SLR: PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6239

Authors

  • Amelia Muslimah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hepsi Nindiasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ade Nandang Mustofa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

media interaktif, Canva, pemahaman konsep matematis, minat belajar, systematic literature review

Abstract

Kemajuan teknologi menuntut pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik masa kini. Salah satu media yang potensial adalah Canva, sebuah aplikasi desain grafis berbasis digital yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis penerapan media interaktif Canva dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 12 artikel terpilih yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil kajian menunjukkan bahwa seluruh studi yang dianalisis menyatakan bahwa penggunaan Canva secara signifikan mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa, khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mayoritas penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dan tidak ditemukan studi yang menggunakan metode campuran. Temuan ini mengindikasikan bahwa media interaktif Canva dapat menjadi alternatif efektif dalam pembelajaran matematika karena mampu memfasilitasi keterlibatan siswa, menyajikan materi secara visual, serta mendorong motivasi belajar yang lebih tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, I. H., Syam Tonra, W., Wahyudi, D., Tonra, W. S., & Hasbi, M. (2025). Development of Digital Teaching Material for Mathematics Using Canva with a Differentiated Learning Approach. https://doi.org/10.33541/edumatsains
Afianti, D. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Proses Pembelajaran. EDUTECH JURNAL, 1(1), 9–16.
Aisyah, S., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1009. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4728
Arum Puspita Lestari, S., Sulistya Kusumaningrum, D., & Nurapriani, F. (2024). Penggunaan aplikasi matematika interaktif dalam proses pembelajaran bagi siswa SMP. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1507–1514.
Atho’ul Malik, F. (2024). Development of Canva Flash Based Mathematics Learning Media on Matrix Material. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion (IJoASER), 7(4), 320–321. https://ojs.staialfurqan.ac.id/IJoASER/
Bakara, L., Siska Utari, R., Sjakhyakirti, U., & Sultan Muh Mansyur Kb Gede, J. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 901–912. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17314
Fifiana, Q., Bernard, M., Yuliani, A., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., & Cimahi, I. (2024). (JIML) JOURNAL OF INNOVATIVE MATHEMATICS LEARNING THE DEVELOPMENT OF PROBLEM BASED LEARNING CANVA-ASSISTED TEACHING MATERIALS TO IMPROVE MATHEMATICAL PROBEM SOLVING ABILITY ON INTEGER. 7(2). https://doi.org/10.22460/jiml.v7i2.p20127
Habibah, A. A., Wiratomo, Y., & Bhakti, Y. B. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 508–520.
Jimmy, Yulianai, R. E., & Kusumawati, N. I. (2024). Development of mathematics learning in the form of animation using Canva. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 10(1), 65. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa
Karyati, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Website Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(3), 1665 1674.https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1665-1674.2023.
Kirana, A., & Nur, I. R. D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 374–385. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1992
Kurniawan, M. A. F., Yunianta, T. N. H., & Kriswandani, K. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF dan Canva pada Materi Transformasi Geometri. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 11(1), 166–181. https://doi.org/10.34312/euler.v11i1.20222
Melinia, T., & Mulyono, B. (2022). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IX TERHADAP MATERI PERSAMAAN KUADRAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 1. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6642
Mi’rojunisa Azzahra, D., Yusepa, B., Putra, G., Rahman, T., & Pasundan, U. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1). https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.9385
Ningrum Mawardi, D. (2025). Systematic Literature Review: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–8.
Noviani, D. (2024). Pemanfaatan aplikasi canva dalam pembuatan media pembelajaran interaktif bagi guru MI Al Islah Palembang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2).
Nur, F., Febrianti, F., Novitasari, W., Rasty Rahman, N., Alauddin Makassar, U., & Sultan Alauddin, J. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Belaindika: Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 6(2), 95–106. https://belaindika.nusaputra.ac.id/indexbelaindika@nusaputra.ac.id
Nurhayati, S. E., Supratman, S., & Rahayu, D. V. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN CANVA FOR EDUCATION DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4), 3627. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i4.8257
Putra Pratama, M., Sampelolo, ; Rigel, Tulak, T., Kristen, U., & Toraja, I. (2023). MENGEMBANGKAN MATERI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN CANVA UNTUK PENDIDIKAN DI SMP. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290–297.
Reani, O., & Hidayati, N. (2023). Jurnal Didactical Mathematics Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Penyajian Data. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 145–151. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm
Rismawati, M., & Persada Khatulistiwa, S. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat KelasVII Emailpenulis: a) Melris_1@gmail. In Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta (Vol. 6, Issue 2).
Rohmah, M., Hilyana, F. S., & Ermawati, D. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Materi Pecahan. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 708. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3425
Rukhmana, T., Muhammadiyah, S., & Penuh, S. (2021). ANALISIS KESULITAN MEMAHAMI KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA. EDU RESEARCH: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(3), 28–33.
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Safari, Y., & Nurhida, P. (2024). PENTINGNYA PEMAHAMAN KONSEP DASAR MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Karimah Tauhid, 3, 11283–11290.
Setia, Y. F., & Rahmat, T. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Metakognisi. JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI, 6(2), 16779–16788.
Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870
Sumarno, M., Suratman, D., T, A. Y., & Siregar, N. (2024). Pengembangan multimedia interaktif berbantuan canva dalam materi transformasi geometri kelas VIII SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(6), 987–996. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i6.23106

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Amelia Muslimah, Nindiasari, H., Pujiastuti, H., & Mustofa, A. N. . (2025). SLR: PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 844–857. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6239