Optimalisasi Pemasaran Digital Umkm Pare Takoyaki Melalui Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6878Keywords:
Pemasaran Digital, UMKM, Augmented Reality, Pare Takoyaki, Inovasi TeknologiAbstract
Perkembangan teknologi digital memberikan peluang besar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan strategi pemasaran produk. Salah satu inovasi yang dapat dimanfaatkan adalah teknologi Augmented Reality (AR), yang mampu menghadirkan pengalaman interaktif dan menarik bagi konsumen. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada UMKM Pare Takoyaki dengan tujuan mengoptimalkan pemasaran digital melalui penerapan AR sebagai media promosi. Metode yang digunakan meliputi pendampingan, pelatihan, serta implementasi aplikasi AR yang menampilkan informasi produk, varian menu, dan promo secara interaktif melalui perangkat gawai. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman mitra terkait pemasaran digital modern, meningkatnya daya tarik promosi, serta terbukanya peluang perluasan pasar melalui media sosial dan platform digital. Dengan demikian, pemanfaatan teknologi AR terbukti dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan daya saing UMKM di era digital.
Kata Kunci: Pemasaran Digital, UMKM, Augmented Reality, Pare Takoyaki, Inovasi Teknologi
Downloads
References
Ardiyasa, I. W., & Wibawa, I. P. C. (2019). Pembuatan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web pada UMKM Kopi UD. Arta Merta Banjar Badingkayu Desa Pengeragoan, Jembrana. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 1(3), 67-71.
Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75-84.
Halim A, 2020, Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Vol 1 No 2. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39
Nurjamiyah, N., & Hasdiana, H. (2022). Pelatihan Pembuatan Aplikasi E-Commerce untuk Penjualan Baju Batik pada UKM Batik Ardhina. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(02), 26-30.
Pratama, E. B. (2017). Pendekatan Metodologi Extreme Programming pada Aplikasi E-Commerce Berbasis M-Commerce (Studi Kasus: Toko Buku An’Nur di Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(2).
Setiawan, B. (2021). Tantangan dan Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital. Jurnal Kewirausahaan, 23(1), 1-10
Sunarti, S., Rachmawati, S., & Handayanna, F. (2019). Peningkatan Pendapatan Ukm Pada Hacord Gallery Dengan Aplikasi Web Marketplace E-Commerce. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), 166-171.
TAK, A. A. R. (2021). Pelatihan Pemasaran Hasil Tani Secara Digital Melalui Aplikasi E-Commerce Dan Pembuatan Alat Penampung Air Hujan Sederhana di Desa Semanu. Jurnal Atma Inovasia, 1(1), 26-32.
Wahyuddin, W., Hasnawati, H., Amin, R., & Ferdiansyah, F. (2024). PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA PARE TAKOYAKI MELALUI PEMBUATAN APLIKASI E-COMMERCE. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5859-5862
Wahyuddin, W., Alam, S., & Said, I. R. (2021). E-COMMERCE BUMBU MASAKAN KELOMPOK TANI KWT (KELOMPOK WANITA TANI) SETIA DESA PAKKODI KAB. ENREKANG. Jurnal Sintaks Logika, 1(3), 209-214.
Wibowo, A. T. (2012). Pembuatan aplikasi E-Commerce pusat oleh-oleh khas pacitan pada toko sari rasa pacitan. Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS), 2(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 wahyuddin wahyuddin, Riny Anggraeny, Hasnawati Hasnawati, Hasriani Hasriani, Sukmayani Sukmayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.