Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

  • Nirfayanti Nirfayanti Universitas Muslim Maros
  • Nurbaeti Nurbaeti Universitas Muslim Maros
Keywords: Google Classroom, Analisis Real, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran google classroom terhadap motivasi belajar Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain One Shot Case Study. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester V yang sedang memprogramkan mata kuliah Analisis Real 1 Program Studi Pendidikan Matematika lingkup FKIP Universitas Muslim Maros yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes hasil belajar dan lembar angket motivasi belajar Mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t-test dengan bantuan SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar mahasiswa setelah diterapkan pembelajaran google classroom. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung = 43,116 dengan nilai-p = 0,000 < α = 0,05. Selain itu, nilai skor rata-rata hasil belajar mahasiswa dan persentase nilai respon mahasiswa masing-masing sebesar 78,31 yang berada pada kategori tinggi dan 83,72% yang berada pada kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aditama, F. dan A. Haris Rosyid. (2014). Efektivitas Pembelajaran Induktif Berbantuan Geogebra Pada Materi Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(3): 69 – 78.

Afrianti, W. E. (2018). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi (Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia). Skripsi Dipublikasikan. Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta

Hammi, Zedha. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Universitas Negeri Semarang

Dai, D. Y., & Sternberg, R. J. (2004). Motivation, emotion, and cognition: Integrative perspectives on intellectual functioning and development. Routledge.

Khoiroh, N., Munoto, D., & Anifah, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97–110.

Masriyah. (2006). Modul 9 Penyusunan Non Tes. Universitas Terbuka: Surabaya.

Nirfayanti; Dedy Setyawan. (2018). Efektifitas Pembelajaran Program Linear Berbantuan Geogebra Terhadap Hasil Belajar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 22–30. Retrieved From https://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1047

Tiro, Arif. (2004). Dasar-Dasar Statistik. Ujung Pandang: UNM

Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: BumiAksara.

Widyaningrum, Yulia Tri, and Ch Enny Murwanintyas. (2012). “Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Terhadap Grafik Fungsi Kuadrat Di Kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013.” In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 975–980. Yogyakarta

Published
17-02-2019
How to Cite
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211
Section
Articles