Pemberdayaan Masyarakat Desa Cibitung Tengah KKN UNUSIA MD-08 MAGENTA

Pendidikan sebagai pondasi pembangunan desa yang inklusif

Authors

  • Della Risa Rachmawati Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v6i1.4736

Keywords:

pendidikan, inklusif, masyarakat, pemahaman, pembangunan

Abstract

Desa Cibitung tengah sejauh ini masih dalam tahap berkembang dari sisi pendidikannya, oleh karena itu kami sekelompok mahasiswa terjun secara langsung untuk pada kesempatan Kuliah Kerja Nyata dan melakukan penelitian ini demi membantu kemajuan pendidikan di desa tersebut secara inklusif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif yang berfokus pada keterlibatan aktif masyarakat dalam setiap tahapan program, terdiri dari Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Seminar, dan Pelatihan. Hasil dari program ini adalah terwujudnya desa pendidikan yang inklusif sebagai pondasi pembangunan desa. Sasarannya adalah seluruh warga RW 03 menjangkau berbagai kelompok masyarakat, termasuk anak-anak, remaja, dan ibu-ibu Majelis Ta’lim dengan maksimal 70 peserta di tiap-tiap forumnya dan berhasil meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan anak-anak sekolah serta memberikan pemahaman tentang teknologi dan kreativitas melalui pelatihan desain grafis  di kalangan masyarakat. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi model bagi program-program pengabdian masyarakat lainnya di masa depan, dengan tujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang lebih berkualitas dan berdaya saing di era global. Dengan demikian, pendidikan yang inklusif dan partisipatif menjadi kunci dalam menciptakan perubahan positif di masyarakat, serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Irwanto. (2022). PENGABDIAN KKM TEMATIK UNTIRTA DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT DI DESA PEGANDIKAN KECAMATAN LEBAK WANGI KABUPATEN SERANG-BANTEN. Jurnal Pengabdian Mandiri, Vol.1, No.8, Agustus 1507-1522. DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5713

Putra, A. (2021). OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA SUKAMANAH MENUJU ERA MODERN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 56-61.

Rusi R,A dkk. (2021). kuliah kerja nyata: pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm Baca Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Anak. OJS ATDS, Volume 1 Nomor 2 Juni 2022. DOI: https://doi.org/10.61457/jumpa.v1i1.2

Rerung, R. R., Pahmi, S., Suryana, A., & Gustian, D. ( 2021). Pemberdayaan Potensi Masyarakat di Bidang Sosial, Pendidikan, dan Teknologi dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Desa Margaluyu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Putra , Hal. 1-8 Vol. 1, No. 1 Mei. DOI: https://doi.org/10.52005/abdiputra.v1i1.71

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Rachmawati, D. R. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cibitung Tengah KKN UNUSIA MD-08 MAGENTA: Pendidikan sebagai pondasi pembangunan desa yang inklusif . Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 9–17. https://doi.org/10.30605/atjpm.v6i1.4736