ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH DIMENSI TIGA DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6174

Authors

  • Bernard Bernard Universitas Negeri Makassar
  • Sahid Sahid Universitas Negeri Makassar
  • Fakhirah Mutmainnah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Penalaran Matematis, Pemecahan Masalah, Dimensi Tiga, Self-Regulated Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan penalaran dalam memecahkan masalah dimensi tiga ditinjau dari self-regulated learning siswa dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa, yaitu 2 siswa dengan kategori self-regulated learning tinggi, 2 siswa kategori self-regulated learning sedang, dan 2 siswa kategori self-regulated learning rendah. Keenam subjek tersebut adalah siswa kelas XII MAN 3 Bone tahun ajaran 2024/2025. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket, tes kemampuan penalaran dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subjek kategori self-regulated learning tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mampu mengajukan dugaan dengan relevan dan jelas, mampu melakukan manipulasi dengan benar, mampu memberikan alasan yang mendukung solusi, mampu menarik kesimpulan dengan relevan dan jelas, mampu melakukan pemeriksaan kesahihan secara menyeluruh dan mampu menemukan pola atau sifat dari gejala matematis yang tepat. Subjek melakukan setiap langkah pemecahan masalah yaitu memahami permasalahan pada soal, menyusun rencana penyelesaian dengan benar, melaksanakan rencana penyelesaian hingga menemukan solusi dari pertanyaan dan memeriksa kembali solusi yang didapatkan. (2) Subjek kategori self-regulated learning sedang memenuhi 4 dari 6 indikator kemampuan penalaran matematis kecuali indikator memberikan alasan yang mendukung solusi dan menemukan pola atau sifat dari gejala matematis yang tepat. Kedua subjek melakukan setiap langkah pemecahan masalah yaitu memahami permasalahan pada soal, menyusun rencana penyelesaian dengan benar, melaksanakan rencana penyelesaian hingga menemukan solusi dari pertanyaan dan memeriksa kembali solusi yang didapatkan. (3) Subjek kategori self-regulated learning rendah memenuhi 3 dari 6 indikator kemampuan penalaran matematis kecuali indikator memberikan alasan yang mendukung solusi, melakukan pemeriksaan kesahihan secara menyeluruh dan menemukan pola atau sifat dari gejala matematis yang tepat. Kedua subjek melakukan 3 dari 4 langkah pemecahan masalah kecuali pada langkah memeriksa kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Z. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Danişman, Ş., & Erginer, E. (2017). The Predictive Power Of Fifth Graders’ Learning Styles on Their Mathematical Reasoningand Spatial Ability. Cogent Education, 4(1), 1–18.
Hadi, W. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Discovery dengan Pendekatan Saintifik. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 93-108. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol1no1.2016pp93-108
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan self-efficacy siswa SMP dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Maran, R. R. (2007). Pengantar Logika. Jakarta: PT Grasindo.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teacher of Mathematics Inc.
Nuralam, N., & Maulidayani, M. (2020). Capaian kemampuan penalaran matematis siswa dengan model air. Numeracy, 7(1), 35-48. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.997.
Polya, G. (1945). How to Solve It. New Jersey: Princeton University Press.
Ratau, A. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 42-59. https://doi.org/10.33477/mp.v4i1.308

Rizqia, R., Senjayawati, E., & Kadarisma, G. (2022). Analisis Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Spldv. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 741-750. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.10233
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran matematika; cara meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Graha Ilmu.
Suriasumantri , J. S. (2009). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Usman, H. (2017). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan PenalaranMatematis Siswa MTs 1 Model Makassar.
Wahyuningsih, B. Y. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Self Regulated Learning (Kemandirian Belajar) Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2762-2771.
Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Wildan, W., Sutiarso, S., Firdaus, R., & Suningsih, A. (2023). Hubungan kemampuan penalaran matematis dan pemecahan masalah matematika materi matrik terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 12(2), 320-330.
Wulandari, S., Pranata, O. H., & Suryana, Y. (2018). Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445-452.
Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran efikasi diri (self-efficacy) dan kemampuan berpikir positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Bernard, B., Sahid, S., & Mutmainnah, F. . (2025). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH DIMENSI TIGA DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 653–666. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6174