Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Menigkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Informatika

  • Jumarniati Jumarniati
  • Fahrul Basir Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Shindy Ekawati Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Karmila Karmila Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar mahasiswa adalah kurang aktifnya mahasiswa dalam pembelajaran, untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pembelajaran yang dapat menumbuhkan motivasi siswa yaitu pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keaktifan dan peningkatan hasil belajar pada matakuliah matematika Informatika dengan penerapan Kooperatif tipe Jigsaw. penelitian, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mendeskripsikan hasil belajar siswa, subjek penelitian ini adalah mahasiswa  informatika semester I sebanyak 37 mahasiswa. Kriteria hasil belajar terpenui pada siklus II, artinya model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah matematika informatika. Peningkatan hasil belajar mahasiswa dri siklus I ke siklus II berada pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anitra, R. (2021). Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 8-12.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Pendekatan Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279-295.

Kusumawati, N. I., & Supriadi, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa melalui Modifikasi Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Kuliah Struktur Aljabar II 94. Jurna Penelitianl Pendidikan Matematika, 2 (1), 94-104.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Nasution, E., & Fahreza, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Suak Timah. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 33-45.

Sudjana, N. (2010). Pendekatan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putu Utama.

Suryanita, N. P., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2 (3), 258-269.

Widodo, Sri Adi, Turmudi, & Dahlan, J. A. (2019). An Error Students In Mathematical Problems Solves Based On Cognitive Development. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(07), 433–439.

Published
17-08-2023
How to Cite
Jumarniati, J., Basir, F., Ekawati, S., & Karmila, K. (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Menigkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Informatika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 297-305. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2855

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3