Mengembangkan Literasi Finansial pada Anak Melalui Kegiatan Kemaritiman di RA Ibnu Abas Kampung Peres Desa Pulo Panjang Kabupaten Serang

Authors

  • Ade Rahayu Prihartini Universitas Bina Bangsa
  • Mutoharoh Mutoharoh Universitas Bina Bangsa
  • Ossie Happina Sari Universitas Bina Bangsa
  • Gisella Aisyah Universitas Bina Bangsa
  • Yahya Ramadhan Universitas Bina Bangsa
  • Muhammad Jubran Febriyanto Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6666

Keywords:

Literasi

Abstract

Di Indonesia pendidikan literasi keuangan khususnya pada anak usia dini masih jarang dilakukan baik pada lingkungan keluarga maupun sekolah. Pengenalan dan pendidikan tentang literasi keuangan belum banyak diberikan secara tepat dan terencana karena dianggap sebagai sesuai yang belum penting bahkan belum dibutuhkan oleh anak-anak. Orang tua masih berfikir membicarakan segala sesuatu tentang uang di hadapan anak-anak adalah hal yang tabu, hal ini mengakibatkan anak-anak menjadi tidak siap untuk mempelajari pengelolaan keuangan sejak dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan tentang literasi keuangan kepada orang tua atau wali siswa murid RA Ibnu Abas Kampung Peres Desa Pulo Ampel. Terdapat peningkatan pemahaman tentang literasi finansial pada anak yaitu meningkat menjadi 80% orang tua memahami tentang pentingnya literasi pada anak seperti mengajarkan menabung, menabung dirumah dengan menggunakan celengan, serta mengelola keinginan anak dengan cara menabung. Terdapat peningkatan pemahaman orang tua tentang literasi finansial pada anak melalui kegiatan kemaritiman yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Orang tua, Guru dan siswa diharapkan dapat bersinergis menerapkan literasi finansial ini untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengelola keuangan sedari dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini G, A., & Gustiana, A. D. (2025). Trend Penelitian Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini Di Indonesia. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 82–94. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.847

Fahlevi SI, M., Yusnaidi, Y., & Irmalis, A. (2021). STRATEGI PENINGKATAN LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN BAGI MASYARAKAT AGRARIS DI KAWASAN PEDESAAN. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 5(2). https://doi.org/10.35308/jbkan.v5i2.4367

Nurfatmawati, L., Sukirno, S., Nurrahman, A., & Meinarsih, M. (2023). Implementasi Pendidikan Literasi Finansial Anak Usia Dini: Studi Kasus di Lembaga TK Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5199

Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654

Rahman, A., Lestari, T., Amrulloh, R., Jayen, F., Helmina Putri, A., Pangestu, R., Ramadhaniah, P., & Tinggi, S. (2024). ANAK MUDA PINTAR LITERASI KEUANGAN, MASA DEPAN GEMILANG (Vol. 7, Issue 2). Online. https://ejournal.stih-awanglong.ac.id/index.php/awal/article/view/1266

Riza, I. F. D., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, & Andila, A. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan Gemar Menabung. Prosiding Seminar Hi-Tech, 1(1).

Rohmawan, A. (2024). PENDIDIKAN LITERASI FINANSIAL.

Sabilla, A. P., Audia, S. N., Rachma, E., Adinugraha, H. H., & Gunawan, A. (2023). Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana dan Mengenalkan Literasi Keuangan Terhadap Siswa SD di Desa Kwasen. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.30762/welfare.v1i3.591

Sari, N. P., Setiawan, M. A., & Novitawati, N. (2022). Penanaman Pendidikan Sosial dan Finansial bagi Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2533

Silinskas, G., Ahonen, A. K., & Wilska, T. A. (2021). Financial literacy among Finnish adolescents in PISA 2018: the role of financial learning and dispositional factors. Large-Scale Assessments in Education, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40536-021-00118-0

Vijaykumar, J. H. (2022). The Association of Financial Socialization with Financial Self-Efficacy and Autonomy: A Study of Young Students in India. Journal of Family and Economic Issues, 43(2). https://doi.org/10.1007/s10834-021-09797-x

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Rahayu Prihartini, A., Mutoharoh, M., Sari, O. H., Aisyah, G., Ramadhan, Y., & Febriyanto, M. J. (2025). Mengembangkan Literasi Finansial pada Anak Melalui Kegiatan Kemaritiman di RA Ibnu Abas Kampung Peres Desa Pulo Panjang Kabupaten Serang. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 61–69. https://doi.org/10.30605/atjpm.v7i1.6666