Pelatihan Pembuatan Bros Dari Kain Perca bagi Anak Panti Asuhan di Kota Palopo

  • Nurasia Nurasia Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurmalasari S Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Bros, Kain perca, Pelatihan

Abstract

Kegiatan pelatihan pembuatan bros dari kain perca bagi anak panti asuhann di Kota Palopo bertujuan untuk mengenalkan masyarakat tentang kewirausahaan, memberikan edukasi kepada anak panti asuhan mengenai peluang wirausaha dan pembekalan keterampilan dalam membuat salah satu produk dari kain perca menjadi bros yang unik dan dapat dikomersialkan serta mempererat tali silaturrahmi antara seluruh civitas akademika UNCP dengan masyarakat Kota Palopo. Adapun metode dalam pengabdian ini terdiri 4 tahapan yaitu observasi, persiapan, pelaksanaan dan pendampingan. Pada tahapan pelaksanaan kegiatan dibagi kedalam 2 bagian yaitu pembekalan wirausaha dan praktek pembuatan produk wirausaha dalam hal ini pembuatan bros dari kain perca.  Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang. Hasil pelatihan berupa bros kain perca yang dapat dikembangakan menjadi aksesoris hijab maupun souvenir pernikahan. Berdasarkan wawancara dengan Pembina panti asuhan, mereka sangat tertarik dengan kegiatan pelatihan dan berharap akan ada keberlanjutan dari kegiatan pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Fauziawan, A. I. (2018). Estimasi Emisi Gas Karbondioksida (Co2) Dari Sektor Limbah Padat Di Kabupaten Karangasem Dengan Metode FIRST ORDER DECAY (FOD). Biota: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Hayati, 2(1), 37–45. Retrieved from http://ojs.uajy.ac.id/index.php/biota/article/view/1688.
Maleiva, L. T. N., Sitorus, B., & Jati, D. R. (2015). Penurunan Konsentrasi Gas Karbon Monoksida Dari Kendaraan Bermotor Menggunakan Adsorben Zeolit Alam. Jurnal Kimia Khatulistiwa, 4(1). Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jkkmipa/article/view/11725.
Rudjito. 2010. Pengembangan UMKM di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Samiaji, T., 2010. Upaya mengurangi CO2 di atmosfer. Berita Dirgantara, 10(3). Retrieved from http://jurnal.lapan.go.id/index.php/berita_dirgantara/article/view/745.
Sari, I. R. J., & Fatkhurrahman, J. A., 2015. Inventori Pencemaran Udara Parameter Non- Methane Hidrokarbon (NMHC) di Kabupaten/Kota Propinsi Jawa Tengah. Jurnal Riset Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri, 6(2), 59–66. Retrieved from http://202.47.80.55/jrtppi/article/view/1241.
Shofyatun A. Rahman, 2014. Pemanfaatan Kain Perca. Palu: Tadulako University Press.
Suryani, 2014. Meningkatkan Minat Untuk Memanfaatkan Barang Bekas Menjadi Nilai Ekonomis. Jakarta: Rineka Cipta
Widyati, E. (2013). Pentingnya keragaman fungsional organisme tanah terhadap produktivitas lahan. Tekno Hutan Tanaman, 6(1), 29–37. Retrieved from https://www.forda-mof.org/files/Tekno_6.1.2013-4.EnnyWidyati.pdf
Published
15-12-2020
How to Cite
Nurasia, N., & S, N. (2020). Pelatihan Pembuatan Bros Dari Kain Perca bagi Anak Panti Asuhan di Kota Palopo. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 59-65. Retrieved from https://e-journal.my.id/atjpm/article/view/431