GAMBARAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7325

Authors

  • Syahrullah Asyari Universitas Negeri Makassar
  • Sahid Universitas Negeri Makassar
  • Ahmida Nuraliyah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

berpikir reflektif, gaya kognitif, gaya kognitif field dependent

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subjek penelitian sebanyak dua siswa Kelas VIII B4 SMP Buq’atun Mubarakah yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen utama, yaitu peneliti, dan instrumen pendukung meliputi tes gaya kognitif, tes kemampuan berpikir reflektif, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengikuti alur kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya kognitif field dependent mampu memenuhi tiga dari lima indikator kemampuan berpikir reflektif, yaitu: mengumpulkan seluruh informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah, menemukan ide yang pertama kali muncul setelah memahami masalah, dan mengembangkan kemungkinan solusi dari informasi yang diperoleh. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dengan mengungkap secara mendalam karakteristik kemampuan berpikir reflektif siswa bergaya kognitif field dependent pada konteks pemecahan masalah geometri, yang sebelumnya jarang dikaji secara terpisah dari gaya kognitif lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiman, H. (2019). Mengukur Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Mahasiswa pada Materi Diferensiasi dan Integrasi Numerik. Prisma, VIII(1), 58–67. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.3080 DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.380

Dewey, J. (1933). How We Think. DC Heath and Company

Febrian, F., Ananda, R. A., & Tambunan, L. R. (2022). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Hitung Pecahan Campuran Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. Jurnal Gantang, 6(2), 163–168. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.1931 DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.1931

Giancola, M., Palmiero, M., & D'amico, S. (2022). Field dependent-independent cognitive style and creativity from the prosess and product-oriented approaches: A systematic review. Creativity Studies, 15(2), 542-559. DOI: https://doi.org/10.3846/cs.2022.15988

Handayani, K. I., M, D., & Kamid, K. (2021). Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependence dan Field Independence. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1650–1660. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.659 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.659

Handayani, N., & Arifin, R. (2021). Analysis of Students’ Errors in Solving Geometry Problems Based on Cognitive Style. Beta Jurnal Tadris Matematika, 14(2), 158–170. https://doi.org/10.20414/betajtm.v14i2.285

Hardiansyah, F., & Wahdian, H. (2023). The relationship between cognitive style and problem-solving ability in science. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 6(2), 5661.

Ismiyati, N. (2019). Gaya Kognitif Konseptual Tempo. Global Research and Consulting Institute.

Janah, S. N., Rasiman, R., & Handayanto, A. (2021). Proses Berpikir Siswa Smk Dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 150–158. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i2.7487 DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i2.7487

Kurniawan, L. C., & Wahyuni. (2023). Studi Literatur: Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Himpunan. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 10(1), 45-52. https://doi.org/10.60076/ijstech.v1i1.10 DOI: https://doi.org/10.60076/ijstech.v1i1.10

Mafaza, A. N., & Subekti, F. E. (2024). Berpikir Reflektif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 10(1), (27-40) DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v10i1.8456

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third).

Prisila, I. P., Hernawati, D., & Ali, M. (2021). Korelasi Kemampuan Berpikir Reflektif Terhadap Self-Confidence. Jurnal Metaedukasi, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.37058/mataedukasi.v3i1.3002

Salsabila, F., & Surya, A. (2025). Gaya Kognitif pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review (SLR). Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 8(3), 2179–2189.

Sari, A. D., Hastuti, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1115–1128. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.318 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.318

Sari, Y., Swastika, A., & Tanyono, D. (2025). Students' mathematical reflective thinking ability in solving higher order thinking skills (HOTS) type problems as seen from cognitive style. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 13(1), 65–78. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v13i1.10599

Sofakhiroh, Prayoga, S., Puspitaningayu, T., & Mustika Sari, N. (2024). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 64–72. DOI: https://doi.org/10.35508/fractal.v5i1.16094

Suhaji, I. P., Widadah, S., Sukriyah, D., Sidoarjo, S. P., Sidoarjo, S. P., & Sidoarjo, S. P. (2019). Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Math Journal, X(X). DOI: https://doi.org/10.31102/zeta.2020.5.1.8-15

Suwartia, S., & Syaiful, S. (2023). Analisis Berpikir Reflektif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 796–809. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.990 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.990

Syamsulrizal, Khabibah, S., Lukito, A., & Madzkiyah, A. F. (2025). Students’ critical thinking dispositions in view of cognitive styles: Exhibiting confidence in reasoning and inquisitive. Perspektivy Nauki i Obrazovania (Perspectives of Science and Education), (1), 583–594. https://doi.org/10.32744/pse.2025.1.37 DOI: https://doi.org/10.32744/pse.2025.1.37

Wahidah, N., Sunardi, S., Suwito, A., Yudianto, E., & Ambarwati, R. (2024). Analisis Habits of Mind Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Segi Empat Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 222–234. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3131. DOI: https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3131

Wardhany, T., & Muhid, A. (2024). Keterampilan Berpikir Kreatif : Suatu Kajian Literatur Sistematik. 2(3), 294-302. https://doi.org/10.61132/observasi.v2i3.517 DOI: https://doi.org/10.61132/observasi.v2i3.517

Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D. R., & Cox, P. W. (1977). Field-dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64. https//doi.org/10.2307/1169967 DOI: https://doi.org/10.3102/00346543047001001

Zakiah, N. E. (2020). Level Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132–147. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.30458 DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.30458

Downloads

Published

2025-11-09

How to Cite

Asyari, S., Sahid, S., & Nuraliyah, A. (2025). GAMBARAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT . Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1759–1774. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7325