SLR: PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6239
Keywords:
media interaktif, Canva, pemahaman konsep matematis, minat belajar, systematic literature reviewAbstract
Kemajuan teknologi menuntut pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik masa kini. Salah satu media yang potensial adalah Canva, sebuah aplikasi desain grafis berbasis digital yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis penerapan media interaktif Canva dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis 12 artikel terpilih yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil kajian menunjukkan bahwa seluruh studi yang dianalisis menyatakan bahwa penggunaan Canva secara signifikan mampu meningkatkan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa, khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mayoritas penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dan tidak ditemukan studi yang menggunakan metode campuran. Temuan ini mengindikasikan bahwa media interaktif Canva dapat menjadi alternatif efektif dalam pembelajaran matematika karena mampu memfasilitasi keterlibatan siswa, menyajikan materi secara visual, serta mendorong motivasi belajar yang lebih tinggi.
Downloads
References
Afianti, D. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Proses Pembelajaran. EDUTECH JURNAL, 1(1), 9–16.
Aisyah, S., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1009. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4728
Arum Puspita Lestari, S., Sulistya Kusumaningrum, D., & Nurapriani, F. (2024). Penggunaan aplikasi matematika interaktif dalam proses pembelajaran bagi siswa SMP. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1507–1514.
Atho’ul Malik, F. (2024). Development of Canva Flash Based Mathematics Learning Media on Matrix Material. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion (IJoASER), 7(4), 320–321. https://ojs.staialfurqan.ac.id/IJoASER/
Bakara, L., Siska Utari, R., Sjakhyakirti, U., & Sultan Muh Mansyur Kb Gede, J. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 901–912. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17314
Fifiana, Q., Bernard, M., Yuliani, A., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., & Cimahi, I. (2024). (JIML) JOURNAL OF INNOVATIVE MATHEMATICS LEARNING THE DEVELOPMENT OF PROBLEM BASED LEARNING CANVA-ASSISTED TEACHING MATERIALS TO IMPROVE MATHEMATICAL PROBEM SOLVING ABILITY ON INTEGER. 7(2). https://doi.org/10.22460/jiml.v7i2.p20127
Habibah, A. A., Wiratomo, Y., & Bhakti, Y. B. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 508–520.
Jimmy, Yulianai, R. E., & Kusumawati, N. I. (2024). Development of mathematics learning in the form of animation using Canva. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 10(1), 65. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa
Karyati, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Website Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(3), 1665 1674.https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1665-1674.2023.
Kirana, A., & Nur, I. R. D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 374–385. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1992
Kurniawan, M. A. F., Yunianta, T. N. H., & Kriswandani, K. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF dan Canva pada Materi Transformasi Geometri. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 11(1), 166–181. https://doi.org/10.34312/euler.v11i1.20222
Melinia, T., & Mulyono, B. (2022). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IX TERHADAP MATERI PERSAMAAN KUADRAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 1. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6642
Mi’rojunisa Azzahra, D., Yusepa, B., Putra, G., Rahman, T., & Pasundan, U. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1). https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.9385
Ningrum Mawardi, D. (2025). Systematic Literature Review: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–8.
Noviani, D. (2024). Pemanfaatan aplikasi canva dalam pembuatan media pembelajaran interaktif bagi guru MI Al Islah Palembang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2).
Nur, F., Febrianti, F., Novitasari, W., Rasty Rahman, N., Alauddin Makassar, U., & Sultan Alauddin, J. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Belaindika: Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 6(2), 95–106. https://belaindika.nusaputra.ac.id/indexbelaindika@nusaputra.ac.id
Nurhayati, S. E., Supratman, S., & Rahayu, D. V. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN CANVA FOR EDUCATION DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4), 3627. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i4.8257
Putra Pratama, M., Sampelolo, ; Rigel, Tulak, T., Kristen, U., & Toraja, I. (2023). MENGEMBANGKAN MATERI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN CANVA UNTUK PENDIDIKAN DI SMP. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290–297.
Reani, O., & Hidayati, N. (2023). Jurnal Didactical Mathematics Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Penyajian Data. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 145–151. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm
Rismawati, M., & Persada Khatulistiwa, S. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat KelasVII Emailpenulis: a) Melris_1@gmail. In Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta (Vol. 6, Issue 2).
Rohmah, M., Hilyana, F. S., & Ermawati, D. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Materi Pecahan. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 708. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3425
Rukhmana, T., Muhammadiyah, S., & Penuh, S. (2021). ANALISIS KESULITAN MEMAHAMI KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA. EDU RESEARCH: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(3), 28–33.
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Safari, Y., & Nurhida, P. (2024). PENTINGNYA PEMAHAMAN KONSEP DASAR MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Karimah Tauhid, 3, 11283–11290.
Setia, Y. F., & Rahmat, T. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Metakognisi. JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI, 6(2), 16779–16788.
Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870
Sumarno, M., Suratman, D., T, A. Y., & Siregar, N. (2024). Pengembangan multimedia interaktif berbantuan canva dalam materi transformasi geometri kelas VIII SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(6), 987–996. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i6.23106
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.