Pembelajaran Matematika dengan Metode Jigsaw di Panti Asuhan Yayasan Aulia Rahmah Hasnah Balikpapan Utara

Authors

  • Noni Oktiana Setiowati Institut Teknologi Kalimantan
  • Sigit Rahmat Rizalmi Institut Teknologi Kalimantan
  • Amanda Dwi Wantira Institut Teknologi Kalimantan
  • Adiek Astika Clara Sudarni Institut Teknologi Kalimantan
  • Budiani Fitria Endrawati Institut Teknologi Kalimantan
  • Abdul Alimul Karim Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.30605/atjpm.v3i2.1782

Keywords:

Pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Panti asuhan merupakan sebuah lembaga sosial yang didirikan untuk mengasuh serta merawat anak-anak yang memiliki latar belakang keluarga yang kurang sempurna diantaranya seperti anak yatim dan/atau piatu dan anak fakir miskin. Panti Asuhan LKSA Amanah Qurrota A’yuni merupakan panti asuhan untuk anak-anak yang berada dibawah naungan Yayasan Aulia Rahmah Hasanah yang mengelola rumah yatim dan dhuafa dan berlokasi di Jl. Batu Ratna KM 11 RT. 11 No. 48 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Saat ini Panti Asuhan LKSA Amanah Qurrota A’yuni sudah merawat 14 anak dengan rentang usia 4-14 tahun. Sayangnya diantara anak-anak tersebut masih ada yang belum sekolah meski usia mereka tergolong dalam usia wajib mengikuti pendidikan dasar. Adapun pendidikan yang selama ini sudah diberikan oleh pihak Panti Asuhan LKSA Amanah Qurrota A’yuni masih dalam bentuk pendidikan karakter, sedangkan untuk pendidikan sains dari pihak panti belum bisa diberikan ke seluruh anak binaannya. Hal ini menjadikan pertimbangan kami untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan memfasilitasi anak - anak panti melalui salah satu bentuk pendidikan sains berupa pembelajaran matematika dengan metode jigsaw. Berdasarkan hasil pre-test sebelum pembelajaran dengan metode jigsaw dan post-test setelah pembelajaran dengan metode jigsaw, terdapat peningkatan hasil belajar peserta sebesar 70% dimana hasil nilai rata-rata matematika peserta pada saat pre-test adalah sebesar 40, sedangkan hasil nilai rata-rata matematika peserta pada saat post-test adalah sebesar 68, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi metode jigsaw yang telah dilakukan dalam pembelajaran matematika pada Panti Asuhan LKSA Amanah Qurrota A’yuni dapat meningkatkan hasil belajar peserta.

 

Kata kunci: Yayasan, Matematika, Penddikan, Metode Jigsaw, Hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Setiowati, N. O., Rizalmi, S. R., Wantira, A. D., Sudarni, A. A. C. ., Endrawati , B. F. ., & Karim, A. A. . (2022). Pembelajaran Matematika dengan Metode Jigsaw di Panti Asuhan Yayasan Aulia Rahmah Hasnah Balikpapan Utara. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 94–99. https://doi.org/10.30605/atjpm.v3i2.1782

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)