Penguatan Literasi Lingkungan Generasi Z Melalui Kegiatan Edukatif
DOI:
https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6675Keywords:
Generasi Z, Literasi Lingkungan, Kegiatan EdukatifAbstract
Kegiatan pengabdian ini dilatar belkangi oleh rendahnya literasi lingkungan generasi Z khsusnya yang berada dijenjang Sekolah Menengah Atas. Berdasarkan hal tersebut dilakukan kegiatan pengabdian yang bertujuan untuk meningkatkan literasi lingkungan generasi Z melalui kegiatan edukatif. Metode pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari tahap persiapan dan sosialisasi, pelaksanaan kegiatan edukatif, evaluasi serta tahap keberlanjutan program. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukan bahwa setelah kegiatan dilakukan terdapat peningkatan literasi lingkungan generasi Z melalui kegiatan edukatif yang dilakukan. Program ini tidak hanya meningkatkan literasi lingkungan siswa, tetapi juga memperkuat peran sekolah sebagai agen perubahan menuju masa depan yang lebih hijau, berkelanjutan, dan berdaya saing, serta melalui pendekatan edukatif, program ini mampu menjembatani tujuan SDGs dengan tindakan lokal yang sederhana namun berdampak dengan melibatkan Generasi Z.
Downloads
References
Adams, A., Calvo, E., Francis, H., Patel, H., Hartley, C., & Giofrè, D. (2021). Characteristics of the preschool home literacy environment which predict writing skills at school. Reading and Writing, 34(9), 2203–2225. https://doi.org/10.1007/s11145-021-10133-w
Altun, D., Tantekin, F., & Hartman, D. (2022). Preliterate Young Children’s Reading Attitudes: Connections to the Home Literacy Environment and Maternal Factors. Early Childhood Education Journal, 50(4), 567–578. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01177-2
Ariyatun, A., Sudarmin, S., Wardani, S., Saptono, S., & Winarto, W. (2024). Bibliometric Analysis of Environmental Literacy in Sustainable Development: A Comprehensive Review Based on Scopus Data From 2013 to 2023. International Journal of Educational Methodology, 10(1), 179–195. https://doi.org/10.12973/ijem.10.1.979
Bigozzi, L., Vettori, G., & Incognito, O. (2023). The role of preschoolers’ home literacy environment and emergent literacy skills on later reading and writing skills in primary school: A mediational model. Frontiers in Psychology, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1113822
BPS. (2024). Kabupaten Gowa Dalam Angka 2024. Badan Pusat Statistik Kabupaten Gowa.
Dharma, S., Ilhamuddin, I., Jaelani, A., & Arriah, F. (2024). Desain Instrumen Pengukuran Literasi Lingkungan Siswa SMA dengan Menggunakan Pendekatan Model Rasch. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 218–236. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i2.5126
Hilmawan, H., Musthafa, B., & Agustin, M. (2022). Enhancing students’ literacy skills through social constructivism-based literacy learning environment model. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(10), 3614–3624. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i10.7842
Huang, H., & Hsin, C. (2023). Environmental Literacy Education and Sustainable Development in Schools Based on Teaching Effectiveness. International Journal of Sustainable Development and Planning, 18(5), 1639–1648. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180535
Indris, M., Mokondesu, M., & Wilya, E. (2022). Mengintegrasikan Pendidikan, Lingkungan, Dan Nilai-Nilai Islam Sebagai Upaya Meningkatkan Etika Dan Literasi Lingkungan. Journal Of Islamic Education Policy, 7(2), 102–105. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v7i2.1966
Lahgun, R. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 6(2), 44–54. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950
Liang, J., Li, J., & Lei, Q. (2022). Exploring the Influence of Environmental Values on Green Consumption Behavior of Apparel: A Chain Multiple Mediation Model among Chinese Generation Z. Sustainability (Switzerland), 14(9), 1–26. https://doi.org/10.3390/su141912850
Maesaroh, S., Bahagia, B., & Kamalludin, K. (2021). Strategi Menumbuhkan Literasi Lingkungan Pada Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 1998–2007. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1048
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789
Purwanto, M., Hartono, R., & Wahyuni, S. (2023). Essential Skills Challenges for the 21st Century Graduates: Creating A Generation of High-Level Competence in The Industrial Revolution 4.0 Era. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 2(3), 279–292. https://doi.org/10.55927/ajae.v2i3.3972
Sari, E., Awal, R., & Andani, P. (2023). Profil Literasi Lingkungan Peserta Didik SMAN 3 Adiwiyata Dan SMAN 16 Non Adiwiyata di Rumbai. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 265–272. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/bl.v10i2.16272
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Surya Dharma, Nururrahmah Nururrahmah, Nahlah Mustafa Kamal, St Aisyah Humairah, Sri Magfirah HS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.