Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Diferensiasi bagi guru MGMP Kimia Kabupaten Takalar

Authors

  • Army Auliah Universitas Negeri Makassar
  • Islawati Islawati Universitas Negeri Makassar
  • Dewiyanti Fadly Universitas Negeri Makassar
  • Fandi Ahmad Universitas Negeri Makassar
  • Arrifah Tri Widyaningsih Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Raihan Al Baihaq Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6788

Keywords:

pengabdian masyarakat, ppengabdian masyarakat, pembelajaran berdiferensiasi, perangkat ajar, MGMP Kimia, Kurikulum Merdekaembelajaran berdiferensiasi, perangkat ajar, MGMP Kimia, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu pendekatan utama dalam Kurikulum Merdeka, namun masih banyak guru yang belum memahami penerapannya, terutama dalam pengembangan perangkat ajar. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kapasitas guru MGMP Kimia Kabupaten Takalar dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis diferensiasi. Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari secara partisipatif melalui pelatihan, praktik kelompok, dan refleksi. Evaluasi dilakukan melalui pretest-posttest, penilaian produk ajar, angket sikap, dan observasi keterlibatan peserta. Hasil menunjukkan peningkatan skor rata-rata posttest,, 80% produk ajar tergolong baik hingga sangat baik, dan terjadi perubahan sikap positif terhadap penerapan diferensiasi. Keterlibatan peserta juga sangat tinggi sepanjang kegiatan. Pengabdian ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis praktik dan kontekstual efektif dalam membangun kompetensi profesional guru serta mendorong kolaborasi di tingkat MGMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carolan, J., & Guinn, A. (2007). Differentiation: Lessons from master teachers. Educational Leadership, 64(5), 44–47. https://eric.ed.gov/?id=EJ766352

Hall, T. (2017). Differentiated Instruction. National Center on Accessing the General Curriculum. https://www.cast.org/products-services/resources/2017/ncac-differentiated-instruction

Hattie, J. (2009). Visible Learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. Routledge.

Letzel-Alt, F., & Pozas, M. (2023). Differentiated Instruction Around the World: A Systematic Review of Empirical Research in Primary and Secondary Education. Education Sciences, 13(5), 500. https://doi.org/10.3390/educsci13050500

Minarni, M., Erpita, R., Permadi, A., Mahdi, I., & Samitra, D. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar pada Asam Basa. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan (JPP), 18(2 https://doi.org/10.31540/jpp.v18i2.3310

Pratiwi, I., Sulastri, R., & Anggraini, N. (2020). Penerapan Modul Ajar Kimia Berbasis Diferensiasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Negeri Padang, 3(1), 88–94. https://doi.org/10.24036/snpipa.v3i1.109

Rahayu, W., & Utami, S. N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 77–85. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpsi/article/view/45352

Samsuddin, S. (2022). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru IPA di MGMP Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 2(1), 123–129. https://ojs.unm.ac.id/semnasipa/article/view/32565

Tomlinson, C. A. (2014). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners (2nd ed.). ASCD.

Wiyono, H. ., Rahayuningtyas, W.., & Anggoro, B. K. . (2024). Tren Pembelajaran Diferensiasi dalam Kajian Guru di Indonesia: Analisis Jurnal Terindeks Sinta. Journal of Language Literature and Arts, 4(5), 512–520. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p512-520

Downloads

Published

2025-08-18

How to Cite

Auliah, A., Islawati, I., Fadly, D., Ahmad, F., Widyaningsih, A. T., & Al Baihaq, M. R. (2025). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Diferensiasi bagi guru MGMP Kimia Kabupaten Takalar. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 106–115. https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6788