Edukasi dan Praktek Menulis Buku Dengan Bantuan Kecerdasan Buatan
DOI:
https://doi.org/10.30605/atjpm.v6i2.6000Keywords:
Buku, Artificial Intelligence, ChatGPT, webinarAbstract
Buku adalah sumber informasi yang sangat berharga bagi penulis maupun pembacanya. Namun mewujudkan sebuah buku bukanlah tugas yang mudah. Banyak orang yang berminat untuk menulis, tetapi hanya sebagian kecil yang berhasil menyelesaikannya. Hal ini disebabkan oleh berbagai tantangan, seperti kebingungan untuk memulai, perlu waktu yang lama, atau kurangnya motivasi. Seiring dengan kemajuan teknologi, perangkat kecerdasan buatan kini dapat berperan penting dalam proses penulisan buku. Perangkai ini bisa menjadi asisten cerdas, mitra diskusi yang kreatif, dan membantu penulis mengatasi kebuntuan.
Dalam konteks ini, penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat melalui platform webinar bertujuan untuk memberikan edukasi serta praktik penulisan buku, khususnya bagi kalangan akademis. Namun, juga membuka kesempatan bagi berbagai profesi lainnya untuk menuangkan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam bentuk tulisan yang bermanfaat. Webinar ini diikuti oleh peserta dari berbagai kota di Indonesia, termasuk dosen, staf rumah sakit, praktisi bisnis dan masyarakat umum. Metode pelaksanaan kegiatan ini mencakup tahapan persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut kegiatan. Sebelum acara berakhir, peserta diminta untuk memberikan umpan balik mengenai kegiatan tersebut melalui kuesioner evaluasi berbasis skala Likert. Mereka diminta untuk memberikan skor antara 1 hingga 5 untuk setiap pertanyaan pada link Google Form yang disediakan. Webinar ini mendapat tanggapan yang sangat positif dari 35 responden, dengan nilai evaluasi rata-rata yang tinggi. Dengan rata-rata 4,75 mendekati angka maksimum menunjukkan peserta merasa sangat puas dengan tema, manfaat, materi, dan cara penyampaian dari narasumber. Diharapkan dari hasil pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan peserta untuk menulis buku secara sistematis sekaligus mengurangi hambatan teknis dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan.
Downloads
References
Asrun, B., Rifaldi Mustamin, M., Studi Perancangan Bangunan Gedung, P., & Negeri Ujung Pandang, P. (2023). Pela%han Penggunaan Aplikasi Matlab dalam Mata Pelajaran Matema%ka di SMAN 1 Gowa. In Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (Vol. 5, Issue 1).
Dhaniswara, E., & Prayitno, A. (2024). Manajemen pemasaran dan persediaan CV. Diwarna berbasis teknologi informasi (Vol. 2).
Dhaniswara, E., Prayitno, A., & Kurniawan Budhi, R. (2024). AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Dan Edukasi Implementasi Jaringan Komputer Di Era Industri 4.0. 3(5). https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma
Dhaniswara, E., & Taufik Hidayat, D. (2023). PELATIHAN ZOOM MEETING UNTUK GURU DAN STAF PONDOK PESANTREN DARUL ATSAR AL-ISLAMY. Communnity Development Journal, 4(6), 12875–12879.
Diantama, S. (2023). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELEGENT (AI) DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Vol. 1, Issue 1).
Frické, Martin. (2024). Artificial intelligence and librarianship : notes for teaching. SoftOption Ltd.
Inovasi Edukasi : Pemberdayaan Siswa Sekolah Menengah Melalui IoT Learning. (n.d.). https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/index
Lisanti.(2024). Sosialisasi Dan Pelatihan Toefl Pbt Untuk Persiapan Melanjutkan Studi Ke Jenjang Lebih Tinggi Di Iik Pelamonia. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 5, Issue 2)
Marta dinata, R., Marhaeni, & Lely Mustika. (2025). Sosialisasi Kecerdasan Buatan untuk Penguatan Literasi Digital di SDN Kademangan. Charity, 8(1). https://doi.org/10.25124/charity.v8i1.8612
Peningkatan Literasi Digital dan Menulis Artikel Ilmiah Guru dengan Memanfaatkan Artificial Intelligence 1* M. Miftach Fakhri, 2 Dary Mochamad Rifqie, 3 Asriadi, 4 Asri Ismail, 5 Andika Isma, 6 Della Fadhilatunisa. (2023). https://doi.org/10.61220/sipakatau
Rufi, M. ’, Ilyas, M., Anas, A., & Islamiah, R. Y. (2020). Pengembangan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa dan Alumni. In Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (Vol. 2, Issue 1).
Saputra, E., Saputra, D. B., & Fadhli University Of Bengkulu, M. (2024). Writing difficulties faced by novice writers. SASTRA DAN PENGAJARAN, 22(1). https://doi.org/10.33369/jwacana.v22i1.35016
Ulimaz, A., Cahyono, D., Dhaniswara, E., Arifudin, O., & Agus Rukiyanto, B. (n.d.). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia.