Edukasi Konsep Matriks dengan Aplikasi Pembelajaran Matematika: Peningkatan Pemahaman dan Prestasi Belajar Peserta Pelatihan SMA Negeri 1 Parepare
DOI:
https://doi.org/10.30605/atjpm.v6i2.6088Keywords:
Kalkulator,Matriks, Pelatihan,teknologi Digital, WebsiteAbstract
Teknologi Digital dan Kecerdasan Buatan dengan sasaran utama siswa SMA Negeri 1 Parepare. Tujuan kegiatan pengabdian ini meningkatkan pemahaman konsep matriks pada siswa SMA Negeri 1 Parepare melalui pengembangan dan implementasi aplikasi kalkulator matriks berbasis web yang interaktif dan mudah diakses. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa dalam penggunaan aplikasi matematika spesifik sebagai alat bantu belajar mandiri. Metode utama yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan. Pelatihan akan diberikan kepada siswa SMA Negeri 1 Parepare mengenai penggunaan aplikasi kalkulator matriks berbasis web. Pelatihan akan mencakup pengenalan fitur-fitur aplikasi, langkah-langkah penggunaan aplikasi untuk berbagai operasi matriks, dan pemanfaatan fitur visualisasi dan umpan balik otomatis. Pendampingan berkelanjutan akan diberikan kepada siswa selama periode implementasi aplikasi. Pendampingan meliputi bantuan teknis, konsultasi tentang strategi pembelajaran, dan evaluasi penggunaan aplikasi. peningkatan pemahaman konsep matriks, peningkatan keterampilan literasi digital, pengembangan media pembelajaran interaktif, serta peningkatan kemandirian belajar siswa. Selain itu, program ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi komunitas sasaran dan menjadi model yang dapat direplikasi di wilayah lain
Downloads
References
Adhalia H, N. F., Tungga, R. A., Irmayani, I., Putriani, A. I., Zain, A., Akkas, A. B., & Yuliana, Y. (2024). Optimalisasi Kemampuan Matematis Siswa SMK Negeri 2 Parepare melalui Literasi Digital Berbasis Gemini. Jurnal Abdi Insani, 11(4), 3003-3010.
Alfarizi, M., Kurniati, A., Yuniati, S., & Rahmi, D. (2025). Penggunaan Microsoft Excel Untuk Operasi Penjumlahan Dan Perkalian Matriks. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 106-110.
Fatwa, M., Ristu, R., Pandiangan, S., & Edi, S. (2022). Pengaplikasian Matlab Pada Perhitungan Matriks. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 1(2), 81-93.
Irmayani, I., Husain, H., Zain, A., Sukardi, S. S., & Sukardi, S. N. (2024). Optimalisasi teknologi 3d printing pada inovasi pengembangan Media pembelajaran guru matematika kota parepare. Jurnal Abdi Insani, 11(3), 1370-1378. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i3.1960
Istiqomah, P., Tullah, R., & Ferawati, F. (2022). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Materi Peluang Matematika SMK Berbasis Adobe Animate. Jurnal Universitas PGRI Kalimantan, 8(3), 260. -
Kholifah, S. N., Sasomo, B., & Mashuri, A. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Matriks. Jurnal Jendela Matematika, 2(1), 55-66. doi:10.57008/jjm.v2i01.577
Marzuki, C. C., & Aryani, F. (2019). Invers Matriks Toeplitz Bentuk Khusus Menggunakan Metode Adjoin. Jurnal Sains Matematika dan Statistika, 5(2), 61-70. http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v4i1.7398
Ningsih, R., & Adhalia H, N. F. (2022). Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Tematik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa di SMP Al Madina 1 Nabire. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 76-83. https://doi.org/10.54065/pelita.2.2.2022.320
Putra, I. P. S. A., & Wardika, I. W. G. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(1), 111–120. 10.5281/zenodo.4657953
Putri, W. A. S., & Putri, A. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Aplikasi Matriks. Journal on Education, 1(3), 275-280. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.158
Qolbi, L. F. A. (2021). Penggunaan Aplikasi Brainly Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Matriks Jurnal Sosial dan Sains, 2(2), 70-75. 10.36418/matriks.v2i2.62
Wahyuni, S., & Darmawan, P. (2023). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa dan Solusinya: Penerapan Metode APKL dan Diagram Fishbone. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 3(1), 49-71. https://etdci.org/journal/kognitif/article/view/745/481
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Azisah Syam Syam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.