PENGGUNAAN LABIRIN; THE BOARD GAME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7240

Authors

  • Deni Dwi Putra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Maman Fathurrohman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hepsi Nindiasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Novaliyosi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Labirin; The Board Game, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan awal matematika, pembelajaran matematika, siswa SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Labirin; The Board Game terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK dengan mempertimbangkan kemampuan awal matematika. Penelitian dilaksanakan di SMKS Al Husna tahun pelajaran 2025/2026 dengan metode kuasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang belajar menggunakan Labirin; The Board Game dan kelas kontrol yang belajar tanpa media tersebut, masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket kemampuan awal matematika (KAM), dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, uji t, dan ANAVA dua jalur, disertai analisis kualitatif hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan Labirin; The Board Game dengan siswa yang belajar tidak menggunakan Labirin; The Board Game. Kemampuan awal matematika juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dan terdapat interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan awal. Wawancara mengungkap bahwa siswa berkemampuan awal tinggi dan sedang lebih reflektif dalam berpikir, sedangkan siswa berkemampuan rendah mengalami peningkatan motivasi dan partisipasi. Secara keseluruhan, Labirin; The Board Game efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan menciptakan pembelajaran aktif, kolaboratif, serta menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aflah, T., Maimunah, M., & Roza, Y. (2024). Analysis of problem solving ability based on Polya theory in solving comparative material problems. Jurnal Math Educator Nusantara, 10(2), 309–323. ojs.unpkediri.ac.id DOI: https://doi.org/10.29407/jmen.v10i2.22784

Agustina, R., & Nurdiyanto, A. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK berdasarkan tahapan Polya. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 11(3), 160–169. https://doi.org/10.23960/mtk/v11i3.pp160 169

Agustini, D. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMKN Pandeglang selama pembelajaran daring [Unpublished thesis]. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. DOI: https://doi.org/10.33394/mpm.v10i2.6721

Ajayi, L. A., Mhlolo, M. K., & Madzima, T. R. (2022). Collaborative learning approaches and mathematics problem-solving skills among high school students. International Journal of Instruction, 15(1), 329–344. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15119a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2022.15119a

Aloraini, S. (2022). The impact of using multimedia on students’ academic achievement in the College of Education at King Saud University. Journal of Education and Learning, 11(4), 92–99. https://doi.org/10.5539/jel.v11n4p92 DOI: https://doi.org/10.5539/jel.v11n4p92

Amin, S. M., Saleh, M., & Imran, M. (2022). The effect of game-based learning on students’ mathematics achievement: A quasi-experimental study. Education and Human Development Journal, 7(2), 145–154. https://doi.org/10.33086/ehdj.v7i2.3214

Apriyani, F., & Imami, A. I. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kecemasan matematika siswa SMK. Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 278–284. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2036

Aulia, N., & Surya, E. (2022). Analysis of students' difficulties in understanding mathematics concepts using concrete media. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(3), 210–215. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i3.246

Bakar, S. A., Salim, N. R., Ayub, A. F. M., & Gopal, K. (2021). Success indicators of mathematical problem-solving performance among malaysian matriculation students. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(3), 97-116. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.3.7 DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.20.3.7

Bruner, J. S. (1966). Toward a theory of instruction. Harvard University Press.

Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). Designing and conducting mixed methods research (3rd ed.). SAGE Publications.

Djam’an, N., Hartono, A., & Rahayu, P. (2023). Reflection on the latest PISA results of Indonesia. Journal of Education Research and Evaluation, 7(3), 412–423. https://www.researchgate.net/publication/371662308

Damayanti, N. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi barisan dan deret geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107-118. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162

Fairos, F. N., Nasaruddin, N. I. S., & Ahmad Fesol, S. F. (2024). MathMindset: game-based learning to reduce math anxiety. Progress in Computer and Mathematics Journal (PCMJ), 1, 87-100.

Fathurrohman, M., Nindiasari, H., & Rahayu, I. (2022). A conventional and digital mathematical board game design and development for use by students in learning arithmetic. Journal on Mathematics Education, 13(4), 631-660. http://doi.org/10.22342/jme.v13i4.pp631-660 DOI: https://doi.org/10.22342/jme.v13i4.pp631-660

Fathurrohman, M., Pamungkas, A. S., Satyanegara, D., Putra, D. D., Lesmana, R., Jannah, F. M., ... & Gemilang, A. P. (2023). Produk Intelektual Kampus Board Game Labirin Matematika: Ragam Model Dan Potensi Penggunanya. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 16(2), 303-311. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v16i2.21665

Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zhanty, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendikia, 4(1), 227-236. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.192

Firmansyah, T., Maria, S. H. T., & Karolina, V. (2024). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK. Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 55–65. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24912 DOI: https://doi.org/10.26740/ipf.v10n3.p1-12

Fitriani, E., Akbar, S., & Rohendi, D. (2021). Development of interactive multimedia to improve students’ mathematical understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 012034. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012034 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012034

