Inovasi Pembelajaran: Implementasi Pelatihan Chamscketc sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Mahasiswa di Era Digital

Authors

  • Rini Perdana universitas negeri makassar
  • Sakinah Zubair Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ikhsan Sukaria Universitas Negeri Makassar
  • Sumiati Side Universitas Negeri Makassar
  • Hardin Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v6i2.5941

Keywords:

pelatihan, Chemscatch, literasi digital, experiential learning, mahasiswa kimia

Abstract

Tingkat literasi digital mahasiswa, khususnya dalam konteks penggunaan aplikasi berbasis kimia, masih tergolong rendah, meskipun akses terhadap teknologi sudah cukup tinggi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi Chemscatch melalui pelatihan interaktif berbasis experiential learning. Pelatihan dilaksanakan di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar pada Februari 2025 dengan peserta sebanyak 30 mahasiswa Kimia angkatan 2023. Metode pelaksanaan mencakup ceramah interaktif, demonstrasi fitur aplikasi, praktik langsung, dan evaluasi menggunakan pre-test dan post-test. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa mayoritas peserta berhasil memahami dan menggunakan fitur-fitur utama Chemscatch seperti pembuatan struktur molekul, penyusunan reaksi kimia, pengoptimalan bentuk molekul, dan ekspor data visual. Sebanyak 85% peserta mengalami peningkatan skor keterampilan pasca pelatihan, dan 90% menyatakan puas terhadap metode dan materi yang diberikan. Temuan ini mendukung teori experiential learning Kolb yang menyatakan bahwa pembelajaran melalui pengalaman langsung lebih efektif dalam menanamkan keterampilan praktis. Kegiatan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan literasi digital berbasis keilmuan dan kesiapan mahasiswa menghadapi tantangan pendidikan dan profesi di era digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, S. B., Talib, C. A., & Jamal, A. M. (2023). Digital Technology Approach In Chemistry Education: A Systematic Literature Review. Journal of Natural Science and Integration. https://doi.org/10.24014/jnsi.v6i1.21777

Bu’ulolo, W., & Hulu, M. K. (2025). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Atau Menghambat Produktivitas Mahasiswa. Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan Dan Teknik, 2(1), 51–59. https://doi.org/10.70134/identik.v2i1.168

Dewi, C. A., Pahriah, P., & Purmadi, A. (2021). The Urgency of Digital Literacy for Generation Z Students in Chemistry Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (Ijet, 16(11), 88–103. https://doi.org/10.3991/IJET.V16I11.19871

Farias-Gaytan, S., Aguaded, I., & Ramírez Montoya, M. S. (2023). Digital transformation and digital literacy in the context of complexity within higher education institutions: A systematic literature review. Humanities & Social Sciences Communications, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.1057/s41599-023-01875-9

Febriyani, W., Lubis, M., & Hendrawan, F. R. (2023). Key Competencies Development in the Digital Transformation of Higher Education in Indonesia (pp. 200–205). https://doi.org/10.1109/icoco59262.2023.10397786

Handayani, W. P. P., & Harsono, M. (2016). Aplikasi technology acceptance model (tam) pada komputerisasi kegiatan pertanahan. Jurnal Economia, 12(1), 13–22. https://doi.org/10.21831/ECONOMIA.V12I1.8415

Harmawati, Y., Sapriya, S., Abdulkarim, A., Bestari, P., & Sari, B. I. (2024). Data of Digital Literacy Level Measurement of Indonesian Students in Facing Society 5.0: Based on the Components of Ability to use Media. In Advanced use of Digital Media, Managing Digital Learning Platforms, and Ethics and Safety in the Use of Digital Media. Data in Brief (Vol. 54, p. 110397). https://doi.org/10.1016/j.dib.2024.110397

Llewellyn-Jones, R. (2022). Chemistry students’ digital literacy skills on thermochemistry context “hydrogen fuel issue (Vol. 18, Issue 12, p. 2198). https://doi.org/10.29333/ejmste/12699

Matthews, B. (2024). Digital Literacy in Undergraduate Education Curricula. ELearn Magazine, 2024(11). https://doi.org/10.1145/3704960.3696006

McCluskey, A. R., Rivera, M., & Mey, A. S. J. S. (2024). Digital Skills in Chemical Education. https://doi.org/10.26434/chemrxiv-2024-c61xt

Ofori, E. (2019). Using technology acceptance model to promote students adoption and use of digital technologies in the sunyani technical university (pp. 146–157).

Palomino, S., Huamán-Romaní, Y.-L., Bocanegra García, C. A., Frisancho Triveño, Z. S., Bellido Ascarza, Y., León Ramírez, A., Cañari Otero, C., Sustainable Developmen Sánchez-Caballé, A., Gisbert-Cervera, M., & Esteve-Mon, F. M. (2025). Digital competences and collaborative skills among university students. Heritage, 38(1), 63–74. https://doi.org/10.51698/ALOMA.2020.38.1.63-74t

Phippen, A. (2024). Digital Literacy. Elsevier BV. https://doi.org/10.1016/b978-0-323-95689-5.00097-3

Sánchez-Caballé, A., Gisbert-Cervera, M., & Esteve-Mon, F. M. (2020). The digital competence of university students: A systematic literature review (Vol. 38, Issue 1, pp. 63–74). https://doi.org/10.51698/ALOMA.2020.38.1.63-74

Sucipto, M. A. B. (2024). Digital Literacy and Career Guidance: A Study on University Students in Indonesia. West Science Social and Humanities Studies/West Science Social And Humanities Studies, 2(05), 888–898. https://doi.org/10.58812/wsshs.v2i05.938

Tubalawony, J. (2019). Kajian dukungan teknologi berdasarkan konsep technology acceptance model dan dampaknya terhadap kinerja perusahaan jasa konstruksi di maluku (Vol. 5, Issue 2). https://doi.org/10.30598/SOSOQ.V5I2.693

Wekerle, C., Daumiller, M., & Kollar, I. (2020). Using digital technology to promote higher education learning: The importance of different learning activities and their relations to learning outcomes. Journal of Research on Technology in Education, 1–17. https://doi.org/10.1080/15391523.2020.1799455

Wirasti, M. K., Irawan, R. H., & Mulyadi, M. (2024). Digital Literacy Profile of Indonesian Educational Technology Students in the Era of Digital Transformation. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(2), 410–418. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i2.82120

Zakharevych, M., & Hryhorenko, V. (2024). Digital competence and digital literacy of higher education acquires. Збірник Наукових Праць Уманського Державного Педагогічного Університету Імені Павла Тичини. https://doi.org/10.31499/2307-4906.1.2024.302215

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Perdana, R., Zubair, S., Sukaria, M. I., Side, S., & Hardin. (2025). Inovasi Pembelajaran: Implementasi Pelatihan Chamscketc sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Mahasiswa di Era Digital. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 135–143. https://doi.org/10.30605/atjpm.v6i2.5941