Penyuluhan Status Gizi Pada Mahasiswa UKM Pada Cabang Olahraga Bola Voli Di Prodi Pendidikan Jasmani Universitas Megarezky

  • Muh Ilham Budi Utama Universitas Megarezky
  • Budyanita Asrun PNUP Makassar

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan antara masa kehidupan anak-anak dan masa kehidupan orang dewasa yang di tandai dengan pertumbuhan dan perkembangan dari anak-anak sampai dewasa. Perkembangan remaja dibagi menjadi tiga priode, yaitu remaja awal (10-14). Remaja pertengahan (15-17 tahun), dan remaja akhir (18-21 tahun). Mahasiswa dapat dikatakan sebagai remaja, dengan kisaran umur antara 17-22 tahun. Kegiatan pengabdian dikemas dalam bentuk sosialisasi. Dalam penyampaiannya berbagai materi kegiatan dilakukan dengan cara disampaikan ceramah dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Adapun hasil kegiatan yaitu mahasiswa sadar akan pentingnya gizi seimbang serta pemberian asupan gizi saat sebelum pertandingan dan setelah pertandingan adapun jumlah peserta dalam UKM tersebut adalah 50 orang. Temuan yang kami dapatkan hampir semua atlet pada cabang olahraga bola voli masih belum mengetahui status gizinya. Diharapkan dengan adanya pengabdian ini memberikan dampak yang signifikan bagi mahasiswa UKM pada cabang olahraga bola voli khususnya serta semua atlet pada UKM pada umumnya serta para pelatih atau pembina mengetahui status atlet sebelum bertanding sehingga kedepannya mampu memberikan yang terbaik kepada UKM ataupun lebih khususnya bagi Universitas Megarezky.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arisman, 2007. Buku Ajar Ilmu Gizi, Gizi dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Azrimaidaliza dan Idral Punakarya, 2011. Analisis Pemilihan Makanan pada Remaja di Kota Padang Sumatera Barat. Kesmas, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol. 6 No. 1, Agustus 2011.

Elnovriza, Deni., Hafni Bachtiar, Yenrina, 2009. Hubungan Pengetahuan dan Asupan Zat Gizi Dengan Status Gizi Mahasiswa di Asrama Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 4 No. 1, September 2009 – Maret 2010.

Hidayati, Khoirul Bariyyah, dan M. Farid, 2016. Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Pesona, Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 5 No. 02, hal 137-144, Mei 2016.

Published
30-06-2024
How to Cite
Budi Utama, M. I., & Asrun, B. (2024). Penyuluhan Status Gizi Pada Mahasiswa UKM Pada Cabang Olahraga Bola Voli Di Prodi Pendidikan Jasmani Universitas Megarezky. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 58-63. https://doi.org/10.30605/atjpm.v5i2.4105
Section
Articles