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. DOI: https://doi.org/10.1119/1.18809

Hasanah, U., & Surya, E. (2022). The effect of constructivism-based learning models on students’ mathematical problem-solving ability. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 29(1), 26–33. https://doi.org/10.52155/ijpsat.v29.1.3274

Hasibuan, Y. R., Khairani, N., & Surya, E. (2023). Pengaruh kemampuan awal matematis dan model Learning Cycle 5E berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemandirian belajar matematis siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 740–750. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2168 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2168

Hofifah, F., Siskawati, F. S., & Irawati, T. N. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK ditinjau dari adversity quotient. e-DuMath: Jurnal Edukasi Matematika, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1939 DOI: https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1939

Hui, H. B., & Mahmud, M. S. (2023). Influence of game-based learning in mathematics education on the students’ cognitive and affective domain: A systematic review. Frontiers in Psychology, 14, 110580. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.110580 DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1105806

Humaira, M. H. S., Murni, A., & Roza, Y. (2024). Analisis kecakapan pemecahan masalah matematis peserta didik SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (PROSEMNAS), 4(1), 251–257.

Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan pembelajaran daring. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 150-160. https://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v1i2.8405

Kusumawati, S., & Rizki, N. (2022). Pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan problem solving siswa SMK. Jurnal Pendidikan Matematika Untirta, 6(1), 45–56.

Lesmana, R., Fathurrohman, M., Nandang Mustafa, A. (2024). Pengembangan desain papan permainan Labirin; The Board Game untuk melatih kemampuan numerasi siswa [Bachelor’s thesis, Untirta]. EPrints Repository Untirta.

Mailisman, N. (2025). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Berdasarkan Langkah Polya. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 26-33. https://doi.org/10.36815/majamath.v8i1.3733

Miftakhul Jannah, F., Nindiasari, H., & Ihsanudin. (2024). Efektivitas media pembelajaran board game Labirin Matematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP pada materi bilangan bulat. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Muazizah, A., & Ningsih, R. (2025). Efektivitas penerapan media pembelajaran board game untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3711

Mubarok, H., & Efendi, R. (2021). Development of differentiated learning media in mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 042103. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042103 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042103

Nandang Mustafa, A. (2023). Reflection on the latest PISA results of Indonesia. International Journal of Advanced Research, 11(05), 1223-1228. http://dx.doi.org/10.21474/IJAR01/16988 DOI: https://doi.org/10.21474/IJAR01/16988

Nindiasari, H., Pranata, M. F., Sukirwan, S., Sugiman, S., Fathurrohman, M., Ruhimat, A., & Yuhana, Y. (2024). The use of augmented reality to improve students' geometry concept problem-solving skills through the STEAM approach. Infinity Journal, 13(1), 119-138. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i1.p119-138 DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v13i1.p119-138

Nindiasari, H., Syamsuri, S., & Sukirwan, S. (2021). Merancang Strategi Pembelajaran Daring Berbasis HOTS Untuk Mencapai Students Wellbeing Pada Smk. Merancang Strategi Pembelajaran Daring Berbasis HOTS Untuk Mencapai Students Wellbeing Pada SMK, 2(2). http://conference.um.ac.id/index.php/hapemas/index

Nurhayati, T., Aeni, S., & Irawati, R. (2021). Analisis kemampuan awal matematika siswa SMP pada materi bangun ruang. Jurnal Pena Ilmiah, 4(1), 789–798. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/27726

Nurjanah, N., & Nindiasari, H. (2023). Penerapan metode discovery learning berbantuan media visual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(1), 11–20. https://doi.org/10.26737/jpmi.v8i1.4397

Nur, M., Jailani, J., & Parta, I. N. (2021). Analysis of students’ prior mathematical ability and its implications in learning fraction. International Journal of Instruction, 14(2), 745–762. https://eric.ed.gov/?id=EJ1294543

Nurul, M., & Hamdunah, H. (2024). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII ditinjau dari minat belajar. Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 47–57. DOI: https://doi.org/10.29300/equation.v6i1.8256

OECD. (2023). PISA 2022 results (Volume I): The state of learning worldwide. OECD Publishing.

Polya, G. (1957). How to solve it: A new aspect of mathematical method (2nd ed.). Princeton University Press.

Pramudita, M. P., Ambarwati, R., & Hidajat, R. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 230–241. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2391 DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v12i2.5604

Prihandoko, G. K., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan board game “Labyrinth in the Forest” untuk siswa SMP materi bilangan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 578–590. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.548 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.548

Puteh, S. N., Hussin, Z., & Abdullah, A. H. (2021). The effectiveness of discovery learning with GeoGebra on mathematics achievement and higher order thinking skills. International Journal of Instruction, 14(4), 319–336. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14419a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2021.14419a

Putra, D. D., Novaliyosi, Nindiasari, H., & Fathurrohman, M. (2025). Pengembangan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(3), 967–983. https://doi.org/10.56916/ejip.v4i3.1610 DOI: https://doi.org/10.56916/ejip.v4i3.1610

