Pelatihan Penilaian Formatif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 13 Maros
DOI:
https://doi.org/10.30605/atjpm.v6i1.4927Keywords:
motivasi, hasil belajar, strategi, penilaian formatif, dan keterampilanAbstract
Tujuan PKM ini adalah untuk memberi pengetahuan dan keterampilan melalui penilaian Formatif kepada siswa sekolah SMA Negeri 13 Maros. Melalui pelatihan dan pendampingan, siswa diharapkan memiliki motivasi, minat dan hasil belajar dengan metode dan strategi mengajar yg sesuai dengan karakteristik siswa. Selain itu, dengan pemberian pelatihan keterampilan dalam kegiatan ekstrakurikuler, dapat meningkatkan kreatifitas dalam rangka pengembangan aspek psikomotorik siswa. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode pelatihan partisipatif, dengan model ceramah, diskusi, dan praktek pelaksanaan penilaian formatif. Target khusus yang akan dicapai pada kegiatan program kemitraan masyarakat adalah terjadinya peningkatan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya penilaian di atas 92% peningkatan motivasi belajar. Minat belajar siswa setelah diadakan pelatihan terjadi peningkatan signifikan di atas 90%, terdapat nilai hasil belajar mengalami peningkatan di atas 95%. Oleh karena itu kegiatan pelatihan dianggap tercapai dengan metode dan strategi mengajar dengan metode PAIKEM. Hasil pelatihan juga menunjukkan bahwa respon siswa juga terlihat positif karena mereka cenderung lebih bersemangat apabila guru tidak sekedar mengajar, tetapi juga memberikan penilaian formatif dan juga tidak pelit memberikan pujian.
Downloads
References
A.D. KURNIA. 2021. Implementasi Penilaian Formatif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Tatap Muka Terbatas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran. Vol 2. No 1. Januari Tahun 2021 e-ISSN : 2798- 5466 P-ISSN : 2798-5725 DOI: https://doi.org/10.51878/strategi.v2i1.887
Cahyani, P. A. H. I., Nurjaya, I. G., & Sriasih, S. A. P. R. Analisis keterampilan bertanya guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas X TAV 1 SMKN 3 Singaraja. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1-12, from http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.7204
Chiron Nisak Aulina, Vanda Rezania, Evi Destiana. 2020. Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Pendampingan Bagi Guru Pos PAUD. FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Dewi, C. 2012. The effects of formative test and English instructional method on the students’ verbal linguistic competence. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 209- 233, from https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1114. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1114
Dzaky Isyuniandri, dkk. 2022. Pelatihan dan Pendampingan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Metode Eja ( Spelling Method ). DIKMAS. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian. Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana UN Gorontalo.
Greenstein, L. (2010). What teachers really need to know about formative assessment.Alexandria, VA: ASCD Publications.
Higgins, M., Grant, F., Thompson, P., dan Montarzino, A. 2010). Effective and efficient methods of formative assessment. CEBE Innovative Project in Learning & Teaching.
Muin. Nurmiah, dan Sitti Rabiah.2023. Proses Penilaian Formatif pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada Mahasiswa PBSI-UMI. Jurnal
Nana Sukmadinata, 2015. Pengembangan Kurikulum. Teori dan Praktek. Bandung, PT Rosdakarya.
Ni Ketut Rafi. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran dan Jenis Penilaian Formatif Terhadap Hasil Belajar IPA. email: PROPOSAL PKM INTERNAL UNGGULAN 2024[2].docx
Raden Bagus, Sentot Kusaeri, Sutarman. 2020. Pengembangan Model Penilaian Formatif Formal Berbantuan Untuk Membantu Pembelajaran Dinamika Rotasi njember@gmail.com:skusairi@Yahoo.com.
Sulthan Taqi Sampurna, Untung Raharja, Mardiana Viola Tasya. 2021. Media Pembelajaran iLearning 2.0 sebagai Pengabdian Masyarakat Terhadap Pendidikan Tinggi. Universitas Negeri Malang. DOI: https://doi.org/10.34306/adimas.v2i2.567
Shilbermen, 2013. Pembelajaran Aktif. Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta, Permata Putri Media.
Utami, F. P. (2015). Hubungan tes formatif dengan motivasi belajar asuhan persalinan pada mahasiswi universitas M.H. Thamrin. Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(2), 119-125, from http://lp3m.thamrin.ac.id/upload/jurnal/JURNAL-1519701905.pdf.
Widiastuti, I. A. M. S., & Saukah, A. (2017). Formative assessment in EFL classroom practices. Jurnal Bahasa Sastra Seni dan Pengajarannya, 45(1), from dx.doi.org/10.17977/um015v45i12017p050. DOI: https://doi.org/10.17977/um015v45i12017p050