikat Celup (Tie Dye Technique) di SMA Negeri 7 Luwu Utara. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 147–155. https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6879