Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Genre

  • Heldita Sumbung Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Marufi Marufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Salwah Salwah Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Student Team Achievment Division (STAD), pemecahan masalah, minat belajar siswa, gender

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas dengan dua objek yaitu siswa lakilaki dan siswa perempuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII8 SMP Negeri 8 Palopo. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket minat belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah ui-t. Hasil penilitian ini menemukan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pepecahan masalah matematis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo setelah diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD), (2) tidak terdapat perbedaan peningkatan minat belajar matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan setelah diajarkan dengan model pembelajaran tipe Student Team Achivment Division (STAD).

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Nur dan Palobo. 2018. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Masamus. Marauke.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Mulia Mandiri Press. Bandung.

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI. Bandung.

Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan Edisi ke-5. Jakarta: Rajawali .

Sunarti, Y. 2018. Evektifitas Model Cooperatif Tipe Scrip Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Minat Belajar Siswa Kelal VII SMP Kristen Rante Damai. Skripsi tidak diterbitkan. UNCP-Palopo

Triani, S. 2014. Perbandingan Minat Belajar Siswa Laki-laki dan Perempuan di SMP Negeri 9 kota Jambi. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Jambi-Jambi.

Zulkarnain dan Sari. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Lesson Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Matematika – FKIP. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Published
28-11-2019
How to Cite
Sumbung, H., Marufi, M., & Salwah, S. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Genre. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 27-38. https://doi.org/10.30605/2615-7667.223
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)