Analisis Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent

  • Marufi Marufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Rio Fabrika Pasandaran Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ahmad Yogi Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Pemahaman Konsep, Geometri, Gaya Kognitif, Field Dependent, Field Independent

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pemahaman konsep geometri mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, dan (2) pemahaman konsep geometri mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent. Penelitian ini dilaksanakan di program studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP angkatan 2015 yang terdiri 1 subjek yang memiliki gaya kognitif field dependent dan 1 subjek yang memiliki gaya kognitif field independent. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep geometri subjek yang memiliki gaya kognitif field dependent hanya memenuhi 4 indikator yaitu: (a) menyatakan secara verbal konsep yang dipelajari, (b) mengklasifikasikan konsep berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan, (c) menerapkan konsep secara algoritma, dan (d) menerapkan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi. Indikator yang belum dapat SFD lakukan adalah mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika). Pemahaman kondep geometri subjek yang memiliki gaya kognitif field independent dapat memenuhi ke lima indikator dari pemahaman konsep yaitu (a) menyatakan secara verbal konsep yang dipelajari, (b) mengklasifikasikan konsep berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan, (c) menerapkan konsep secara algoritma, (d) menerapkan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi, dan (e) mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika).

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(2).

Farida, A. (2013). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dengan Metode Permainan Pasaran terhadap Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa SD di Kecamatan Bajarsari Kota Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ilyas, M., & Basir, F. (2016). Analysis Of Student’s Conceptual Understanding Of Mathematics On Set At Class VII SMP Frater Palopo. International Conference on Mathematic, Science, Technology, Education and their Applications. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008. Palembang: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang.

Kristanto, B. R. (2016). Analisis Proses Berpikir dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Boyolali. Salatiga: Universitas Kristen Satya.

Moleong, J. L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muniri. (2015). Karakteristik Berpikir Intuitif Siswa SMA Bergaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nurrokhmah, F. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VII SMP. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rochmawati, A., & Hariastuti, R. M. (2017). Analisis Pemahaman Siswa pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent dan Field dependent. Transpormasi Jurnal Pendidikan Matematika dan matematika, 1(1).

Susanto, H. A. (2012). Pemahaman Mahasiswa Field Independent dalam Pemecahan Masalah Pembuktian pada Konsep Grup. Aksioma, 1(1).

Widodo, B. J. (2016). Analisis Epistemic Cognition Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganom Tahun Ajaran 2015/2016. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Published
12-08-2018
How to Cite
Marufi, M., Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 56-67. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/197
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>