Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Diferensiasi bagi guru MGMP Kimia Kabupaten Takalar
DOI:
https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6788Keywords:
pengabdian masyarakat, ppengabdian masyarakat, pembelajaran berdiferensiasi, perangkat ajar, MGMP Kimia, Kurikulum Merdekaembelajaran berdiferensiasi, perangkat ajar, MGMP Kimia, Kurikulum MerdekaAbstract
Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu pendekatan utama dalam Kurikulum Merdeka, namun masih banyak guru yang belum memahami penerapannya, terutama dalam pengembangan perangkat ajar. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kapasitas guru MGMP Kimia Kabupaten Takalar dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis diferensiasi. Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari secara partisipatif melalui pelatihan, praktik kelompok, dan refleksi. Evaluasi dilakukan melalui pretest-posttest, penilaian produk ajar, angket sikap, dan observasi keterlibatan peserta. Hasil menunjukkan peningkatan skor rata-rata posttest,, 80% produk ajar tergolong baik hingga sangat baik, dan terjadi perubahan sikap positif terhadap penerapan diferensiasi. Keterlibatan peserta juga sangat tinggi sepanjang kegiatan. Pengabdian ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis praktik dan kontekstual efektif dalam membangun kompetensi profesional guru serta mendorong kolaborasi di tingkat MGMP.
Downloads
References
Carolan, J., & Guinn, A. (2007). Differentiation: Lessons from master teachers. Educational Leadership, 64(5), 44–47. https://eric.ed.gov/?id=EJ766352
Hall, T. (2017). Differentiated Instruction. National Center on Accessing the General Curriculum. https://www.cast.org/products-services/resources/2017/ncac-differentiated-instruction
Hattie, J. (2009). Visible Learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. Routledge.
Letzel-Alt, F., & Pozas, M. (2023). Differentiated Instruction Around the World: A Systematic Review of Empirical Research in Primary and Secondary Education. Education Sciences, 13(5), 500. https://doi.org/10.3390/educsci13050500
Minarni, M., Erpita, R., Permadi, A., Mahdi, I., & Samitra, D. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar pada Asam Basa. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan (JPP), 18(2 https://doi.org/10.31540/jpp.v18i2.3310
Pratiwi, I., Sulastri, R., & Anggraini, N. (2020). Penerapan Modul Ajar Kimia Berbasis Diferensiasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Negeri Padang, 3(1), 88–94. https://doi.org/10.24036/snpipa.v3i1.109
Rahayu, W., & Utami, S. N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 77–85. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpsi/article/view/45352
Samsuddin, S. (2022). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru IPA di MGMP Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 2(1), 123–129. https://ojs.unm.ac.id/semnasipa/article/view/32565
Tomlinson, C. A. (2014). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners (2nd ed.). ASCD.
Wiyono, H. ., Rahayuningtyas, W.., & Anggoro, B. K. . (2024). Tren Pembelajaran Diferensiasi dalam Kajian Guru di Indonesia: Analisis Jurnal Terindeks Sinta. Journal of Language Literature and Arts, 4(5), 512–520. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p512-520
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Army Auliah, Islawati Islawati, Dewiyanti Fadly, Fandi Ahmad, Arrifah Tri Widyaningsih, Muhammad Raihan Al Baihaq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.