Putra, D. D., Pamungkas, A. S., Nindiasari, H., Fathurrohman, M., & Porter, A. (2024). Impact the Labirin; The Board Game on the Student's Numeracy Ability. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 9(1), 32-42. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v9i1.3299 DOI: https://doi.org/10.23917/jramathedu.v9i1.3299

Radityastuti, E. Y., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2023). Implementasi digital game-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa smp. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 12(1), 96-105. https://doi.org/10.30821/axiom.v12i1.16047 DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v12i1.16047

Rahma, T. T., & Sutami, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Realistik dengan Langkah Polya Pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1416-1426. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2406 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2406

Rahmawati, R., & Juariah, J. (2021). The effectiveness of learning media based on educative games to reduce mathematics anxiety. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 88–94. https://doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2310

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175-187. doi : https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069 DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Riyadi, A., Suryadi, S., & Prabawanto, P. (2024). Penerapan Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan problem solving siswa SMK. International Journal of Vocational Education Research, 12(2), 123–137.

Rosalinda, M., Purba, S. C., & Manalu, R. U. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp pada materi statistika ditinjau dari kemampuan awal matematika. Brillo Journal, 1(2), 49-59. https://doi.org/10.56773/bj.v1i2.10 DOI: https://doi.org/10.56773/bj.v1i2.10

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito, Y. (2020). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya (Edisi Revisi). PT RajaGrafindo Persada.

Saefullah, A. (2021). Statistik Untuk Penelitian. Tangerang Selatan: Pusat Penerbit STIE Ganesha.

Sanjaya, W. (2021). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenadamedia Group.

Sari, M., Hidayat, W., & Zulkardi, Z. (2020). Development of contextual video learning media to overcome students’ learning difficulties. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2), 022047. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022047 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022047

Sinaga, B., Sitorus, J., & Situmeang, T. (2023, February). The influence of students’ problem-solving understanding and results of students’ mathematics learning. In Frontiers in Education (Vol. 8, p. 1088556). Frontiers Media SA. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1088556 DOI: https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1088556

Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika: systematic literature review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45-59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06 DOI: https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06

Solehah, A., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pembelajaran Daring. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176-186. https://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v1i2.8910 DOI: https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i4.13086

Sudirman, Kondolayuk, M. L., Sriwahyuningrum, A., & Cahaya, I. made E. (2022). Metodologi-Penelitian-1-Deskriptif-Kuantitatif: Vol. vi.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suherlan, M. Z. F., Bernard, M., & Zanthy, L. S. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK pada materi matriks berdasarkan indikator Polya. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), 8(1), 11–20. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.11206 DOI: https://doi.org/10.23960/mtk/v11i3.pp160-169

Sutopo, Y., & Slamet, A. (2017). Statistika Inferensial: Vol. I (Giovanny). ANDI.

Sutopo, S., Oktavia, L., & Kuswardi, Y. (2023). Experimentation of Learning Cycle 7E assisted by labyrinth board game and Putar Bawah Game on mathematical reasoning ability in view of students' self-regulated learning. International Journal on Emerging Mathematics Education, 8(1), 1–20. https://doi.org/10.12928/ijeme.v8i1.28458 DOI: https://doi.org/10.12928/ijeme.v8i1.28458

Tsani, D. F., Saminanto, S., & Saputra, W. R. (2021). Pengembangan media pembelajaran board game Go-Metra untuk kemampuan berpikir kreatif matematis materi transformasi geometri. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 14–29. https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3676 DOI: https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3676

Ulfa, Y. L., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi jarak pada bangun ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415-424. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1426

Wahyuni, D., & Nindiasari, H. (2024). Penerapan strategi Means Ends Analysis melalui model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Journal on Education, 7(2), 9303–9315. https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.7878 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.7878

Yanti, A. W., Arrifadah, Y., & Mustikarini, A. A. (2022). Students’ Reflective Abstraction Level in Solving Mathematics Problems Based on Cognitive Styles field Independent (FI) and Field Independent (FD). Matematika dan Pembelajaran, 10(2), 140-156. http://dx.doi.org/10.33477/mp.v10i2.2968 DOI: https://doi.org/10.33477/mp.v10i2.2968

Yasin, M., Yuhana, Y., & Fatah, A. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK ditinjau dari tahapan Polya. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.317 DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.317

Zhang, D., & Lin, C. H. (2020). Learning mathematics through games: Effects of game-based learning on students’ achievement and engagement. Education and Information Technologies, 25, 2763–2777. https://doi.org/10.1007/s10639-019-10068-7

Zuhriyah, A., & Nurimani, N. (2021). Penerapan pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMK Yatindo. Jurnal Ilmiah Pendidikan (JIP), 9(1), 16–24.

Downloads

Published

2025-11-13

How to Cite

Putra, D. D., Fathurrohman, M., Nindiasari, H., & Novaliyosi, N. (2025). PENGGUNAAN LABIRIN; THE BOARD GAME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1835–1853. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7240