Implementasi Sistem Informasi Manajemen Ekstrakurikuler Berbasis Website di SMK Negeri 1 Sampang

  • Hary Suswanto Universitas Negeri Malang
  • achmad Hamdan
  • Muhammad Afnan Habibi
  • Wahyu Nur Hidayat
Keywords: Impelementasi, Sistem Informasi Manajemen, Ekstrakurikuler, Website

Abstract

Ekstrakurikuler merupakan  kegiatan  di luar jam pelajaran sebagai  upaya  membentuk  manusia seutuhnya untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan. SMK Negeri  1    Sampang adalah salah satu lembaga pendidikan kejuruan negeri  unggulan  di  kota  Sampang. Namun, pelayanan kegiatan ekstrakurikuler  disana masih belum maksimal. Sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan  pada mitra adalah mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Ekstrakurikuler (SIME) berbasis website. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan  layanan kegiatan  ekstrakurikuler  yang optimal kepada  siswa, meningkatkan  partisipasi  siswa dalam mendaftar  ekstrakurikuler, memberikan  fasilitas  kemudahan  bagi  pembina  dalam  melakukan  pengelolaan data manajemen kegiatan ekstrakurikuler, serta dapat meningkatkan efisiensi pelaksanaan dan pelaporan kegiatan ekstrakurikuler. Metode  pelaksanaan  kegiatan  abdimas  ini  adalah  observasi,  penentuan prioritas  solusi masalah, persiapan,  implementasi, pelatihan  dan pendampingan serta  review  dan evaluasi. Kegiatan impelementasi untuk menerapkan program SIME dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan pendampingan atau pelatihan penggunaan SIME. Pendampingan kepada peserta dilaksanakan secara tatap muka dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pendampingan adalah 10 guru dan 10 siswa perwakilan dari masing-masing kegiatan ekstrakurikuler. Hasil yang diperoleh adalah seluruh peserta dapat mengoperasikan sistem informasi manajemen yang dibuat serta SIME yang diimplementasikan dapat meningkatkan efektivitas monitoring dan evaluasi kegiatan  ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Sampang.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Chaidir, Achmad dkk. 2016. SIM-Ekskul: Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Ekstrakurikuler pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI) Vol. 1, No. 2, pp. 37~46.

Mulyani, A. dan Fadilah, R.R. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Garut Berbasis Web. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, p.57.

Peraturan Menteri Pendidikan RI Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Sutabri, T. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf. Diakses pada 20 Desember 2019.

Wati, Dwi Herlina dkk. 2019. Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Web (Studi Kasus : SMK Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah). Jurnal Teknokompak, Vol. 13, No. 2, 2019, 11-15.

Wirawan, I Made dan Hamdan, Achmad. 2014. Desain dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Ekstrakurikuler Berbasis Web di SMA Negeri 1 Sampang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Published
01-07-2023
How to Cite
Hary Suswanto, Hamdan, achmad, Muhammad Afnan Habibi, & Wahyu Nur Hidayat. (2023). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Ekstrakurikuler Berbasis Website di SMK Negeri 1 Sampang. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 86-97. https://doi.org/10.30605/atjpm.v4i2.2619
Section
Articles