Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Berbasis Teknologi Tepat Guna (TTG) Clothing DI Makassar

  • Irwan Paserangi Universitas Fajar
  • Faris Jumawan Universitas Fajar
Keywords: Sablon, Managemen, Pemasaran

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu Negara atau daerah, pertumbuhan UMKM di sulawesi selatan khususnya di kota makassar mencapai 1 juta pelaku UMKM, mengakibatkan semakin ketatnya persaingan membuat pelaku bisnis bertindak semakin unggul dan penyesuaian diri pelaku bisnis terhadap perkembangan keadaan mutlak diperlukan. Pada kegiatan PKM ini yang menjadi mitra adalah “Phinsi Screen Printing”. mitra UMKM tersebut bergerak pada bidang penawaran barang dan jasa. Adapun barang yang ditawarkan adalah kaos clothing sedangkan jasa yang ditawarkan adalah jasa desain grafis dan jasa percetakan sablon kaos.

Permasalahan yang dialami mitra berdasarkan analisis situasi yang telah dilakukan oleh Tim PKM adalah peralatan yang digunakan masih manual, ManajemenUsahayangbelumprofesionaldan kurangnyastrategipemasaran.Adapun solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah (a) Memberikan sarana pada bidang produksi sehingga kelompok usaha dapat menambah variasi produk yang dihasilkan;(b) Memberikan pelatihan dan pendampingan perawatan alat produksi;(c) Memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang manajemen usaha;dan (d) Pendampingan kemitraan secara berkala dalam mengembangkan usahanya; dengan motede pendekatan pelatihan operasionalisasi alat “Meja Afdruk/Filem” dan alat “pres sablon kaos”, agar UMKM mitra lebih lancar dalam mengoperasikan alat, Metode pelatihan dengan memproduksi berbagai macam produksi sablon kaos, Metode perluasan pemasaran jasa percetakansablon kaos, untuk meningkatkan permintaan dan mengimbangi peningkatan penawaran produkdan Metode Pendampingan, agar dalam proses penerapan PKM ini, mitra dapat berjalan sesuai dengan program PKM, secara tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Dahlan, M. (2017). PERAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 81–86.

Melati, K. R. (2017). Perancangan dan Implementasi Perencanaan Bisnis dan Strategi Promosi bagi Kelompok Rintisan Usaha Mandiri Sanggar Batik Jenggolo dan Sekar Arum di Kota Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 2(2), 216–234. https://doi.org/10.22146/jpkm.27278

Published
02-12-2019
How to Cite
Paserangi, I., & Jumawan, F. (2019). Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Berbasis Teknologi Tepat Guna (TTG) Clothing DI Makassar. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 63-68. Retrieved from https://e-journal.my.id/atjpm/article/view/126