Pemberdayaan Masyarakat Melalui Hortikultura, Pendidikan, dan Literasi di Lembang Tondon
DOI:
https://doi.org/10.30605/atjpm.v6i2.5725Keywords:
Pengabdian, Pemberdayaan, Lembang Tondon, PelatihanAbstract
Program pengabdian masyarakat di Lembang Tondon, Toraja Utara, berfokus pada pemberdayaan masyarakat melalui tiga sektor utama: hortikultura, pendidikan, dan literasi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan pelatihan budidaya hortikultura berkelanjutan, serta meningkatkan kualitas pendidikan melalui program literasi bagi anak-anak sekolah dasar di SDN 1 Tondon. Salah satu inisiatif dalam bidang pendidikan adalah menggambar tembok sekolah dengan mural edukatif guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan inspiratif Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pengetahuan petani mengenai teknik hortikultura yang lebih efisien, serta meningkatnya minat baca dan semangat belajar siswa melalui pendekatan visual dan literasi yang lebih kreatif. Program pengabdian ini menjadi contoh sukses pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan holistik yang menggabungkan pertanian dan pendidikan.
Downloads
References
Adolph, R. (2016). Penguatan Literasi Dan Numerasi Dalam Implementasi Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. 3, 1–23.
Andriani, D., Karo, B., Syahputra, J., & Elna, N. P. (2024). Pemberdayaan Masyarakat melalui Diversifikasi Tanaman Hortikultura sebagai Upaya Peningkatan Ketersediaan Pangan dan Gizi Keluarga. 4(2), 568–576. https://doi.org/10.54259/pakmas.v4i2.3340
Gultom, S. P., Sitinjak, M. A., Sagala, N. T., Manalu, M. E., & Manurung, E. E. (2024). Meningkatkan Literasi Numerasi Dan Kesadaran Menjaga Kebersihan Lingkungan Desa Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(2), 1885–1892.
Lestari, D. D., Panggayuh, D. A. F., Ramadhan, C. S., Prasetyo, B. E., Mayoratri, M. H. P., & Kartika, D. S. Y. (2024). Upaya Pengembangan Tanaman Hortikultura Melalui Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Wujud Ketahanan Pangan Di Desa Galengdowo. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 37–44.
Muliantara, I. K., & Suarni, N. K. (2022). Strategi Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4847–4855. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847
Noer Aisiyah, C., Wulan Royani, S., Mu, W., & Haq, azzirul. (2024). Pengaruh Pandawara Grup Di Sosial Media Terhadap Literasi Kebersihan Lingkungan pada Kalangan Mahasiswa Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri, 2(02), 2964–2795. https://mand-ycmm.org/index.php/jpmm/article/view/688
Setyobudi, Y. T. (2024). Membangun Kesadaran Perubahan Iklim Berbasis Kearifan Lokal: Sebuah Gagasan Building Climate Change Awareness Based on Local Wisdom: An Idea. Jurnal Semarak Kabumian, 2(1), 18–29.
Sofa, A., Rafi, A., Dholifun Nafsi, N., Sri Rahayu, R., Wahidah, I., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Hortikultura di Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang Horticulture Training To Build Economy And Environmental Awareness in Sindangpakuon Village Of Sumedang Regency. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(28), 123–130. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
Suardike, P., & Prabawa, P. S. (2022). Kajian Pertanian Organik dalam Upaya Menyusun Kebijakan Pembangunan Pertanian Yang Berkelanjutan di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pertanian Agros, 24(3), 1156–1169.
Suwardji, D. A. D. (2024). Pemberdayaan Masyarakat melalui Budidaya Hortikultura untuk Ketahanan Pangan di Desa Akar-Akar. 2024.