Edukasi Konsep Matriks dengan Aplikasi Pembelajaran Matematika: Peningkatan Pemahaman dan Prestasi Belajar Peserta Pelatihan SMA Negeri 1 Parepare

Authors

  • Nurul Fuady Adhalia H Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Rifaldy Atlant Tungga Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Irmayani Irmayani Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • A. Ika Putriani Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Nur Azisah Syam Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Muzakkir Muzakkir Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Muh. Chaerul Ikramullah Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Khumaedi Khumaedi Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Muhammad Ismail Haji Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie
  • Hafidzah Hafidzah Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v6i2.6088

Keywords:

Kalkulator,Matriks, Pelatihan,teknologi Digital, Website

Abstract

Teknologi Digital dan Kecerdasan Buatan dengan sasaran utama siswa SMA Negeri 1 Parepare. Tujuan kegiatan pengabdian ini meningkatkan pemahaman konsep matriks pada siswa SMA Negeri 1 Parepare melalui pengembangan dan implementasi aplikasi kalkulator matriks berbasis web yang interaktif dan mudah diakses. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa dalam penggunaan aplikasi matematika spesifik sebagai alat bantu belajar mandiri. Metode utama yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan. Pelatihan akan diberikan kepada siswa SMA Negeri 1 Parepare mengenai penggunaan aplikasi kalkulator matriks berbasis web. Pelatihan akan mencakup pengenalan fitur-fitur aplikasi, langkah-langkah penggunaan aplikasi untuk berbagai operasi matriks, dan pemanfaatan fitur visualisasi dan umpan balik otomatis. Pendampingan berkelanjutan akan diberikan kepada siswa selama periode implementasi aplikasi. Pendampingan meliputi bantuan teknis, konsultasi tentang strategi pembelajaran, dan evaluasi penggunaan aplikasi. peningkatan pemahaman konsep matriks, peningkatan keterampilan literasi digital, pengembangan media pembelajaran interaktif, serta peningkatan kemandirian belajar siswa. Selain itu, program ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi komunitas sasaran dan menjadi model yang dapat direplikasi di wilayah lain

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhalia H, N. F., Tungga, R. A., Irmayani, I., Putriani, A. I., Zain, A., Akkas, A. B., & Yuliana, Y. (2024). Optimalisasi Kemampuan Matematis Siswa SMK Negeri 2 Parepare melalui Literasi Digital Berbasis Gemini. Jurnal Abdi Insani, 11(4), 3003-3010.

Alfarizi, M., Kurniati, A., Yuniati, S., & Rahmi, D. (2025). Penggunaan Microsoft Excel Untuk Operasi Penjumlahan Dan Perkalian Matriks. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 106-110.

Fatwa, M., Ristu, R., Pandiangan, S., & Edi, S. (2022). Pengaplikasian Matlab Pada Perhitungan Matriks. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 1(2), 81-93.

Irmayani, I., Husain, H., Zain, A., Sukardi, S. S., & Sukardi, S. N. (2024). Optimalisasi teknologi 3d printing pada inovasi pengembangan Media pembelajaran guru matematika kota parepare. Jurnal Abdi Insani, 11(3), 1370-1378. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i3.1960

Istiqomah, P., Tullah, R., & Ferawati, F. (2022). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Materi Peluang Matematika SMK Berbasis Adobe Animate. Jurnal Universitas PGRI Kalimantan, 8(3), 260. -

Kholifah, S. N., Sasomo, B., & Mashuri, A. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Matriks. Jurnal Jendela Matematika, 2(1), 55-66. doi:10.57008/jjm.v2i01.577

Marzuki, C. C., & Aryani, F. (2019). Invers Matriks Toeplitz Bentuk Khusus Menggunakan Metode Adjoin. Jurnal Sains Matematika dan Statistika, 5(2), 61-70. http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v4i1.7398

Ningsih, R., & Adhalia H, N. F. (2022). Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Tematik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa di SMP Al Madina 1 Nabire. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 76-83. https://doi.org/10.54065/pelita.2.2.2022.320

Putra, I. P. S. A., & Wardika, I. W. G. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(1), 111–120. 10.5281/zenodo.4657953

Putri, W. A. S., & Putri, A. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Aplikasi Matriks. Journal on Education, 1(3), 275-280. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.158

Qolbi, L. F. A. (2021). Penggunaan Aplikasi Brainly Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Matriks Jurnal Sosial dan Sains, 2(2), 70-75. 10.36418/matriks.v2i2.62

Wahyuni, S., & Darmawan, P. (2023). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa dan Solusinya: Penerapan Metode APKL dan Diagram Fishbone. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 3(1), 49-71. https://etdci.org/journal/kognitif/article/view/745/481

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Adhalia H, N. F. ., Tungga, R. A. ., Irmayani, I., Putriani, A. I. ., Syam, N. A. ., Muzakkir, M., … Hafidzah, H. (2025). Edukasi Konsep Matriks dengan Aplikasi Pembelajaran Matematika: Peningkatan Pemahaman dan Prestasi Belajar Peserta Pelatihan SMA Negeri 1 Parepare. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 321–332. https://doi.org/10.30605/atjpm.v6i2.6088