Akselerasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Soal Digital Berbasis Google Workspace: Pelatihan Di SD Negeri Batangkaluku

Authors

  • Fandi Ahmad Universitas Negeri Makssar
  • Muhammad Nur Alam Universitas Negeri Makassar
  • Dewiyanti Fadly Universitas Negeri Makssar
  • Elfira Jumrah Universitas Negeri Makssar
  • Vika Puji Cahyani Universitas Negeri Makssar

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v6i2.6125

Keywords:

Akselerasi, Kompetensi, SDN Batangkaluku, Pelatihan, Workspace

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengakselerasi kompetensi guru-guru di SDN Batangkaluku dalam pengembangan soal digital berbasis Google Workspace, khususnya menggunakan Google Formulir. Permasalahan utama mitra adalah keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk efisiensi dan efektivitas proses pengembangan soal dan asesmen, yang saat ini masih banyak dilakukan secara manual. Metode pelaksanaan kegiatan adalah pelatihan (workshop) virtual yang diselenggarakan melalui platform Zoom Meeting pada hari Sabtu, 21 April 2024. Pelatihan ini mencakup penyampaian materi teoretis mengenai Google Formulir dan manfaatnya dalam pendidikan, dilanjutkan dengan sesi praktik langsung (hands-on) langkah demi langkah dalam pembuatan berbagai tipe soal digital, pengaturan kunci jawaban, dan publikasi. Sebanyak [Jumlah] guru dari SDN Batangkaluku berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan praktik peserta yang signifikan dalam menggunakan Google Formulir untuk pembuatan soal. Tingkat partisipasi dan antusiasme peserta juga sangat tinggi, serta kualitas materi dan relevansinya dinilai sangat baik oleh peserta. Secara umum, kegiatan ini dinilai sangat berhasil dalam mencapai tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan soal digital. Implikasi dari kegiatan ini adalah adanya potensi perubahan praktik penilaian di SDN Batangkaluku menuju arah digital yang lebih efisien dan efektif. Namun, untuk memastikan keberlanjutan implementasi, diperlukan pendampingan lanjutan dan dukungan infrastruktur TIK yang memadai. Kegiatan PKM ini memberikan kontribusi nyata dalam mempersiapkan guru menghadapi tuntutan digitalisasi pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

De Oliveira, L., Guerino, G., De Oliveira, L., & Pimentel, A. (2022). Information and Communication Technologies in Education 4.0 Paradigm: a Systematic Mapping Study. Informatics in Education. https://doi.org/10.15388/infedu.2023.03.

Azmi, C., & Widiaty, I. (2021). ICT-based e-learning implementation. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1098/2/022109.

Horany, H. (2022). MANAGING THE IMPLEMENTATION IN SCHOOLS OF ICT AND ITS INFLUENCE ON THE PERFORMANCE OF SCHOOL STUDENTS. The Annals of the University of Oradea. Economic Sciences. https://doi.org/10.47535/1991auoes31(1)039.

Pratiwi, S. A., & Purnama, E. K. (2022). Integrasi Teknologi Dalam Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 131-146.

Isti’ana, A. (2024). Integrasi teknologi dalam pembelajaran pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302-310.

Mardiana Tria, Arif Wiyat Purnanto. 2017. Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. The 6th University Research Coolquium. ISSN: 2407-9189. FKIP Universitas Muhammadiyah Magelang.

Purwati Dwi, Alifi Nur Prasetya Nugroho. 2018. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di SMA Negeri 1 Prambanan. Volume 4, Nomor 1. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahardja Untung, Ninda Lutfiani, Moh. Sandi Alpansuri. 2018. Pemanfaatan Google Formulir Sebagai Sistem Pendaftaran Anggota Pada Website Aptisi.or.id. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA. Vol. 8, No. 2, Juli 2018. Perguruan Tinggi Raharja.

Wulandari Pitri, maswani, Husnul Khotimah. 2019. Google Form Sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran Di SMAN 2 Kota Tangerang. Volume 2, Nomer 1, Halaman: 421-425. p-ISSN: 2620-9047, e-ISSN: 2620-9071. Universitas Sultan Agung Tirtayasa.

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Ahmad, F., Alam, M. N., Fadly, D. ., Jumrah, E., & Cahyani, V. P. . (2025). Akselerasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Soal Digital Berbasis Google Workspace: Pelatihan Di SD Negeri Batangkaluku. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 172–183. https://doi.org/10.30605/atjpm.v6i2.6125