PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7301

Authors

  • Sahid Universitas Negeri Makassar
  • Hamda Universitas Negeri Makassar
  • Sumarni Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar Matematika, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa. Menggunakan desain quasi-experimental dengan model pre-test post-test control group, sampel penelitian terdiri atas dua kelas VIII di SMPN 4 Bangkala Barat yang dipilih secara cluster random sampling. Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Namun, baik siswa dengan motivasi tinggi maupun rendah menunjukkan hasil belajar matematika yang lebih tinggi ketika diajar menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Secara keseluruhan, pembelajaran berdiferensiasi terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106–124. DOI: https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636–646. DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Kamal, S. (2021). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI Mipa SMA Negeri 8 barabai. Jurnal Pembelajaran dan Pendidik, 1(1), 409–651.

Sholikhah, O. H., Budiyono, & Saputro, D. R. S. (2014). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan numbered heads together (NHT) Pada materi garis singgung lingkaran ditinjau dari kecerdasan majemuk siswa kelas VIII SMP Negeri se-kota Madiun Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(7), 727–739.

Putri, B. C., Aldila, F. T., & Matondang, M. M. (2022). Hubungan antara karakter motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Integrated Science Education Journal, 3(2), 45–49. DOI: https://doi.org/10.37251/isej.v3i2.252

Ridho’i, M. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa MTS miftahul ulum pandawangi. Jurnal E-DuMath, 8(2), 118–128. DOI: https://doi.org/10.52657/je.v8i2.1809

Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/332415017

Winahyu, F. H., Nulhakim, L., & Rumanta, M. (2024). Pengaruh pembelajaran problem based learning berdiferensiasi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 661–669. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6351

Downloads

Published

2025-11-05

How to Cite

Sahid, S., Hamda, H., & Sumarni, S. (2025). PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1669–1687. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7301